Health

Ini Dia 5 Manfaat Minyak Zaitun Yang Harus Kamu Tau

By Erwin |

Minyak zaitun dikenal sebagai salah satu buah yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Minyak dari buah pohon zaitun ini dianggap menyehatkan. Lalu apa saja manfaatnya? Ini dia lima manfaat minyak zaitun yang harus kamu tau!

1. Sumber Antioksidan

Minyak zaitun mengandung vitamin E dan K sehingga sarat akan antioksidan. Kandungan asam lemak tak jenuh pada minyak zaitun juga tinggi. Hal inilah yang membuat minyak ini sangat baik bagi tubuh.

Secara biologis, antioksidan ini bisa mengurangi risiko penyakit kronis, mulai dari radang hingga kolesterol darah. Kamu juga bisa mendapatkan antioksidan dari bumbu dapur, bukan hanya minyak zaitun. 

2. Mencegah Berbagai Penyakit

Seperti yang telah disinggung pada poin sebelumnya, minyak zaitun mampu mengurangi peradangan dalam tubuh dan mencegah stroke. Minyak ini juga mampu menurunkan risiko penyakit Alzheimer, menurunkan kolesterol, menurunkan risiko jantung, mengontrol tekanan darah, mencegah kanker, hingga obesitas.

Berbagai penyakit di atas bisa dicegah atau dikontrol dengan minyak zaitun. Hal ini karena minyak ini mengandung kalori sekitar 119, lemak 14 gram, natrium 0,3 milligram, vitamin E 1,9 miligram, serta vitamin K 8,1 mikrogram. Beberapa nutrisi tersebut ada dalam sekitar 100 gram minyak zaitun.

3. Melembabkan Kulit

Manfaat minyak zaitun selanjutnya yaitu bisa melembabkan kulit. Bagi kamu yang punya kulit kering, tentu minyak ini bisa jadi solusinya. Minyak ini mengandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga cocok untuk musim dingin yang rentan kulit kering.

Tak hanya itu, kandungan dalam minyak zaitun juga bisa melindungi tubuh dari paparan radikal bebas. Dengan demikian, mampu menurunkan risiko tanda-tanda penuaan dini pada kulit, seperti kulit kusam dan keriput.

4. Sumber Lemak Tak Jenuh Tunggal

Minyak zaitun adalah sumber lemak tak jenuh tunggal. Asam lemak yang dominan ini disebut asam oleat sebanyak 73 persen dari total kandungan minyak. Asam ini mampu mengurangi peradangan hingga menguntungkan gen yang terkait dengan kanker.

Tak hanya itu, lemak tak jenuh tunggal mampu bertahan dari panas yang tinggi. Itulah mengapa minyak zaitun bisa menjadi pilihan yang sehat untuk memasak, khususnya minyak zaitun extra virgin.

5. Mampu Menyembuhkan Luka Ringan dan Menyehatkan Rambut

Selain mengandung antioksidan, minyak zaitun juga mengandung antiinflamasi. Kandungan ini mampu membantu proses penyembuhan luka ringan dengan memproduksi kolagen. Minyak alami ini juga mampu mengurangi iritasi pada kulit akibat paparan sinar matahari.

Minyak zaitun juga bisa mengoptimalkan kesehatan rambut karena mengandung asam linoleat, asam oleat, dan asam palmitat. Kandungan ini mampu melapisi batang rambut jadi lebih ternutrisi.

Itulah kelima manfaat minyak zaitun yang perlu kamu tahu. Dengan manfaat yang beragam itulah, minyak ini menjadi pilihan yang efektif untuk menyehatkan tubuh.

Share

Trending Article

Article Category