Health

Kenali, 5 Tanda-Tanda Hamil yang Tidak Disadari

Selain merasakan mual dan juga muntah-muntah, ternyata ada tanda-tanda hamil yang tidak disadari tapi seringkali muncul. Untuk mengetahui apa saja tanda ataupun ciri-cirinya, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Umumnya, ciri-ciri kehamilan akan dirasakan oleh perempuan di minggu-minggu awal masa kehamilan. Walaupun begitu, terdapat beberapa tanda kehamilan yang cukup sulit untuk dibedakan dengan menstruasi. Sehingga, hal itu membuat sebagian besar perempuan tidak menyadari bahwa dirinya sedang hamil.

Tanda-tanda Hamil yang Tidak Disadari

Di bawah ini adalah beberapa tanda-tanda hamil yang tidak disadari oleh sebagian besar perempuan, antara lain:

1. Keluar Darah dari Vagina

Seringkali, orang-orang menganggap bahwa keluarnya darah dari vagina adalah tanda menstruasi. Padahal, hal itu juga bisa menjadi tanda awal kehamilan. Tanda-tanda kehamilan ini dikenal dengan pendarahan implantasi.

Dimana pada pendarahan implantasi ini, darah yang keluar memiliki warna sedikit kecoklatan atau pink dalam jumlah yang sedikit. Sedangkan pada menstruasi, darah yang keluar cenderung berwarna merah dan disertasi dengan gumpalan darah serta volumenya relatif lebih banyak.

2. Mood Swing

Tanda-tanda hamil yang tidak disadari selanjutnya adalah suasana hati yang mudah berubah atau yang kita kenal dengan mood swing. Umumnya, tanda kehamilan yang satu ini dirasakan ketika usia kehamilan memasuki 6 atau 10 minggu. Suasana hati yang mudah berubah biasanya terjadi karena adanya perubahan hormon estrogen dan progesteron yang ada di dalam tubuh selama kehamilan.

3. Sering Buang Air Kecil

Keluhan ini biasanya muncul karena adanya peningkatan Human Chorionic Gonadotropin Hormon pada awal kehamilan. Sehingga membuat produksi urine menjadi banyak. Itulah yang menyebabkan kandung kemih lebih cepat penuh. Selain itu, keluhan yang satu ini juga dapat disebabkan oleh ukuran rahim yang menekan bagian kandung kemih.

4. Sensitif Terhadap Bau

Sensitif terhadap bau ini biasanya muncul di awal kehamilan dan dapat berdampak pada munculnya rasa mual. Meningkatnya sensitivitas terhadap bau ini biasanya terjadi karena naiknya hormon HCG selama masa kehamilan. Akan tetapi, seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, sensitivitas ini akan menghilang.

5. Sembelit

Sembelit menjadi salah satu tanda-tanda hamil yang tidak disadari. Dimana sembelit selama masa kehamilan tidak disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat, tapi disebabkan oleh hormon progesteron yang membuat otot yang ada di saluran cerna mengendur. Hal tersebut membuat proses pencernaan makanan yang ada di dalam tubuh menjadi lambat. Sehingga menyebabkan terjadinya sembelit.

Itulah beberapa penjelasan mengenai 5 tanda-tanda hamil yang tidak disadari oleh sebagian besar perempuan. Jika Anda mengalami tanda-tanda di atas, sebaiknya segera lakukan test pack atau periksa ke dokter kandungan.