Health

Kenapa Kepala Sering Pusing? Mungkin Inilah Faktor Penyebabnya!

By Erwin |

Sering mengeluhkan masalah pusing yang sering terjadi? Rupanya, ada beberapa alasan kenapa kepala sering pusing yang bisa jadi merupakan penyebab kondisi yang Anda alami.

Bahkan, sakit kepala yang sering terjadi rupanya tidak harus selalu berkaitan dengan penyakit seperti tekanan darah rendah, tekanan darah tinggi, maupun penyakit lainnya. Untuk lebih jelasnya, simak 5 alasan kepala sering pusing di luar penyakit berikut ini, yuk!

Tidur Terlalu Lama

Meskipun tidur penting dan sangat dibutuhkan tubuh, ada anjuran jumlah atau durasi tidur yang dianjurkan. Apabila Anda terlalu banyak tidur alias berlebihan, hal tersebut justru malah bisa berdampak buruk bagi tubuh Anda.

Pasalnya, tidur berlebihan dapat mengakibatkan sakit kepala. Maka dari itu, Anda bisa evaluasi dulu berapa lama durasi tidur Anda setiap harinya. Karena bisa jadi kepala Anda sering sakit karena Anda tidur terlalu lama.

National Sleep Foundation merekomendasikan agar Anda selalu mendapatkan jumlah tidur yang sama dan konsisten. Jadi, tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari.

Menjelang atau Haid

Ketika menjelang haid atau saat haid, terjadi perubahan hormon di dalam tubuh wanita. Terutama hormon estrogen dan progesteron, yang jumlahnya berubah secara fluktuatif sepanjang periode ini.

Akibatnya, muncul rasa sakit di kepala yang sering terjadi. Pada beberapa wanita, jenis sakit kepala yang terasa bisa jadi berupa migrain atau sakit kepala hanya pada beberapa bagian tertentu saja.

Apabila Anda sering mengalami pusing pada periode ini, besar kemungkinan bahwa perubahan hormon lah penyebabnya. Untuk itu, Anda hanya perlu beristirahat — dalam banyak kasus, Anda bisa jadi tidak perlu minum obat karena rasa sakitnya akan hilang begitu Anda haid atau setelah haid selesai.

Stres

Stres dapat memicu perubahan jumlah molekul dan hormon tertentu, baik itu peningkatan maupun penurunan jumlah. Bagi beberapa orang, perubahan tersebut bisa memicu munculnya rasa sakit di kepala.

Apabila Anda merasa bahwa stres lah penyebab Anda sering sakit kepala, Anda bisa lakukan dulu berbagai cara untuk menurunkan dan mengendalikan kadar stres. Misalnya dengan berolahraga, beristirahat, atau melakukan hobi yang Anda suka.

Namun jika Anda merasa bahwa tingkat stres yang dirasakan sudah di luar kontrol dan memicu reaksi pada tubuh selain sakit kepala, segera konsultasikan ke dokter agar stres tidak menghambat aktivitas Anda sehari-hari.

Konsumsi Kafein Terlalu Banyak

Bisa jadi Anda sering pusing karena Anda rutin ngeteh atau ngopi setiap hari, lalu tiba-tiba Anda menghentikan kebiasaan Anda tersebut. Pasalnya, hal tersebut ternyata dapat menyebabkan kepala jadi sering pusing.

Penyebabnya kemungkinan besar adalah mengerutnya pembuluh darah karena kafein. Maka dari itu, pembuluh darah pun melebar begitu pasokan kafein ke otak dihentikan begitu saja.

Hal tersebut dikarenakan otak yang sudah terbiasa menerima sinyal kafein. Dengan begitu, asupan kafein yang tiba-tiba berhenti dapat menjadi kenapa kepala sering pusing.

Share

Trending Article

Ini 10 Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Article Category