Health

Ketahui Beberapa Cara Atasi Sakit Perut Sebelah Kanan Bawah Sampai ke Pinggang

By Erwin |

Mengatasi sakit perut sebelah kanan bawah sampai ke pinggang diketahui harus dilakukan sesuai dengan penyebab yang menyertainya. Penting bagi anda untuk mencoba mendatangi dokter dan berkonsultasi jika memang sakit perut itu disertai dengan gejala lain misalnya muntah maupun mual. 

Namun, pada banyak kasus, sakit pinggang pada sebelah kanan bawah ini bisa ditangani dengan perawatan di rumah secara sederhana jika tidak disertai gejala berbahaya lain, seperti dibawah ini,

1. Mengompres dengan Memakai Air Hangat maupun Es Batu

Diketahui dengan mencoba mengompres perut atau pinggang anda yang sakit dengan memakai es batu atau air hangat paling tidak sekitar 20–30 menit, di setiap 2–3 jam ini dapat membantu meredakan nyeri serta peradangan.

Anda bisa mencoba memakai botol kaca untuk mengompres pinggang dengan air hangat. Dan anda juga dapat menggunakan plastik maupun handuk jika akan menggunakan es batu.

2. Sering Minum Air Putih

Paling tidak anda meminum sekitar delapan gelas 8 gelas air dalam sehari, dan juga batasi asupan mengonsumsi protein hewani serta garam agar dapat mengurangi risiko terkena batu ginjal.

Rajin minum air putih diketahui dapat juga membantu untuk menghilangkan racun yang ada pada dalam tubuh. Sehingga anda pun dapat terhindar dari berbagai penyakit yang lain.

3. Meminum Obat untuk Pereda Nyeri

Anda juga dapat meminum obat untuk pereda nyeri yang biasa dijual bebas, misalnya obat ibuprofen (Advil, Motrin) ataupun obat acetaminophen (Tylenol) yang diketahui dapat membantu kurangi sakit perut sebelah kanan bawah sampai ke pinggang 

Jangan lupa juga anda perlu sering konsultasi dengan dokter jika memang ingin menggunakan obat yang dapat menghilangkan rasa sakit secara teratur. Dikarenakan jika mengkonsumsi obat yang tidak sesuai arahan dari dokter nantinya malah dapat menimbulkan masalah kesehatan buruk yang lain.

4. Sering Menjaga Kebersihan pada Area Intim

Jangan lupa untuk rajin menjaga dan membersihkan area intim dari depan sampai belakang agar bisa mencegah bakteri dari usus besar dapat masuk pada saluran kemih yang nantinya malah dapat menyebabkan infeksi.

Abda juga perlu pastikan untuk selalu menjaga kebersihan ketika sedang memakai toilet umum. Abda dapat membersihkan bagian permukaan dari toilet dengan memakai toilet sanitizer agar bisa lebih terhindar dari adanya kuman maupun bakteri.

5. Selalu Menjaga Postur Tubuh ketika Mengangkat Barang

Anda bisa mencoba melatih teknik dalam pengangkatan barang yang benar. Angkatlah barang dengan menekuk lutut pada posisi jongkok, dan kemudian pegang beban pada sekitar dada.

Dikarenakan postur tubuh yang salah nantinya malah bisa menyebabkan saraf anda kejepit dan berakhir menimbulkan rasa sakit pada pinggang.

6. Rajin Melakukan Stretching

Bisa juga anda mencoba untuk meluangkan beberapa menit setiap hari yang dapat membantu meregangkan otot anda yang tegang.

Anda tentu dapat melakukan stretching atau peregangan otot paling tidak 15 menit setiap pagi supaya otot anda selalu terjaga dan juga dapat terhindar dari resiko sakit pinggang pada sebelah kanan.

Datangi dan konsul dengan dokter jika anda memang khawatir tentang sakit perut sebelah kanan bawah sampai ke pinggang yang dialami atau jika rasa sakit tersebut semakin parah dan memengaruhi kehidupan sehari-hari.

Share

Latest Articles

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Kenali 10 Penyebab Sering Lupa yang Sering Dialami Generasi Muda

Kenali Ciri Ciri Depresi dari Aspek Psikologi dan Fisik

Begini Cara Cepat Hamil Setelah Menikah Bersama Pasangan

10 Rekomendasi Body Lotion untuk Bayi yang Aman dan Bebas Bahan Berbahaya untuk Bayi

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

Article Category