Health

Kenali Ciri-ciri Gula Darah Tinggi Berikut Sebelum Terlambat

By Erwin |

Gula darah tinggi atau hiperglikemia merupakan salah satu kondisi ketika kadar gula di dalam tubuh lebih dari 180 mg/dl. Dengan kondisi seperti ini, gula darah tinggi tidak boleh dibiarkan karena kondisi ini dapat memicu berbagai masalah kesehatan yang serius.

Gejala Gula Darah Tinggi

Oleh karena itu, penting untuk mengenali ciri-ciri gula darah tinggi yang umum muncul pada tubuh sebelum terlambat. Berikut adalah beberapa gejala gula darah tinggi yang perlu Anda ketahui:

1. Sering Merasa Haus dan Frekuensi Buang Air Kecil Lebih Sering

Apabila seseorang mengalami hiperglikemia, biasanya akan buang air kecil dalam jumlah yang banyak dan lebih sering daripada biasanya. Hal ini dapat terjadi karena tubuh mencoba mengeluarkan kelebihan gula melalui urin, yang membuat penderitanya selalu merasa haus dan ingin buang air kecil lebih sering.

2. Mudah Lelah

Jika Anda sering merasa lelah dan lesu meski sudah istirahat cukup, maka ini bisa menjadi tanda-tanda hiperglikemia. Kelelahan yang mungkin tidak dapat dijelaskan bisa disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk menggunakan glukosa dengan efektif, sehingga tubuh tidak mendapatkan cukup energi.

3. Pandangan Kabur

Gula darah tinggi juga dapat mempengaruhi fungsi mata, sehingga penderitanya dapat mengalami pandangan kabur atau sulit melihat dengan jelas. Hal ini terjadi karena ketidakmampuan tubuh untuk mengendalikan kadar gula darah, sehingga mempengaruhi aliran darah ke retina.

4. Nyeri Dada atau Sakit Kepala

Peningkatan kadar gula darah dapat mempengaruhi aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk jantung dan otak. Hal ini dapat menyebabkan nyeri dada atau sakit kepala yang tidak dapat dijelaskan.

5. Luka yang Sulit Sembuh

Penderita hiperglikemia jika memiliki luka di tubuhnya, maka luka tersebut akan lebih sulit sembuh dari orang normal. Hal ini terjadi karena tingginya kadar gula darah dapat mempengaruhi aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk area yang terluka.

Apa yang Harus Dilakukan?

Bila Anda mengalami atau merasakan beberapa gejala seperti yang telah disebutkan di atas, lebih baik jika segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. Pengobatan yang tepat dapat membantu mengendalikan kadar gula darah dan mencegah komplikasi kesehatan yang serius.

Untuk mencegah hiperglikemia, penting untuk menjaga pola makan yang sehat dan seimbang, serta melakukan aktivitas fisik secara rutin. Hindari makanan atau minuman yang tinggi gula, seperti minuman bersoda atau makanan cepat saji. Konsumsi makanan yang kaya serat dan rendah karbohidrat kompleks dapat membantu mengendalikan kadar gula darah.

Dalam beberapa kasus, penderita hiperglikemia mungkin memerlukan obat-obatan atau suntikan insulin untuk mengendalikan kadar gula darah. Oleh karena itu, penting untuk mengikuti rencana perawatan yang direkomendasikan oleh dokter dan mengikuti kontrol secara rutin.

Perhatikan juga ciri-ciri gula darah tinggi lainnya yang dapat memicu hiperglikemia, seperti riwayat keluarga dengan diabetes, obesitas, kurangnya aktivitas fisik, stres, dan penggunaan obat-obatan tertentu. Jika Anda memiliki ciri-ciri tersebut, sebaiknya perhatikan lebih serius kesehatan Anda dan lakukan pemeriksaan secara rutin untuk mencegah hiperglikemia.

Share

Latest Articles

Mengenal Kalori Mie Gacoan dan Tips Makan Gacoan saat Diet

Cara Membesarkan Alat Kelamin Pria dengan Bawang Putih Benarkah Bisa Efektif

10 Sumber Vegetarian Protein Anti Hewani, Darimana Saja?

10 Gerakan Workout di Rumah & Tips Mengoptimalkannya!

Ini Rekomendasi dan Manfaat BCAA untuk Tingkatkan Massa Otot

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Article Category