Health

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

By Erwin |

Siapa yang tidak suka ayam? Daging ayam tidak hanya enak, mudah didapat, dan harganya terjangkau, namun juga relatif rendah kalori. Ayam mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi. Jadi, berapa kalori ayam, dan berapa kalori per bagiannya? Untuk detail yang lebih jelas, simak penjelasan berikut ini.

Kalori di Dalam Ayam

Daging ayam merupakan pilihan makanan yang populer dan bergizi karena kemudahannya dalam menyiapkan dan nilai gizinya yang tinggi. Namun komposisi kalori ayam berbeda-beda sesuai dengan bagian yang dimakan. Ayam tersedia secara luas dan mudah diakses di tempat-tempat umum, menjadikannya pilihan makan malam yang populer. Penting untuk memahami komposisi kalori ayam berdasarkan bagian-bagiannya untuk mencegah kesalahpahaman mengenai kandungan kalorinya yang rendah.

  • Dada Ayam

Dada ayam adalah bagian ayam yang populer untuk menurunkan berat badan atau menambah massa tubuh karena kandungan proteinnya yang tinggi dan lemak sehat. Dada ayam tanpa kulit dan tanpa tulang memiliki berat 172 gram dan mengandung 284 kalori, memiliki 53,4 gram protein, 6,2 gram lemak, dan 0 gram karbohidrat.

  • Paha Ayam

Paha ayam bisa jadi bagian favorit semua orang. Hal ini dikarenakan paha ayam memiliki rasa yang lebih empuk dan lebih kentara dibandingkan bagian ayam lainnya. Dari segi kalori, 52 gram daging paha ayam tanpa kulit dan tanpa tulang memiliki 109 kalori. Bagian paha ini juga mengandung 13,5 gram protein, 5,7 gram lemak, dan nol gram karbohidrat.

Banyak orang menyukai paha ayam ini karena harganya yang lebih murah. Selain itu, dalam 100 gram daging paha ayam terdapat 209 kalori, 26 gram protein, dan 8,1 gram lemak.

  • Sayap Ayam

Berbeda dengan dua bagian sebelumnya, banyak orang mungkin melupakan sayap ayam. Meski begitu, bagian sayap ayam ini tetap tersedia dalam bentuk lauk pauk yang sering disajikan dengan saus tertentu.

Daging sayap ayam sungguh bergizi jika tidak diracik dengan banyak bumbu atau saus. Sayap ayam tanpa kulit dan tanpa tulang seberat 21 gram memiliki kurang lebih 42,6 kalori. Dengan kandungan protein 6,4 gram, lemak 1,7 gram, dan 0 karbohidrat.

Sayap ayam dengan berat sekitar 100 gram menyediakan sekitar 203 kalori, 30,5 gram protein, dan 8,1 gram lemak. Hal ini menunjukkan bahwa protein menyumbang sekitar 64% dari komposisi sayap ayam.

Bagian Manakah Yang Ideal untuk Diet?

Bagian daging ayam mana yang baik untuk diet setelah Anda tahu berapa banyak kalori yang dikandungnya? Dalam hal jumlah kalori, dada ayam tidak diragukan lagi merupakan pilihan terbaik untuk diet. Selain kalorinya lebih sedikit dibandingkan bagian lainnya, dada ayam memiliki protein paling banyak. Rendah kalori dan tinggi protein, perpaduan yang bagus untuk diet, bukan?



 

Share

Trending Article

Ini 10 Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Article Category