Health

Hati-Hati! Ini Sayuran Yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Kolesterol Dan Asam Urat

By Erwin |

Bagi penderita penyakit kolesterol dan asam urat, mengetahui sayuran yang tidak boleh dimakan penderita kolesterol dan asam urat merupakan informasi penting yang perlu Anda ketahui. Sebab, saat kedua penyakit tersebut kambuh maka berpotensi menciptakan jenis penyakit lainnya.

Asam urat dan kolesterol tinggi adalah beberapa jenis penyakit yang tak boleh dibiarkan. Kambuhnya asam urat sering kali memunculkan rasa nyeri yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari si penderita. Penyakit asam urat juga dapat memicu adanya gangguan kesehatan lain seperti penyakit ginjal, radang sendi serta penyakit jantung.

Maka dari itu, penting untuk mengenali berbagai jenis sayuran yang tidak boleh dimakan penderita kolesterol dan asam urat. Mari simak uraian selengkapnya berikut ini.

Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Kolesterol

Sebelum lanjut ke pembahasan tentang sayuran yang tidak boleh dimakan penderita kolesterol dan asam urat, sebaiknya ketahui terlebih dahulu mengenai hal berikut ini. Dilansir dari DetikHealth, kolesterol hanya ditemukan pada produk hewani. Sedangkan sayuran, biji-bijian, buah serta produk nabati lainnya tak mempunyai kadar kolesterol.

Memang benar penderita kolesterol tinggi direkomendasikan untuk banyak makan sayur-sayuran, namun penting untuk diingat bahwa proses mengolah sayurannya juga memiliki pengaruh terhadap kadar kolesterol dalam tubuh. Jenis olahan sayuran atau makanan yang dilarang untuk dikonsumsi pengidap kolesterol adalah yang pertama yaitu digoreng.

Proses olahan seperti ini harus dihindari karena terkandung kalori serta lemak trans tinggi, sehingga dapat meningkatkan LDL yang mana ini memicu penyakit jantung, obesitas serta diabetes.

Kemudian yang kedua yaitu dengan cara ditambah banyak gula. Kandungan kolesterol yang tinggi juga bisa ditemukan di dalam makanan yang gulanya berlebihan. Selanjutnya berikut ini adalah macam macam sayuran yang dilarang dikonsumsi penderita asam urat.

Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

Sementara itu, sayuran yang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi orang yang menderita asam urat, di antaranya sebagai berikut.

1. Bayam

Salah satu dari banyaknya jenis sayuran yang dilarang dikonsumsi penderita asam urat adalah sayur bayam. Sebab bayam mengandung purin dalam kadar tinggi. Di dalam 100 gram bayam terkandung 57 gram purin.

2. Brokoli

Sayuran brokoli juga termasuk kelompok sayuran yang memiliki kandungan purin rendah. Karena itulah mengapa brokoli aman dikonsumsi penderita asam urat. Akan tetapi, penderita asam urat wajib memperhatikan jumlah brokoli yang dikonsumsi. Jangan sampai Anda mengonsumsi brokoli secara berlebihan.

3. Asparagus

Asparagus mengandung folat dengan kadar tinggi dan kalium. Asparagus termasuk sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam urat karena mengandung purin tinggi. Setiap 100 gram asparagus terdapat sekitar 23 gram purin.

4. Kembang Kol

Tidak hanya itu saja, kembang kol juga tak terlepas dari dalam daftar sayuran yang tidak bisa dikonsumsi penderita asam urat. Mengapa demikian? Karena jumlah purin di dalamnya juga tinggi, setiap 100 gram kembang kol terkandung 51 gram purin.

Baca Juga: 5 Makanan yang Dilarang untuk Asam Urat

Rekomendasi Vitamin untuk Penderita Kolesterol

Setiap makan sehat seperti sayur mengandung nutrisi sehat yang dibutuhkan tubuh. Misalnya saja mengandung vitamin, mineral dan serat. Akan tetapi, bila diolah dengan cara yang keliru, maka kadar nutrisinya turut berkurang bahkan cukup berbahaya bagi penderita kolesterol.

Untuk itu, penuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh bagi penderita kolesterol dengan rekomendasi multivitamin berikut ini.

1. Kyolic 104 Cholesterol Plus Lecithin 100

Material pembuat Kyolic 104 Cholesterol Plus Lecithin 100 terbuat dari bahan organik yang telah melalui proses standarisasi senyawa S-allyl cysteine (SAC). Manfaat mengonsumsi multivitamin ini untuk meningkatkan kadar HDL dan menurunkan LDL, menjaga kesehatan kardiovaskular hingga menurunkan tekanan darah.

2. Kyolic Reserve

Kyolic Reserve atau Kyolic Aged Garlic Extract Reserve memiliki kandungan garlic organik melalui proses pembuatan khusus menggunakan metode aging atau metode ekstraksi selama 20 bulan.

Setelah melalui proses tersebut, Kyolic Reserve ini tidak berbau dan aman untuk lambung. Terdapat senyawa S-allyl cysteine (SAC) di dalamnya yang efektif untuk menjaga kesehatan kardiovaskular, menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida.

3. Natural Factors - R Omega 3

Natural Factors - R Omega 3 mengandung konsentrat omega 3 (EPA/DHA) dengan kadar lebih besar yakni 2 kali lebih besar dari kandungan omega 3 biasa. Kemudian penggunaan bahan alami untuk enteri pure softgels memudahkan proses penyerapan nutrisi lebih optimal sekaligus menghilangkan bau dan rasa amis.

4. Natures Health Omega 369

Natures Health Omega 369 terdiri dari nutrisi omega-3, omega-6, dan omega-9. Kandungan omega-3 dan omega-6 membantu pertumbuhan dan perbaikan fungsi dan sel di dalam tubuh. Sedangkan kandungan omega-9 berkhasiat untuk menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

5. Wellness Omega 3 Fish Oil

Wellness Omega 3 Fish Oil mengandung omega-3 dan vitamin E sebesar 5 mg. Khasiat mengonsumsi suplemen multivitamin ini untuk menurunkan kadar LDL, kolesterol dan trigliserida tinggi sekaligus meningkatkan kadar HDL. Khasiat lainnya yakni menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah munculnya serangan stroke dan jantung.

Rekomendasi Vitamin untuk Penderita Asam Urat

Sementara itu, suplemen multivitamin yang aman dan efektif dikonsumsi oleh pasien atau orang yang menderita asam urat ialah Natures Health Devils Claw. Untuk diketahui bahwa kandungan Devil’s claw merupakan tanaman berbunga yang mengandung senyawa aktif.

Devil’s claw memberikan efek anti inflamasi atau anti radang untuk meredam saat Anda mengalami peradangan seperti radang sendi dan asam urat. Khasiat lainnya untuk meredakan nyeri persendian, dan mengurangi rasa sakit pada punggung.

Itulah informasi tentang sayuran yang tidak boleh dimakan penderita kolesterol dan asam urat. Pilihlah jenis sayuran lain yang aman dikonsumsi oleh pasien penderita kolesterol dan asam urat.

Kemudian terapkan gaya hidup sehat dengan rutin berolahraga, memilih pola hidup lebih positif hingga memenuhi kebutuhan nutrisi harian dengan mengonsumsi suplemen multivitamin.

Temukan suplemen multivitamin yang aman untuk anak dan orang dewasa di website Natural Farm.

Yuk, jaga kesehatan diri dan anggota keluarga lainnya!

Share

Latest Articles

Mengenal Kalori Mie Gacoan dan Tips Makan Gacoan saat Diet

Cara Membesarkan Alat Kelamin Pria dengan Bawang Putih Benarkah Bisa Efektif

10 Sumber Vegetarian Protein Anti Hewani, Darimana Saja?

10 Gerakan Workout di Rumah & Tips Mengoptimalkannya!

Ini Rekomendasi dan Manfaat BCAA untuk Tingkatkan Massa Otot

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Article Category