Health

Jangan Diabaikan! Inilah 7 Makanan untuk Ibu Hamil Muda Wajib Dikonsumsi

By Erwin |

Selama kehamilan trimester pertama, penting bagi ibu hamil muda untuk menjaga asupan nutrisi. Hal itu perlu diperhatikan demi menjaga kesehatan tubuh janin dan ibu sampai masa persalinan tiba. Lalu, apa saja makanan untuk ibu hamil muda supaya nutrisinya tercukupi? Dalam artikel ini membahas daftar 7 makanan dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil muda.

Makanan Trimester Pertama

Berikut 7 makanan yang wajib dikonsumsi ibu hamil muda:

1. Telur, Kacang-Kacangan, Hati Sapi, Buah-buahan, dan Sayuran Hijau

Sejumlah makanan di atas merupakan makanan yang mengandung asam folat. Nutrisi tersebut dibutuhkan untuk membentuk sel-sel otak janin. Dengan tercukupinya kebutuhan asam folat selama trimester pertama, janin bisa tumbuh dengan cerdas. Untuk itu, makanan ibu hamil muda agar anak cerdas perlulah yang mengandung asam folat.

2. Daging Unggas, Telur, Ikan, Daging Tanpa Lemak

Makanan-makanan tersebut mengandung protein. Nutrisi tersebut jangan sampai dilupakan oleh ibu hamil di trimester pertama. Pasalnya, protein diperlukan untuk membantu pembentukan otot, jaringan tubuh untuk ibu dan janin, dan daya tahan tubuh. Dengan tercukupinya nutrisi tersebut, ibu hamil jadi tidak mudah terserang penyakit.

3. Makanan Laut, Biji-bijian, Tahu, Bayam, dan Telur Kacang-kacangan

Nutrisi yang tidak kalah dibutuhkan oleh ibu hamil muda adalah zat besi yang terkandung dalam sejumlah makanan di atas. Nutrisi tersebut diperlukan untuk mencegah anemia pada janin dan ibu hamil. Selain asam folat, nutrisi ini juga diperlukan untuk perkembangan otak janin. Sayuran yang baik untuk ibu hamil trimester pertama adalah bayam karena mengandung zat besi.

4. Sayur-sayuran Masak, Buah Segar, Biji-bijian, dan Kacang-kacangan

Sejumlah makanan yang kaya akan serat penting bagi janin untuk perkembangannya. Selain itu, serat juga penting bagi ibu hamil untuk mencegah preeklamsia dan menjaga berat badan selama kehamilan.

5. Susu dan Produk Olahan Susu Lainnya

Susu dan produk olahan darinya mengandung protein, kalsium,iodium asam folat, dan vitamin D. Untuk kalsium sendiri, dibutuhkan bagi janin dan ibu hamil untuk pertumbuhan tulang. Susu yang baik dikonsumsi adalah susu yang telah melalui pasteurisasi. Larangan untuk ibu hamil muda adalah mengonsumsi susu yang belum dipasteurisasi karena mengandung bakteri yang tidak baik.

6. Air Kelapa dan Lemon

Bila ibu hamil sudah mulai kerap mengalami mual-mual dalam fase trimester pertama, ada baiknya mengonsumsi air kelapa dan lemon. Untuk air kelapa sendiri juga berfungsi untuk mencegah dehidrasi serta memenuhi cairan tubuh ibu hamil.

7. Pisang, Brokoli, Kacang-Kacangan, dan Oatmeal

Makanan untuk ibu hamil muda yang tak kalah penting dengan lainnya adalah makanan yang mengandung karbohidrat. Sejumlah makanan tersebut mengandung karbohidrat yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan dan energi bagi janin.

Demikian informasi mengenai daftar 7 makanan untuk ibu hamil muda yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janinnya sampai masa kelahiran tiba. Untuk informasi lebih lengkap, ibu hamil bisa mengkonsultasikan kepada dokter kandungan terdekat.

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category