Health

5 Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami

Kadar gula darah adalah banyaknya zat gula atau glukosa di dalam darah. Meskipun senantiasa mengalami perubahan, kadar gula darah perlu dijaga dalam batas normal agar tidak terjadi gangguan di dalam tubuh. Kadar gula darah dipengaruhi oleh asupan nutrisi dari makanan atau minuman, khususnya karbohidrat, serta jumlah insulin dan kepekaan sel-sel tubuh terhadap insulin. Kadar gula darah yang terlalu tinggi atau terlalu rendah akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

 

Standar Kadar Gula Darah Normal Bagi Tubuh

Berikut kisaran kadar gula darah normal wanita maupun pria:

  • Kadar gula darah saat puasa atau setelah tidak makan selama 8 jam: kurang dari 100 mg/dL;
  • Kadar gula darah sebelum makan: 70-130 mg/dL;
  • Kadar gula darah 1-2 jam setelah makan: kurang dari 180 mg/dL;
  • Kadar gula darah sebelum tidur: 100-140 mg/dL.

Kadar gula darah normal untuk anak usia di bawah 6 tahun;

  • Normal: 100-200 mg/dL
  • Puasa: sekitar 100 mg/dL
  • Setelah makan dan sebelum tidur: sekitar 200 mg/dL

Kadar gula darah normal untuk anak usia 6-12 tahun;

  • Normal: 70-150 mg/dL
  • Puasa: sekitar 70 mg/dL
  • Setelah makan dan sebelum tidur: sekitar 150 mg/dL

Gula Darah Tinggi atau Rendah, Apa Efeknya Bagi Tubuh?

Gula darah dikatakan terlalu tinggi jika melebihi 200 mg/dL atau terlalu rendah jika kurang dari 70 mg/dL. Dalam istilah medis, gula darah tinggi biasa disebut hiperglikemia dan hipoglikemia untuk gula darah rendah. Meski gangguan kesehatan lebih sering dikaitkan dengan hiperglikemia, hipoglikemia juga bisa sama berbahayanya.

Gula darah rendah bisa memberi beberapa efek negatif bagi tubuh. Misalnya saja seperti tubuh terasa lemas, kulit terlihat pucat, banyak berkeringat, kelelahan, gelisah, sulit berkonsentrasi, gampang marah, kesemutan di area mulut, sulit berdiri atau berjalan, kejang hingga jantung berdebar.

 Sebaliknya, saat gula darah tinggi, nafsu makan biasanya akan meningkat. Selain itu masih ada efek lain yang juga turut dirasakan, seperti tubuh terasa lelah, haus, sering buang air kecil, gelisah, penglihatan buram, sering mengalami infeksi gigi hingga kulit menjadi kering, kemerahan dan terasa panas. Mereka yang memiliki gula darah tinggi juga cenderung mengalami penurunan berat badan.

Tinggi atau rendahnya kadar gula darah memang bisa terjadi pada siapa saja. Selama tidak berlanjut dan terjadi dalam waktu yang lama, risiko mengalami masalah yang lebih serius bisa saja dihindari. Untuk itulah, penting untuk selalu mengecek gula darah dan menjaganya agar tetap normal.

 

Cara Mengendalikan dan Munurunkan Gula Darah

Berikut ini adalah beberapa cara mengendalikan gula darah yang penting untuk diterapkan:

  1. Menjalani pola makan sehat dan bergizi seimbang
    Konsumsi makanan tinggi serat, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian utuh, tak hanya baik untuk memenuhi asupan nutrisi harian, tetapi juga menurunkan gula darah dan menjaganya tetap stabil. Rekomendasi asupan serat yang perlu dipenuhi adalah 25–32 gram untuk wanita dan 30–35 gram untuk pria. Untuk mengontrol gula darah, Anda juga dianjurkan untuk membatasi asupan gula sebanyak maksimal 24 gram atau sekitar 6 sendok teh per hari.
     
  2. Berolahraga secara rutin
    Olahraga merupakan bagian penting dalam mengendalikan gula darah. Saat berolahraga, hormon insulin membawa gula darah ke dalam otot agar bisa mendapatkan energi untuk bergerak. Alhasil, kadar gula darah pun akan turun. Namun, bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, seperti penyakit jantung, disarankan berkonsultasi lebih dulu dengan dokter untuk menentukan jenis olahraga yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan fisik Anda.
     
  3. Mengurangi stres
    Stres yang berkepanjangan juga bisa berdampak pada meningkatnya kadar gula darah. Ini karena hormon kortisol yang dihasilkan tubuh saat stres dapat memengaruhi kinerja insulin. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk mengendalikan stres agar kadar gula darah tetap normal. Anda bisa melakukan berbagai kegiatan yang Anda senangi, misalnya membaca buku, melukis, menonton film, atau mendengarkan musik. Selain itu, Anda juga bisa melakukan berbagai teknik relaksasi dan mencukupi waktu istirahat, yaitu dengan tidur 7–9 jam setiap harinya, untuk mengurangi stres.
     
  4. Berhenti merokok dan batasi konsumsi alkohol
    Merokok dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai komplikasi diabetes, termasuk penyakit kardiovaksular. Sementara itu, asupan alkohol yang berlebihan juga dapat memengaruhi peningkatan gula darah. Jadi, hentikan kebiasaan merokok dan batasi konsumsi minuman beralkohol mulai dari sekarang. Bila Anda mengalami kesulitan, konsultasikan ke dokter untuk mendapat saran mengenai cara berhenti merokok dan membatasi minuman beralkohol yang tepat.
     
  5. Mengonsumsi obat alami
    Obat alami yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah adalah Natural Factors WellbetX Complete Diabetic 60 Tablets.

Rekomendasi Vitamin Alami Untuk Mengontrol Gula Darah

Apa itu Natural Factors WellbetX Complete Diabetic?

Natural Factors - WellbetX Multivitamin (60), WellBetX Comdiab (Complete Diabetic) Mulitivitamin & Mineral Formula diformulasikan secara khusus untuk mendukung metabolisme glukosa yang baik. Dengan komposisi lengkap (multivitamin, mineral dan kombinasi ekstrak herbal) bekerja secara sinergis membantu menormalkan kadar gula darah normal dan memelihara kesehatan tubuh secara umum.

Keunggulan apa yang didapati dari Natural Factors WellbetX Complete Diabetic?

  • Cocok untuk pasien diabetes
  • Formula lengkap kombinasi vitamin dan mineral untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh
  • Kandungan antioksidan kuat seperti vitamin A, C, D, dan E, serta mineral Selenium dan Zinc diperlukan pasien diabetes untuk meningkatkan daya tahan tubuh
  • Mengandung ekstrak tumbuhan (Alfalfa Juice Powder, Spirulina, Wheat Grass Juice Powder, Green Tea, Curcumin dan Grape Seed) yang memiliki aktivitas antioksidan dan membantu menurunkan kadar gula darah
  • Membantu menjaga kesehatan tubuh
  • Mendukung metabolisme glukosa yang sehat
  • Membantu meningkatkan energi dan stamina
  • Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit & infeksi
  • Membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, ginjal, dan mata pada penderita diabetes

Bagaimana saran penggunaannya?

1 tablet sehari bersama dengan makanan

 

Nah, informasi yang bermanfaat bukan Natural Buddy? Jangan lupa untuk terus pantengin media sosial kita dan website Natural Farm karena akan ada banyak info dan promo menarik lainnya untuk kamu. Selain itu, jangan lupa untuk tetap Happy Healthy Habits ya! ☺

 

Sumber:

https://www.alodokter.com/berapa-kadar-gula-darah-normal-pada-tubuh 

https://hellosehat.com/diabetes/cara-mengontrol-gula-darah/