Health

Hati-Hati! Ini Sayuran Yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Kolesterol Dan Asam Urat

By Erwin |

Asam urat dan kolesterol tinggi adalah beberapa jenis penyakit yang tak boleh dibiarkan. Kambuhnya asam urat sering kali memunculkan rasa nyeri yang tentu dapat mengganggu aktivitas si penderitanya sehari-hari. Penyakit asam urat juga dapat memicu adanya gangguan kesehatan yang lain contohnya seperti penyakit ginjal, radang sendi, serta penyakit jantung. 

Tak hanya itu, penyakit kolesterol tinggi juga dapat mendorong timbulnya penyakit lain yang serius. Maka dari itu, penting sekali untuk mengenali berbagai jenis sayuran yang tidak boleh dimakan penderita kolesterol dan asam urat. Ini dia pembahasannya.

Olahan Sayur yang Dilarang untuk Dikonsumsi Penderita Kolesterol

Sebelum lanjut ke pembahasan tentang sayuran yang tidak boleh dimakan penderita kolesterol dan asam urat, ketahui terkait hal ini terlebih dahulu. Dilansir dari Detikhealth, kolesterol hanya ditemukan di produk hewani. Sedangkan sayuran, biji-bijian, buah, serta produk nabati lainnya tak mempunyai kadar kolesterol. 

Memang benar penderita kolesterol tinggi direkomendasikan untuk banyak makan sayur-sayuran, namun penting untuk diingat bahwa proses mengolah sayurannya juga memiliki pengaruh terhadap kadar kolesterol dalam tubuh. Jenis olahan sayuran atau makanan yang dilarang untuk dikonsumsi pengidap kolesterol adalah yang pertama yaitu digoreng. 

Proses olahan seperti ini harus dihindari karena terkandung kalori serta lemak trans tinggi, sehingga dapat meningkatkan LDL yang mana ini memicu penyakit jantung, obesitas serta diabetes. Kemudian yang kedua yaitu dengan cara ditambah banyak gula. Kandungan kolesterol yang tinggi juga bisa ditemukan di dalam makanan yang gulanya berlebihan. Selanjutnya berikut ini adalah macam macam sayuran yang dilarang dikonsumsi penderita asam urat.

Sayuran yang Dilarang Dikonsumsi Penderita Asam Urat

1. Bayam

Salah satu dari banyaknya jenis jenis sayuran yang dilarang dikonsumsi penderita asam urat adalah sayur bayam. Dikarenakan tingginya kandungan purin di dalamnya, dalam 100 gr bayan terdapat sekitar 57 gr purin.

2. Brokoli

Ya, benar sekali brokoli memang termasuk rendah purin dan aman untuk penderita asam urat. Tetapi, penderita asam urat wajib perhatikan jumlahnya. Jangan mengonsumsinya secara berlebihan.

3. Asparagus

Asparagus mengandung tingginya folat dan kalium. Ia juga termasuk sayuran yang tak boleh dimakan pengidap asam urat karena purin nya cukup tinggi. Di setiap 100 gr asparagus terdapat sekitar 23 gr purin.

4. Kembang Kol

Tidak hanya itu saja, kembang kol juga tak terlepas dari dalam daftar sayuran yang tidak bisa dikonsumsi penderita asam urat. Mengapa? Karena jumlah purin di dalamnya juga tinggi. Sekitar 51 gr setiap 100 gr kembang kol nya.

Itulah apa saja terkait sayuran yang tidak boleh dimakan penderita kolesterol dan asam urat. Pilihlah jenis sayuran lainnya yang memang aman untuk dikonsumsi. Selain itu, pastikan untuk selalu menjaga kesehatan dengan rutin olahraga, dan memilih pola hidup yang positif. Semoga membantu!

Share

Trending Article

Ini 10 Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Article Category