Health

Cegah Maag Akut dengan Cara Berikut Ini

Maag akut atau gastritis akut menjadi salah satu penyakit yang sering dialami oleh banyak orang. Gejalanya selalu timbul secara mendadak dengan rasa nyeri yang cukup kuat di bagian perut. Meski dapat mereda dalam waktu singkat, maag tipe ini tidak bisa diabaikan begitu saja karena bisa menyebabkan komplikasi penyakit lainnya. 

Maag sendiri merupakan sebutan untuk gejala yang menyerang sistem pencernaan dan bisa disebabkan oleh beberapa penyakit yang berbeda, seperti refluks asam lambung, tukak lambung, Irritable Bowel Syndrome (IBS), infeksi perut hingga GERD. 

Cara Mencegah Gastritis Akut 

Apabila Kamu kerap mengalami gejala maag akut, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah masalah kesehatan ini muncul kembali, diantaranya:

1. Memperhatikan Asupan Makanan

Asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari sangat berpengaruh terhadap kesehatan sistem pencernaan. Oleh karena itu pastikan Kamu menghindari makanan yang dapat mengiritasi perut seperti daging dengan lemak tinggi, penganan yang yang digoreng, buah-buahan asam, sayuran yang mengandung gas tinggi, serta kopi dengan atau tanpa kandungan kafein. 

Kamu juga sebaiknya tidak mengkonsumsi hidangan berbumbu tajam dan pedas serta terlalu banyak mengandung garam. 

2. Menghindari Konsumsi Alkohol

Mengonsumsi alkohol dalam jumlah besar dalam jangka waktu lama akan memberikan dampak buruk pada kesehatan, misalnya menyebabkan penyakit jantung, diabetes, stroke, insomnia hingga masalah lambung. Jika sulit untuk keluar dari kecanduan alkohol Kamu bisa meminta pertolongan psikolog atau psikiater serta mencoba melakukan hobi seru lain bersama keluarga.

3. Menghentikan Kebiasaan Merokok

Cara mencegah maag akut yang selanjutnya adalah dengan menghentikan kebiasaan merokok.  Apabila dibandingkan dengan orang yang tidak merokok, perokok berat memiliki risiko yang lebih besar terkena maag.

Asap rokok yang masuk ke dalam sistem pencernaan melalui saluran pernapasan dapat menyebabkan lambung memproduksi banyak asam sehingga merusak selaput lendir lambung. Selain maag, rokok juga bisa menjadi faktor penyebab penyakit serius lainnya jika dikonsumsi secara terus menerus. 

4. Mengelola Stres dengan Baik 

Sebagian orang mengira bahwa stres hanya dapat menyebabkan gangguan kesehatan psikis saja. Padahal dalam beberapa kasus, stres yang berlarut-larut bisa berdampak pada kesehatan fisik, salah satunya adalah pemicu maag akut. 

Oleh karena itu, penting untuk Kamu bisa mengelola stres dengan sebaik mungkin. Kamu bisa melakukan meditasi atau teknik relaksasi yang akan membuat pikiran serta tubuhmu menjadi lebih rileks. Selain itu, lakukan pula aktivitas menyenangkan yang bisa menghasilkan hormon dopamin atau hormon bahagia seperti melukis, memasak, bernyanyi, berkebun dan masih banyak lagi

Demikianlah cara mencegah maag akut  kembali kambuh yang perlu Kamu ketahui. Agar tubuh lebih sehat, jangan lupa untuk rajin berolahraga secara rutin, misalnya dengan bersepeda, berjalan cepat hingga olahraga yoga. Dengan begitu Kamu bisa terhindar dari keluhan gastritis yang mengganggu