Health

Kenali Sistem Hormon Pada Manusia dan Jenisnya

Apa itu hormon? Hormon adalah zat kimia yang diproduksi oleh beberapa kelenjar yang ada dalam sistem endokrin. Nantinya, hormone ini akan menunjang keseluruhan fungsi utama dari tubuh. Bukan hanya kelenjar dalam sistem endokrin, system hormone pada manusia juga memiliki keterikatan dengan kelenjar eksokrin yang memiliki peran penting untuk membantu proses sekresi zat hormone seperti keringat. 

Mengenal Apa Sajakah Fungsi Hormon?

Selain mengenali apa itu hormone, kenali juga untuk fungsi dari hormone itu sendiri. Ada banyak fungsi hormone yang ada di dalam tubuh. Untuk hormon seks adalah zat yang dikeluarkan oleh kelenjar seks dan juga kelenjar adrenalin yang akan langsung dialirkan ke aliran darah. Hormon ini akan bertanggung jawab untuk menentukan jenis kelamin janin dan untuk perkembangan seks secara normal. 

Jenis Hormon dan Fungsinya

Ada beberapa jenis hormone yang memiliki fungsi berbeda-beda. Untuk beberapa jenis hormone yang perlu diketahui adalah:

  • Kelenjar Pituitari atau Hipofisis

Kelenjar Pituitari adalah kelenjar utama dari sistem endokrin yang akan menaungi sistem hormone yang ada pada manusia. Untuk kelenjar pituitary sendiri adalah kelenjar yang letaknya berada di bagian bawah otak dan memiliki tugas untuk meneruskan pesan dari otak pada kelenjar lain terkait apa yang harus dilakukan. 

  • Kelenjar Tiroid

Kelenjar Tiroid atau gondok adalah kelenjar yang berada di leher bagian depan tepatnya berada di sebelah bawah jakun dan terdiri dari dua buah lobus. Kelenjar tiroid nantinya juga akan menghasilkan dua jenis hormone yaitu Tiroksin dan juga Triiodotironin. Hormon ini nantinya akan dibuat oleh folikel jaringan tiroid dan juga asam amino yang akan menghasilkan yodium. 

  • Kelenjar Pineal

Kelenjar Pineal adalah kelenjar yang letaknya di bagian tengah otak dan memiliki sebuah fungsi sebagai bagian sistem endokrin yang akan membantu dalam menghasilkan hormone melatonin. Hormon ini juga akan berfungsi mengatur siklus tidur manusia.

  • Kelenjar Paratiroid

Di bagian depan kelenjar tiroid nantinya ada sepasang kelenjar yang disebut dengan kelenjar paratiroid. Tugas dari kelenjar ini adalah memproduksi salah satu bagian dari sistem manusia yaitu hormone paratiroid. Hormon ini juga menjadi hormone dengan fungsi untuk mengendalikan jumlah kalsium yang ada di dalam darah.

Agar tubuh selalu sehat, tentunya beberapa orang harus memahami apabila produksi hormone harus dijaga. Bahkan beberapa orang harus menambahkan beberapa suplemen maupun vitamin yang baik untuk tubuh. Untuk membeli produknya, Anda bisa membelinya di https://www.naturalfarm.id/ . Di website ini tersedia banyak pilihan suplemen, vitamin yang bisa disesuaikan untuk tubuh. Beberapa contoh produknya seperti Nutriwell Vitamin E 400, Natures Health Vitamin E 400, Derma e Vitamin E 12.000 IU dan masih banyak lagi yang lainnya.