Health

Keturunan Diabetes Bisa Cegah Dengan Mengubah Pola Hidup Sejak Dini

By Natural Farm |

Telah banyak orang tahu bahwa keturunan diabetes memiliki potensi tercepat dalam kemunculan gejala diabetes dimana semua pola makan yang tertata bisa berpeluang tinggi. Namun, tidak semua keturunan diabetes selalu akan mengalami hal yang sama dengan nenek moyang atau orang tuanya asalkan bisa mengubah dan mengendalikan makanan dan pola hidupnya.

Ini Dia Cara Mencegah Diabetes Bagi Anda Yang Memiliki Faktor Genetik

1. Makan nasi dengan porsi 3:1 dengan sayuran

Anda bisa makan nasi dengan perbandingan 3:1 yakni 1 centong nasi dengan 3 sendok besar sayuran, mungkin akan terasa lebih cepat lapar. Di sela-sela rasa lapar tersebut, Anda bisa ngemil kentang, ubi talas atau buah agar tubuh tidak terlampau lemas. 

2. Seringlah puasa 

Puasa akan menjaga insulin dalam kadar yang tidak ekstra lekas habis ya, selain itu puasa menjadikan Anda lebih tertata organ pencernaannya karena makan dan tidur telah terpola dengan baik. Puasa bisa dilakukan selang seling atau seminggu 2 hingga 3 kali. 

3. Jangan banyak bersinggungan dengan makanan manis  

Boleh makan manis tapi ala kadarnya dan usahakan tidak segala makanan harus selalu manis, mungkin ada yang bilang jika nantinya dibakar menjadi tenaga tetapi khusus untuk keturunan sebaiknya batasi. Misalnya, banyak minum air putih, jika ingin minum kopi buatlah kopi atau teh pahit. 

4. Jedakan waktu makan dengan waktu tidur 

Jeda waktu makan yang baik untuk persiapan tidur adalah 2 jam setelah selesai makan. Selama selesai makan tersebut Anda jangan ngemil. Usahakan mengambil kegiatan seperti jalan kaki, menyapu, atau lainnya agar glukosa darah cepat terbakar menjadi tenaga.

5. Kelola emosi 

Banyak yang sensitif dengan faktor stress pikiran sehingga memicu kadar gula cepat tinggi. Memang tidak mudah untuk mengendalikan emosi tetapi mencoba belajar agar saat strees dan pikiran mulai naik Anda turunkan dengan sebuah hiburan yang lebih positif. Untuk faktor keturunan diabetes, diperlukan ketelatenan dalam mengelola semua kondisi tubuh dimana psikis dan fisik. Ingat bahwa faktor genetik akan cepat tersinggung dengan gula tinggi ketika Anda sedikit lalai mengontrol gula darah.

6. Olahraga dengan teratur 

Setelah makan bisa lakukan olahraga teratur yakni dengan berjalan kaki 1000 langkah setiap hari akan memperkuat otot kaki dan mengurangi timbunan lemak. Selain itu, kadar gula Anda juga lebih cepat terbakar sehingga insulin yang dihasilkan tidak terlalu banyak. 

6 cara mencegah diabetes khusus faktor keturunan bisa dilakukan di atas, Anda bisa mulai saat usia remaja minimal dengan banyak olahraga dan batasi makanan manis. Disiplinkan dengan istirahat yang baik dalam sehari, misalnya mulai jam 21.00 hingga 05.00.

Share

Latest Articles

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Kenali 10 Penyebab Sering Lupa yang Sering Dialami Generasi Muda

Kenali Ciri Ciri Depresi dari Aspek Psikologi dan Fisik

Begini Cara Cepat Hamil Setelah Menikah Bersama Pasangan

10 Rekomendasi Body Lotion untuk Bayi yang Aman dan Bebas Bahan Berbahaya untuk Bayi

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

Article Category