Health

Ini Daftar Aneka Sayuran Yang Mengandung Vitamin C Tinggi 

By Admin |

Sayuran Kaya Vitamin C

Jika seseorang kekurangan vitamin C, maka orang tersebut lebih rentan mengalami infeksi, anemia, gusi berdarah, penyembuhan luka yang lebih lama, mudah memar, dan risiko lainnya. Hal ini karena vitamin C memiliki peran penting sebagai pendukung sistem imun tubuh, antioksidan, dan anti radang. Itulah mengapa memenuhi asupan minimal vitamin C harian orang dewasa (75-90 mg) sangat dianjurkan. Selain dari buah-buahan, ada pula sayuran yang mengandung vitamin C diantaranya:

  • Sawi Hijau

Dalam satu cangkir sawi hijau mentah terkandung 195 mg vitamin C atau sebanyak 217% kebutuhan vitamin C harian orang dewasa. Perlu diketahui, proses memasak dapat menurunkan kandungan vitamin C di dalamnya, namun masih cukup tinggi yakni 117 mg. Di dalam sawi hijau juga terkandung zat gizi lain seperti vitamin A, kalsium, kalium, mangan, folat, dan serat.

  • Bayam

Setiap 100 gram bayam mengandung 28,1 mg vitamin C atau sebanyak 34% dari kebutuhan harian orang dewasa. Di dalam bayam juga terkandung nutrisi lain seperti vitamin K, tiamin, fosfor, dan serat dengan sebagian kalori berasal dari karbohidrat dan protein di dalamnya. Untuk memastikan kandungan gizinya tidak hilang harap memperhatikan proses memasaknya. Panas yang terlalu lama tidak hanya mengubah bayam menjadi terlalu lunak tapi juga mengubah kandungan gizinya.

  • Tomat

Sayuran yang mengandung vitamin C berikutnya adalah tomat. Dalam 125 gram tomat terkandung  25,2 mg vitamin C atau sekitar 28% dari kebutuhan harian orang dewasa. Tomat juga menjadi sumber gizi lain seperti vitamin K, potassium, dan folat. Malah ada juga ada kandungan likopen yang berperan penting menekan risiko penyakit jantung dan kanker.

  • Kembang Kol

Kembang kol termasuk sumber vitamin C dan folat yang terbaik. Nilai lebihnya kembang kol juga rendah natrium, bebas kolesterol, dan bebas lemak. Dalam 100 gram kembang kol hanya terkandung 25 kalori saja sementara kandungan vitamin C mencapai 48,2 mg. Untuk mendapatkan kandungan gizinya secara optimal pastikan cara pengolahan yang benar.

  • Kale

Diketahui dalam 100 gram kale mentah terkandung 93 mg vitamin C. Ada pula kandungan gizi lain seperti vitamin K, karotenoid lutein, dan zeaxanthin dalam jumlah tinggi. Sementara untuk 118 gram kale yang sudah dimasak terkandung sekitar 21 mg vitamin C saja atau setara dengan 23% kebutuhan vitamin C harian orang dewasa.

Vitamin C sangat penting bagi sistem kekebalan tubuh, sel tubuh, dan kesehatan tubuh secara umum. Memastikan tercukupinya asupan vitamin C harian amat penting sebagai upaya tubuh selalu sehat. Karenanya pilih asupan makanan buah ataupun sayuran yang mengandung vitamin C dalam jumlah cukup setiap harinya. Sekian semoga ulasan kali ini memberi informasi bermanfaat.

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category