Health

Ini Dia Gejala Diabetes Pada Wanita yang Wajib Anda Tahu

Diabetes menjadi salah satu penyakit yang bisa menyerang siapa saja termasuk untuk para wanita. Hanya saja, terkadang seseorang telah mengetahui bagaimana tanda-tanda yang menunjukkan gejala diabetes pada wanita sehingga tidak sedikit yang telat mendapatkan penanganan. Sebenarnya, seberapa penting mengetahui gejala diabetes lebih awal khususnya untuk para wanita? 

Pentingnya Mengetahui Gejala Diabetes Pada Wanita Sejak Awal

Kesehatan menjadi salah satu hal yang wajib untuk diperjuangkan setiap orang. Salah satu yang perlu dilakukan adalah menghindari hal-hal yang dapat memicu datangnya penyakit termasuk untuk penyakit diabetes. Namun, jika penyakit diabetes sudah terlanjur menyerang tubuh termasuk untuk seorang wanita, maka akan lebih baik jika diketahui gejalanya lebih awal.

Hal tersebut dikarenakan dapat menimbulkan dampak positif yang bisa langsung Anda cek di bawah ini.

1. Tahu apa yang harus dilakukan

Alasan pertama yang membuat Anda wajib tahu gejala diabetes adalah untuk mengetahui langkah apa yang harus dilakukan. Bayangkan saja, ketika Anda tidak mengetahui hal tersebut lebih awal, tentu tidak menutup kemungkinan akan dibiarkan begitu saja. Sebaliknya, ketika gejala sudah terbaca dari awal, maka bisa dikonsultasikan dengan dokter dan tahu langkah tepat apa yang harus dilakukan.

2. Penanganan lebih cepat dan tepat sehingga penyakit tidak semakin parah

Mengetahui gejala diabetes lebih awal tentu akan sangat penting sebab hal tersebut bisa membuat penanganan atau proses penyembuhan bisa dilakukan dengan lebih cepat dan tepat. Nah, kondisi ini bisa membuat penyakit tidak semakin parah atau bisa mempercepat penyembuhan.

3. Tidak menimbulkan komplikasi terhadap penyakit lain

Sebagaimana yang diketahui bahwa penderita diabetes umumnya bisa mengalami penyakit turunan lainnya seperti rabun mata dan susah sembuh ketika mengalami luka. Oleh sebab itu, supaya diabetes yang diderita tidak cepat memicu datangnya penyakit turunan, harus dilakukan penanganan sigap dengan mengetahui gejala awal terlebih dahulu supaya tidak terlambat.

Macam-Macam Gejala Diabetes Pada Wanita

Sebenarnya, apa saja gejala diabetes pada wanita yang bisa dideteksi mandiri? Simak penjelasan selengkapnya pada pembahasan berikut.

1. Infeksi jamur yang berulang pada vagina

Gejala pertama yang bisa dideteksi secara mandiri adalah adanya infeksi jamur yang berulang pada vagina. Hal tersebut dikarenakan adanya kadar gula tinggi yang tidak terkontrol bisa membuat jamur jenis Candida tumbuh subur di area vagina. Tidak heran jika wanita yang menderita penyakit diabetes bisa lebih sering alami infeksi jamur di vagina.

Sementara, adanya infeksi jamur tersebut bisa menimbulkan gejala yang membuat kurang nyaman seperti nyeri, keputihan, gatal di area vaguna, perih, hingga tidak nyaman ketika berhubungan.

2. Disfungsi seksual

Gejala selanjutnya adalah adanya disfungsi seksual. Selain bisa menimbulkan rasa tidak nyaman ketika berhubungan, penyakit diabetes juga bisa menimbulkan kondisi vagina menjadi kering dan mendorong adanya penurunan seksual. Kondisi tersebut disebabkan karena terdapat neuropati diabetik atau kerusakan serabut saraf akibat kadar gula tinggi di dalam darah.

3. Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih juga menjadi gejala selanjutnya dari penyakit diabetes yang dialami oleh seorang wanita. Hal tersebut dikarenakan urine para penderita diabetes memiliki kadar gula tinggi yang membuat bakteri mudah tumbuh dan mudah berkembang biak sehingga membuat saluran kemih mengalami infeksi.

Infeksi juga disebabkan adanya daya tahan tubuh yang menurun akibat penyakit diabetes. Sementara, untuk tanda-tandanya sendiri seperti demam, anyang-anyangan, nyeri saat buang air kecil, dan kencing berdarah.

Itulah beberapa gejala diabetes pada wanita yang perlu Anda ketahui untuk dapat diwaspadai.

Image by Pixabay Tumitsu