Health

Ketahui 10 Makanan yang Mempercepat Penyembuhan Batuk!

By Admin |

Masalah batuk adalah gangguan kesehatan yang paling umum dialami. Jika alami batu ringan, Anda tidak perlu sampai minum obat untuk meredakannya. Ternyata hanya dengan konsumsi makanan tertentu, batuk dapat mereda lebih cepat. Ingin tahu info makanan yang mempercepat penyembuhan batuk? Mari bahas nama – nama makanan tersebut pada artikel ini!

Jahe

Rebusan jahe sering direkomendasikan untuk sembuhkan tubuh dari segala penyakit. Wedang jahe contohnya dapat menghangatkan badan dan area tenggorokan untuk redakan batuk. Jika diminum sering, batuk akan lebih cepat mereda nantinya.

Kunyit

Rempah ini mengandung kurkumin yang mampu tingkatkan imunitas tubuh. Karena kandungan ini, jamu kunyit dapat menyembuhkan batuk dengan cepat.

Bawang Putih

Bawang putih memiliki kemampuan menaikkan imunitas. Baik masuk angin, nyeri, batuk dan pilek dapat mereda mudah dengan banyak makan bawang putih. Karena berupa bumbu, bawang putih dapat dimasukkan ke banyak makanan seperti mie, soup dan bahkan omelette.

Madu Asli

Madu memiliki kemampuan menyembuhkan dengan menaikkan imunitas tubuh. Kandungan dalam madu asli mampu mendorong tubuh membuat sel – sel baru. Jadi sel antibodi dan sel baru meningkat produksinya. Jika sel baru dapat berkembang, sel sakit di area tenggorokan dapat diganti dengan cepat.

Lemon

Kandungan vitamin C pada buah ini sangat membantu tenggorokan. Konsumsi buah ini dengan rutin juga baik untuk meningkatkan imunitas. Jadi tubuh akan lebih cepat sembuh dari segala gangguan penyakit ringan lainnya.

Nanas

Kandungan pada nanas memiliki enzim khusus yang mampu melawan bakteri dan memecah protein. Jika ada riak di tenggorokan, nanas dapat membantu mengurainya agar lebih mudah dikeluarkan. Nanas tergolong makanan yang mempercepat penyembuhan batuk jika dimakan beserta airnya.

Teh Hangat

Teh memiliki kandungan antioksidan tinggi. Jika ingin lebih baik untuk tubuh, coba teh hangat pahit saja. Efek teh hangat yang melalui saluran tenggorokan akan bantu redakan rasa gatal dan hilangkan bakteri penyebab batuk tersebut.

Yoghurt

Makanan ini mengandung prebiotic yang membantu melawan gangguan kesehatan ringan seperti masuk angin, pilek dan batuk. Jika merasa kurang sehat dan tenggorokan gatal, makan yoghurt sering-sering dan pasti sehari dua hari masalah kesehatan ringan tersebut hilang sendiri.

Pisang

Pisang adalah makanan halus yang mudah dikonsumsi saat batuk. Karena teksturnya yang lembut, rasa sulit menelan juga dapat dihindari. Kandungan nutrisi di dalamnya dapat memberi energi lebih bagi tubuh untuk lebih cepat recovery.

Kaldu Berempah

Kaldu berempah juga dapat meredakan batuk. Rempah campuran antara bawang, gula, garam dan merica di dalam kaldu, dapat membantu meredakan rasa gatal di tenggorokan. Karena efek ini, banyak orang barat menyarankan hidangan seperti sup ayam, sup sayur, sup tomat dan sejenisnya untuk orang yang batuk – batuk.

Bagaimana? Bisa sembuh dari batuk hanya dengan konsumsi 10 jenis makanan di atas pasti lebih nyaman dibandingkan makan obat. Mudah – mudahan informasi makanan yang mempercepat penyembuhan batuk tersebut berguna dan mengembangkan wawasan Anda!

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category