Health

Inilah Cara Menghilangkan Kutu Rambut Paling Mudah dan Efektif di Rumah

By Erwin |

Kutu rambut, umumnya menjadi salah satu permasalahan yang umum terjadi dan banyak dialami oleh kalangan masyarakat, baik anak – anak hingga orang dewasa. Akan tetapi jika hal ini dibiarkan secara terus menerus, tentu saja akan sangat mengganggu orang yang mengalaminya. Bagi Anda yang mungkin mengalami masalah kutu rambut, maka wajib tahu mengenai tata cara menghilangkan kutu rambut tersebut. Lantas bagaimanakah cara paling mudah dan efektif menghilangkan masalah kutu rambut cukup di rumah, simak ulasannya di artikel berikut.   

Bagamaina cara menghilangkan masalah kutu rambut?

Masalah kutu rambut yang dialami oleh kebanyakan orang, biasanya bisa kita kenali dari beberapa tanda – tanda / gejala tertentu. Yakni mulai dari kulit kepala yang terasa gatal, merasakan sensasi seperti ada sesuatu yang merayap di kulit kepala, adanya bintik – bintik kecil darah di kulit kepala dan lain – lain. Jika seseorang atau bahkan Anda mengalami masalah kutu rambut, maka bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan tips berikut ini.

1. Menggunakan sisir kutu

Salah satu cara paling mudah menghilangkan kutu rambut yang pertama, yakni dengan menggunakan sisir kutu yang bisa dibeli dengan harga terjangkau di pasaran. Dengan menggunakan sisir kutu yang memiliki jarak kerapatan antar gigi sekitar 0,2 mm ini, Anda akan terbantu dalam menghilangkan lebih banyak kutu dan telur kutu. Ketika menggunakan sisir kutu ini, sebaiknya rambut dalam kondisi yang masih basah.

2. Minyak zaitun

Cara menghilangkan kutu rambut berikutnya, yaitu Anda bisa memanfaatkan penggunaan dari minyak zaitun. Dalam penggunaannya, Anda hanya tinggal mengoleskan saja minyak zaitun tersebut ke rambut secara merata sebelum pergi tidur. Jika sudah, maka tutup rambut dengan menggunakan shower cup dan diamkan selama semalaman. Dan untuk keesokan harinya, Anda bisa menyisir rambut agar kutu dan telur kutu yang menempel di kulit kepala bisa terangkat. 

3. Cuka

Tidak banyak orang yang tahu, bahwa cuka juga ternyata bisa digunakan untuk membantu mengatasi permasalahan kutu rambut dengan cepat, lantaran memiliki sifat asam di dalamnya. Kendati demikian, dalam penggunaan cuka disini perlu berhati – hati agar kulit kepala tidak mengalami iritasi. Adapun cara penggunaannya, yakni dengan mencampurkan cuka dengan minyak kelapa secara merata. Setelah itu, tinggal oleskan saja ke kulit kepala sebelum tidur, dan segera keramas menggunakan shampo sampai bersih. 

4. Minyak kelapa

Menghilangkan kutu rambut juga bisa dilakukan dengan menggunakan minyak kelapa, yang dapat membuat kutu lemas dan tidak berdaya. Untuk tata caranya, Anda hanya perlu mengoleskan minyak kelapa tersebut ke kulit kepala dan tunggu hingga benar – benar meresap. Baru setelah itu, Anda hanya perlu keramas dengan shampo sampai bersih dan sisir dengan menggunakan sisir kutu yang dimiliki.

Bagaimana, cara menghilangkan kutu rambut yang sudah dijelaskan di atas tentunya sangat mudah dan efektif untuk Anda praktikkan sendiri di rumah, bukan?

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category