Health

Keputihan saat Hamil Muda: Apakah Normal? Simak di Sini!

By Erwin |

Keputihan adalah kondisi umum yang dialami banyak wanita selama masa kehamilan. Saat hamil, perubahan hormon dalam tubuh dapat memengaruhi produksi lendir di area vagina, sehingga menyebabkan keputihan saat hamil muda. Keputihan saat hamil muda merupakan hal yang normal dan biasanya tidak menjadi masalah, karena tidak berbahaya baik bagi ibu maupun janinnya.   

Namun, penting bagi ibu hamil untuk memahami penyebab, gejala, dan pencegahan keputihan saat hamil muda agar tidak memicu kekhawatiran dan sebagai antisipasi dari gangguan kesehatan yang mungkin terjadi. 

Penyebab Keputihan saat Hamil Muda

Berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan keputihan saat hamil muda:

1. Perubahan Hormonal 

Selama kehamilan, tubuh mengalami fluktuasi hormonal yang dapat menyebabkan peningkatan produksi hormon estrogen pada tubuh, perubahan pada keasaman vagina, dan produksi lendir serviks. Oleh karena itu, keputihan pada hamil muda merupakan hal yang normal.   

2. Infeksi

Infeksi jamur atau bakteri pada vagina juga dapat menyebabkan keputihan pada usia kehamilan yang masih muda. Infeksi dapat terjadi karena menurunnya sistem kekebalan tubuh selama hamil. 

3. Kebersihan

Kurang menjaga kebersihan daerah intim dapat menyebabkan keputihan sewaktu hamil muda. Kebersihan yang tidak dijaga dapat menjadikan lingkungan yang cocok untuk pertumbuhan jamur dan bakteri. 

Gejala Keputihan saat Hamil Muda

Setelah mengetahui penyebabnya, inilah berbagai gejala keputihan yang patut diwaspadai selagi hamil muda: 

1. Lendir yang Berlebihan

Keputihan selama kehamilan umumnya mengandung lendir yang lebih banyak daripada biasanya.

2. Perubahan Warna atau Bau

Keputihan ini dapat berwarna yang tidak normal, misalnya kekuningan atau kehijauan. Selain itu, dapat pula terjadi perubahan bau yang tidak sedap. Jika ini terjadi, maka kemungkinan ada infeksi yang perlu diatasi. 

3. Rasa Gatal atau Terbakar

Beberapa wanita mungkin mengalami rasa gatal atau terbakar di area vagina akibat keputihan selagi hamil muda. 

Cara Mencegah Keputihan saat Hamil Muda

Agar tidak mengalami hal-hal di atas, lakukan cara berikut untuk mencegah keputihan sewaktu hamil muda:  

1. Jaga Kebersihan

Penting untuk menjaga kebersihan area intim dengan cara yang benar. Gunakan air hangat dan pembersih yang lembut. Lalu hindari penggunaan sabun yang keras atau beraroma kuat. 

2. Hindari Pakaian Ketat

Saat hendak tidur, pakailah pakaian dalam yang longgar dan terbuat dari bahan yang dapat menyerap kelembapan dengan baik. Hindari pakaian dalam yang ketat, karena dapat memperburuk kondisi keputihan. 

3. Konsultasikan dengan Dokter

Jika gejala keputihan berlanjut atau disertai rasa nyeri, bau tidak sedap, atau perubahan warna yang signifikan, segera konsultasikan dengan dokter. Dokter akan menentukan penyebab pasti dan memberikan pengobatan yang sesuai, seperti obat antijamur atau antibiotik yang aman untuk ibu hamil. 

Ingatlah bahwa momen saat hamil muda itu unik dan setiap ibu hamil memiliki pengalaman yang berbeda-beda. Tetap pantau dan berkonsultasi kepada dokter jika diperlukan. Sikap dan perawatan yang tepat untuk keputihan saat hamil muda sangat berpengaruh pada kenyamanan dan kesehatan bagi ibu hamil dan janinnya. Tetap jaga kesehatan Anda dan calon buah hati. 
 

Share

Trending Article

Ini 10 Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Article Category