Health

Kenali Berbagai Penyebab Batuk Berdarah yang Wajib Anda Ketahui!

Batuk berdarah memang terdengar sebagai penyakit yang parah dan menakutkan. Pernyataan tersebut memang benar, karena batuk berdarah menunjukkan indikasi yang serius. Apalagi bagi Anda yang masih dalam kondisi sehat dan muda, maka penting sekali mengetahui penyebab batuk berdarah yang bisa memicu penyakit parah lainnya. Akan tetapi, jangan terlalu panik ketika menghadapi kondisi ini, segera saja periksakan kondisi kesehatan ke dokter. 

Berdasarkan laman National Health Service, batuk darah biasa dikenal dengan istilah hemoptitis. Kondisi tersebut menjadi indikasi sangat memprihatinkan bagi orang tua, apalagi bagi mereka yang memiliki kebiasaan buruk sebagai perokok. Seseorang yang mengalami batuk darah akan mengeluarkan cairan berwarna merah terang disertai batuk berdahak dalam waktu lama. Hal ini dikarenakan telah terjadi infeksi pada bagian dada, sehingga penyakit akan lebih parah. 

Terjadi Kanker Paru-Paru

Kemungkinan terburuk terjadinya batuk darah bisa diakibatkan karena virus ataupun bakteri. Ketika seseorang mengalami infeksi pada paru-paru, maka akan timbul dahak dengan warna tertentu. Bahkan yang lebih buruk lagi, batuk berdahak akan disertai dengan nanah dalam jumlah yang cukup banyak. Anda yang mengalami kondisi seperti ini akan merasakan demam dalam waktu yang cukup lama, sehingga dada juga akan terasa sesak dan tidak nyaman saat bernafas. 

Disebabkan Edema Paru

Penyebab batuk berdarah yang pertama yakni edema paru. Edema paru biasanya akan terjadi karena ada penumpukan cairan. Pengidap akan mengalami masalah pada bagian organ jantungnya, kemudian ketika batuk akan mengeluarkan darah. Cairan darah biasanya bertekstur busa dengan warna merah muda. Ketahuilah penyakit ini cukup serius ketika tidak segera ditangani, oleh sebab itu selalu pantau kondisi kesehatan dengan rutin periksa ke dokter. 

Mengalami Bronkitis

Bronkitis merupakan semacam infeksi yang menyebabkan saluran pernapasan tidak menjalankan fungsinya secara normal terutama pada bagian bronkus. Ketika hal ini terjadi, maka infeksi akan menyebabkan peradangan atau semacam inflamasi kemudian timbul gejala yang bisa menganggu pernafasan. Penyakit bronchitis yang tidak segera ditangani akan menimbulkan gejala serius berupa batuk berdarah, sehingga Anda tidak bisa meremehkan kondisi seperti ini ya!

Terjadi TBC (Tubercolosis)

Tuberkolosis atau yang biasa dikenal dengan TBC merupakan sejenis penyakit yang bisa menyerang paru-paru dinamakan Mycobacterium Tubercolosis. Ketahuilah TBC merupakan infeksi paru-paru yang makin parah, sehingga penderitanya bisa mengalami demam dalam waktu yang cukup lama. Penderita TBC juga akan mudah berkeringat walaupun tidak melakukan aktivitas apapun selain merasakan batuk berdahak yang tiada henti. 

Mengalami Bronkietasis

Apa perbedaan bronchitis dengan bronkietasis? Bronkietasis merupakan sejenis penyakit pada saluran udara paru-paru yang tiba-tiba menebal dengan kondisi tidak normal. Kondisi tersebut akan infeksi bakteri dan penumpukan lendir yang berlebih. Ketika seseorang mengalami bronkietasis, maka Anda akan mudah mengalami sesak napas seperti orang sakit asma. Tidak hanya itu, sesak napas akan disertai dengan batuk darah yang akan membuat rasa khawatir. 

Apa yang perlu dilakukan ketika terkena bronkietasis? Anda perlu melakukan tes dan prosedur medis tertentu. Tes yang bisa dilakukan seperti spirometri, bronkoskopi, laringoskopi, operasi hidung, tonsilektomi, dan biopsi. 

Menurut dokter yang berpengalaman, serangkaian tes yang disebutkan sebelumnya akan menimbulkan gejala batuk darah berlebih, sehingga perlu melakukan kontrol secara rutin. Batuk darah bisa menyebabkan gejala yang lebih berbahaya, karena telah terjadi iritasi pada bagian tenggorokan. Untuk mengetahui info lebih lanjut tentang penyebab batuk berdarah, maka Anda bisa mencari informasi selengkapnya melalui laman website http://naturalfarm.id/

 

Photo by Towfiqu barbhuiya