Health

Kenali Berbagai Ciri-Ciri Darah Rendah Pada Tubuh Manusia

Tekanan darah rendah atau hipotensi yang dialami oleh seseorang akan sangat berbahaya ketika dibiarkan tanpa penanganan. Ketika tekanan darah yang dimiliki seseorang turun, maka jantung tidak akan mampu memompa darah ke seluruh tubuh. Apa akibatnya? Orang yang mengalaminya akan mudah pusing dan mata berkunang-kunang. Untuk mencegah terjadinya hal buruk terjadi, maka kenali ciri-ciri darah rendah lainnya. 

Darah rendah pada manusia terjadi ketika darah yang ada pada bagian pembuluh darah arteri sekitar 90/60 mmHg. Ketika kondisi seperti ini terjadi, maka oksigen dan nutrisi penting yang dialirkan lewat darah tidak akan sampai pada organ tubuh. Lama kelamaan, seseorang yang memiliki tekanan darah rendah akan mengalami gangguan pada otak, ginjal, jantung, dan organ penting lainnya. Oleh sebab itu, waspadai ciri-ciri tubuh yang memiliki tekanan darah rendah. 

Pandangan Mudah Sekali Kabur

Ciri utama seseorang memiliki tekanan darah rendah yaitu pandangan mudah kabur selama beberapa saat bahkan terjadi berulang kali. Kondisi seperti ini sering terjadi saat Anda duduk dalam waktu yang lama kemudian tiba-tiba berdiri. Sering mengalami pandangan kabur? Jika dibiarkan akan menyebabkan ketidakseimbangan pada penderitanya. Pandangan kabur juga sering terjadi ketika Anda berdiri dalam waktu yang terlalu lama. 

Sering Sakit Kepala

Ciri-ciri darah rendah berikutnya yaitu sering mengalami sakit kepala. Hal ini biasanya terjadi ketika darah sudah tidak mampu memasok oksigen ke dalam otak, sehingga menimbulkan rasa pusing pada penderitanya. Jika darah yang dimiliki seseorang terlalu rendah, maka bisa saja orang tersebut tiba-tiba pingsan. Anda pernah mengalami pusing berat sampai pingsan? Maka patut waspada karena itu bisa saja gejala darah pada tubuh sangat rendah. 

Wajah Terlihat Pucat

Seseorang yang memiliki darah rendah akan terlihat pucat, denyut nadi sering lemah, dan tubuh dingin. Hal ini sering terjadi karena suplai darah menuju otak mengalami gangguan sehingga mengalami ketidakstabilan. Tubuh Anda sewaktu-waktu juga akan sering merasa dingin karena suplai darah pada jaringan tepi mulai lambat. 

Rasa dingin tersebut nantinya akan menjalar pada bagian telinga, tangan, kaki, dan juga bibir sampai terlihat membiru. Selain wajah terlihat pucat, penderitanya juga sering mengeluarkan keringat berlebih padahal tidak melakukan aktivitas apapun. Ketika berbicara sambil duduk saja, orang dengan darah rendah akan mengalami sesak napas dan banyak berkeringat. 

Perut Akan Terasa Mual

Mual yang sering terjadi secara berulang-ulang merupakan salah satu ciri orang yang memiliki darah rendah. Tubuh Anda akan sering merasa lemah, lemas bahkan tiba-tiba pingsan seketika. Dalam kasus yang lebih parah, maka penderitanya akan mengalami masalah sulit menopang kedua kaki. Hal ini tentu saja terjadi karena tubuh tidak memiliki cukup energi untuk dibawa ke otak. Ciri-ciri darah rendah seperti ini disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat!