Health

Inilah Beberapa Cara Menambah Nafsu Makan Yang Aman Dan Mudah

By Erwin |

Jika masalah dalam nafsu makan dialami oleh balita, tentu akan lebih sulit diatasi karena keterbatasan balita dalam mengkonsumsi beragam makanan pengganti makanan pokok seperti nasi. Karena usus dan lambung balita berbeda jauh dengan orang dewasa. Tentunya cara menambah nafsu makan akan berbeda penanganannya.

Namun kali ii kita akan fokus membahas cara menambah nafsu makan pada orang dewasa. Yang tentunya ada beragam cara. Hal ini dikarenakan orang dewasa bisa makan banyak makanan alternatif sehingga tidak kehilangan zat penting yang dibutuhkan tubuh, juga bisa melakukan berbagai treatment guna meningkatkan nafsu makannya. Yuk simak aja langsung bahasannya:

1. Asupan vitamin penambah nafsu makan

Karena adanya kekurangan beberapa zat yang dibutuhkan oleh tubuh, bisa jadi hal itu yang memicu kurangnya nafsu makan pada diri seseorang. Seperti kekurangan vitamin dan mineral yang bisa menjadi pemicu nafsu makan berkurang. Maka dari itu anda dianjurkan mengkonsumsi vitamin seperti multivitamin, echinacea, minyak ikan juga zinc. Dimana jenis vitamin tersebut dapat mempengaruhi mood makan anda. 

Beberapa makanan mengandung zat tersebut meski dengan membeli multi vitamin tersebut di apotik dapat anda lakukan dan lebih praktis juga efisien tentunya. Beberapa kandungan makanan dan buah yang bisa memicu atau menjadi cara  menambah nafsu makan, terkadang tidak mudah diolah didalam tubuh sehingga penyerapannya tidak maksimal. 

Berbeda dengan multivitamin yang sudah jadi yang bisa dibeli di apotik, dalam proses pembuatannya sudah dibuat sedemikian rupa sehingga tubuh dapat dengan mudah menyerapnya dan hasil yang didapat juga akan maksimal. Dengan begitu efek menambah nafsu makan juga akan anda dapatkan.

2. Olahraga teratur

Saat setelah berolahraga, tubuh akan melepaskan lemak, kalori dan menghasilkan keringat. Sehingga setelahnya rasa letih muncul bahkan tenaga akan berkurang dan muncullah nafsu makan karena dorongan letih tadi. Maka lakukan olahraga secara rutin dan sesuai dengan kondisi tubuh anda. Bahkan jalan santai pun bisa anda lakukan, yang penting dapat membakar kalori dan menghasilkan keringat. Maka tubuh anda setelah itu akan bereaksi dengan munculnya rasa lapar.

Olahraga yang rutin dilakukan juga bisa membuang racun kimia di otak yang akan memicu suasana hati. Jika suasana hati anda bagus, maka rasa lapar juga akan mengikuti hati yang senang. Karena semua berpusat pada saraf di otak yang jika terbuang racun dan zat kimia yang tidak dibutuhkan maka otak akan lebih relax.

Jika anda bisa melakukan olahraga ringan sebelum jam makan, disela-sela kesibukan anda, maka diharapkan bisa menjadi cara menambah nafsu makan anda. Terlebih bagi anda dengan tingkat kehilangan nafsu makan yang sudah berat.

Share

Trending Article

Tips Memilih Vitamin Penggemuk Badan dari Buah dan Sayur Agar Mencapai Keseimbangan Nutrisi Optimal

Vitamin B6 untuk Apa? Ini 5 Manfaatnya!

7 Vitamin Tulang

Manfaat Vitamin B Complex Yang Bagus

Tak Hanya Berfungsi Menjaga Kesehatan Mata, Ternyata Ini Dia Manfaat Vitamin A Bagi Tubuh

Yuk Kenali Berbagai Manfaat Vitamin B untuk Kesehatan Tubuh

Article Category