Health

Jika Sedang Mengalami Darah Tinggi Beginilah Cara Menurunkannya

Sudah menjadi hal yang umum di kalangan kesehatan bahwa tekanan darah yang normal akan mencakup tekanan 120/80 mmHg maupun tekanan yang lebih rendah sedikit dari itu. Jika tekanan darah seseorang berada atau terlampau jauh di atas parameter angka tersebut maka telah dapat dikatakan terkena tekanan darah tinggi. Tentu jika tekanan darah telah naik, pasti akan mencari cara menurunkan darah tinggi yang sedang menyerang tersebut.

Banyak sekali hal yang menyebabkan seseorang terkena gangguan hipertensi, antara lain disebabkan oleh usia yang telah memasuki usia lanjut, kemudian aktivitas sehari - hari yang jarang untuk berolahraga hingga menyebabkan badan seseorang menjadi obesitas, dan yang paling sering dilakukan adalah sering mengalami gangguan stress sehari - hari.

Dengan seseorang telah mengubah gaya hidupnya menjadi lebih baik daripada sebelumnya, maka untuk menurunkan hipertensinya tersebut bukanlah sesuatu yang sulit. Tapi, jika tekanan darah orang tersebut diakibatkan karena sebuah penyakit, maka penyakit yang diidapnya haruslah ditangani terlebih dahulu untuk disembuhkan.

Jika anda penasaran untuk mengetahui cara menurunkan darah tinggi ataupun hipertensi, maka artikel kami kali ini akan mengulasnya secara lengkap untuk anda. Harapannya bisa menjadi sebuah langkah antisipasi untuk mencegah semakin meningginya tekanan darah, berikut ulasannya.

Cara Menurunkan Hipertensi

1. Mengurangi Konsumsi Garam

Natrium yang banyak terdapat dalam garam jika kadarnya telah terlampau melebih batas atau berlebihan maka akan menyebabkan meningkatnya tekanan darah. Maka dari itu orang yang menderita darah tinggi sebaiknya mulai mengurangi konsumsi garam, karena untuk orang yang telah dewasa sendiri dianjurkan untuk memperoleh asupan garam sebesar 1500 hingga 2000 mg setiap harinya.

2. Mengurangi Berat Tubuh

Jika seseorang telah mengalami kelebihan berat maka secara tanpa ia sadari akan mengakibatkan jantung berpacu lebih keras lagi daripada sebelumnya. Dengan pacuan jantung yang kuat akan berakibat pada timbulnya hipertensi, maka dari itu mengurangi berat badan adalah sebuah cara yang baik untuk tetap mengontrol tekanan darah rendah yang ada di dalam tubuh. Tapi jika telah terlanjur mengalami hipertensi, cara ini sangat dianjurkan demi menurunnya hipertensi seseorang tadi.

3. Mulai Mengurangi Stres

Pikiran stress yang cukup lama bahkan seringkali seseorang dapati secara tak langsung akan memberikan peningkatan terhadap tekanan darah seseorang tersebut. Maka dari itu ada baiknya jika tidak terlalu banyak berpikiran stres demi mengontrol tekanan darah yang sedang meninggi untuk segera turun kembali menjadi normal.

Jika anda sedang mengalami sebuah stres maka sebaiknya anda mulai melakukan metode relaksasi seperti meditasi, yoga, hingga seluruh kegiatan yang anda sukai demi menghilangkan beban pikiran tersebut.

4. Mulai Mengonsumsi Obat

Demi turunnya darah tinggi yang menyerang maka sangat dianjurkan untuk meminum obat yang antihipertensi. Karena jika cara - cara di atas sudah tidak mampu untuk mengurangi tekanan darah tinggi selama 6 bulan lebih, maka sebaiknya mengonsumsi obat - obatan adalah solusi terakhirnya.

Namun obat tersebut haruslah sesuai dengan anjuran dari dokter, karena dengan anjuran dari dokter akan menyesuaikan dengan sendirinya dari jenis hingga dosis yang tepat untuk seseorang yang sedang mengalami hipertensi.

Jika anda sedang mengalami gejala darah tinggi maka sebaiknya anda memeriksakan diri anda kepada dokter, atau jika telah kepepet maka anda bisa melakukannya dengan mandiri di rumah memakai alat tensimeter.

Dengan anda menjalankan gaya hidup yang sehat, maka anda sangatlah sulit untuk terkena hipertensi. Tapi jika telah terkena darah tinggi, anda hanya perlu mencari cara menurunkan darah tinggi. Selain itu jangan lupa untuk rutin memeriksakan diri kepada dokter demi terpantaunya kesehatan. Semoga bermanfaat.