Mom & Kids

Gendongan Hipseat: Peralatan Bayi yang Pasti Bunda Butuhkan

Apa Itu Gendongan Hipseat?

Gendongan hipseat adalah jenis gendongan yang memungkinkan orang tua menggendong bayi dan balita dengan nyaman di depan atau belakang. Ketika menggunakan gendongan ini, bayi digendong di pinggul dengan posisi duduk.

Bagi sebagian orangtua, gendongan jenis ini berguna untuk bayi dan balita yang sudah besar dan berat namun terkadang masih harus digendong. Sebagian besar gendongan hipseat memiliki semacam tali di pinggang yang dapat dilepas atau digunakan. Tanpa tali tersebut, orang tua dapat menggendong si Kecil di samping pinggang. Selain itu, gendongan hipseat juga dapat digunakan di sisi belakang.

fungsi hipseat

Apa Saja Keuntungan Menggunakan Hipseat?

Ketika si Kecil menggunakan gendongan ini, tubuhnya aman dan didukung oleh gendongan pada posisi yang alami dan nyaman. Ia pun dapat dengan bebas melihat lingkungan sekitar dan berinteraksi. Yang terpenting, ketika menggunakan gendongan ini, bayi melekat dengan tubuh mama atau papa. Mama tentu sudah mengetahui pentingnya pelukan bagi bayi, bukan?

Orang tua pun mendapatkan banyak manfaat ketika menggunakan gendongan hipseat, antara lain:

  • Membantu mendistribusikan berat badan bayi secara merata di sekitar tubuh bagian bawah, sehingga beban tidak terpusat di punggung atau bahu saja.
  • Karena nyaman, Mama dapat menggendong bayi lebih lama.
  • Gendongan ini ideal bagi mereka yang memiliki masalah punggung.
  • Karena punggung dan bahu tidak terbebani, gendongan ini memungkinkan Mama untuk berdiri tegak ketika menggendong si Kecil.
  • Gendongan hipseat dapat digunakan di sisi depan atau belakang serta samping. Menggendong bayi di satu sisi tubuh saja dapat mengacaukan keseimbangan tubuh.

 

Kapan Bayi Boleh Menggunakan Hipseat?

Saat bayi memasuki usia 3–6 bulan, biasanya bayi akan lebih senang mengeksplorasi lingkungan yang ada di sekitarnya. Pada usia ini, bayi juga sudah memiliki otot leher yang kuat dan penglihatan yang lebih baik, sehingga lingkungan di sekitarnya akan benar-benar menarik untuk bayi di usia ini.

Salah satu cara yang bisa membantu bayi untuk mengenali lingkungannya dengan menggendong bayi menghadap ke depan. Namun, sebelum melakukan ini, tidak ada salahnya kenali dulu beberapa tanda yang mengisyaratkan bahwa bayi siap digendong menghadap ke depan:

1. Mampu mengangkat leher dengan baik

Saat akan menggendong bayi menghadap ke depan, sebaiknya ibu pastikan bahwa bayi mampu mengangkat kepala serta kontrol leher dengan baik. Hal ini untuk mencegah guncangan pada kepala bayi agar tidak terjatuh ketika ibu berjalan. Umumnya, kemampuan ini dimiliki bayi dengan usia 5–6 bulan.

2. Pastikan tinggi bayi cukup

Ibu juga harus memastikan tinggi bayi cukup untuk digendong menghadap ke depan. Jika ibu menggunakan baby carrier, pastikan dagu bayi sudah ada di atas gendongan. Hal ini dilakukan agar tidak menghambat pernapasan bayi.

3. Terlihat nyaman

Pastikan saat ibu menggendong bayi menghadap ke depan, bayi terlihat nyaman dan tertarik dengan apa yang ia lihat. Jika bayi rewel dan tidak terlihat nyaman, sebaiknya perhatikan lagi cara menggendong Si Kecil dan kembalikan posisi menghadap ibu agar ia tetap nyaman.  

4. Duduk tanpa bantuan

Bayi yang sudah dapat duduk tanpa bantuan juga menandakan bahwa ia siap untuk digendong menghadap ke depan. Saat menggendong bayi ke depan, letakkan bagian bokong bayi berada di atas tangan ibu dan pastikan tangan ibu dalam posisi yang kuat. Gunakan tangan yang lain untuk menopang dan menjaga bayi pada bagian dada.

 

Apa Yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan Hipseat?

Setelah bayi atau balita berada dalam gendongan, lakukan pemeriksaan keamanan berikut:

  • Wajah bayi terlihat.
  • Jalan napasnya terbuka.
  • Dagu bayi tidak menempel di dadanya.
  • Bayi duduk tegak, tidak merosot, dengan punggung dan lehernya ditopang dengan benar.
  • Gendongan bayi menempel pas pada tubuh mama atau papa.

Nikmati masa-masa ketika si Kecil masih mau digendong, namun Mama juga harus memerhatikan kesehatan punggung atau bahu. Beban yang terlalu berat akan menyebabkan nyeri dan sakit yang berkepanjangan.

 

Bagaimana Memilih Hipseat Yang Tepat?

1. Prioritaskan kualitas & kenyamanan

Untuk bayi, kualitas dan kenyamanan sudah pasti tidak boleh ditawar ya moms. Pastikan hanya memilih hipseat carrier dari brand yang sudah terpercaya, terutama jika harus membeli atau menyewa hipseat carrier secara online. 

Hipseat carrier yang berkualitas akan punya struktur yang stabil dan bisa memastikan distribusi berat badan anak yang merata. Alat ini bisa menopang tubuh orang tua sekaligus bayi tanpa terasa janggal. Bahannya juga wajib yang benar- benar aman, lebih baik lagi jika ada tambahan padding di bagian strap atau sisi pinggang. 

2. Mendukung posisi pinggul bayi

Salah satu hal paling penting dalam memilih carrier, termasuk hipseat carrier adalah menunjang posisi pinggul bayi secara benar. Ini demi memastikan perkembangan tulang pinggul yang sehat dan mengurangi risiko displasia atau pertumbuhan abnormal pada pinggul bayi.

Cara memastikan pemilihan hipseat carrier yang terjamin adalah kembali pada memilih hanya produk yang berkualitas dari brand- brand yang terpercaya. Cek koleksi sewa carrier di Gigel untuk pilihan perlengkapan bayi yang sudah terjamin!

3. Cek fitur ekstra

Beberapa hipseat carrier memiliki fitur ekstra seperti kantong tambahan, variasi duduk, dan juga pilihan strap. Produk sewa hipseat carrier di Gigel juga berupa gendongan komplit dengan sandaran yang bisa dilepas dengan resleting, jala untuk ventilasi untuk memudahkan sirkulasi udara pada bayi, dan sabuk lebar yang nyaman secara merata. 

4. Pastikan cocok dengan berat badan bayi

Sebelum memilih hipseat carrier, pastikan juga sudah mengecek kapasitas berat badan atau usia bayi. Hipseat carrier bisa digunakan dengan berat badan maksimal rata-rata sekitar 20 kg, sedangkan dari batasan usia dianjurkan agar melihat kepada kemampuan duduk bayi itu sendiri. Rata- rata bayi berusia 6-7 bulan sudah mampu menopang leher dan kepala dengan baik, walaupun ada juga bayi yang sudah mampu melakukannya pada usia sekitar 4 bulan.

rekomendasi hipseat

Rekomendasi Hipseat Yang Bagus

Mooimom Casual Hipseat Carrier

Gendongan bayi dari Mooimom ini sangat membantu Moms untuk menggendong bayi dengan berbagai cara, bisa menghadap depan, menghadap ke belakang, maupun menggendong di punggung. Desain stylish akan membuat Moms tetap tampil kece dan kekinian. Hipseat Mooimom ini tersedia dalam warna abu-abu dan hijau di Natural Farm.

Artikel ini semoga dapat membantu para orang tua atau yang lainnya dalam memilih hipseat. Jangan lupa untuk pantengin terus website Natural Farm dan Instagram Natural Farm di @naturalfarm.id. Happy Healthy Habits! ☺


 

Sumber:

https://www.alodokter.com/komunitas/topic/usia-berapa-bayi-boleh-menggunakan-gendongan-hipseat 

https://www.halodoc.com/artikel/ini-4-tanda-bayi-siap-digendong-menghadap-depan