Lifestyle

5 Alasan Kenapa Madu Manuka Dibilang “Madu Unik”

Madu bisa dibilang menjadi salah satu alternatif makanan alami yang dikonsumsi selama pandemi karena dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Pada dasarnya madu sendiri memang sudah dikenal mempunyai berbagai manfaat, terutama untuk kesehatan. Ditambah dengan rasanya yang manis, tak heran jika madu ini bisa menjadi favorit alternatif banyak orang untuk menunjang kesehatan. 

Seperti yang kita tahu, madu yang dikhususkan untuk kesehatan mempunyai jenis yang berbeda-beda. Di Indonesia saja ada beberapa jenis yang populer, di antaranya madu Akasia, Eukaliptus, Hutan Sumatera, Karet, Kapuk Randu, dan yang terakhir Manuka. Khusus madu Manuka ini, walaupun mempunyai harga yang bisa dibilang berkali-kali lipat dari madu biasa atau lainnya, untuk urusan khasiatnya jangan ditanyakan lagi. Tentunya untuk urusan kesehatan  madu Manuka mempunyai berbagai manfaat.

Nah jika sebelumnya kita sudah menjelaskan tentang bagaimana manfaat madu Manuka untuk kesehatan, di artikel kali ini kita akan berikan informasi mengapa madu Manuka ini dianggap madu yang sangat unik. Penasaran? Kamu bisa baca ulasan lengkapnya di bawah ini.

 

Alasan Kenapa Madu Manuka “Unik”

Sebagai informasi tambahan untuk kamu, madu Manuka ini merupakan hasil olahan dari pohon Manuka yang berasal dari Selandia Baru. Sementara ada data yang menyebutkan bahwa di Selandia Baru setidaknya memiliki 9.282 peternak lebah resmi yang telah terdaftar kredibilitasnya. Peternak di sana mayoritas mengabadikan waktu dan keahliannya untuk merawat kesehatan lebah serta lingkungannya. Kemudian di sana juga didukung dengan kondisi tanah, iklim, dan teknologi yang selalu diperhatikan dengan baik sehingga bisa tetap menjaga kualitas madunya. Terakhir, Selandia Baru merupakan satu-satunya negara di dunia yang memiliki definisi madu Manuka formal dan ilmiah yang diawasi langsung oleh Kementrian Industri Primer. Jadi seluruh madu Manuka yang diekspor sudah diuji kualitasnya.

Sudah terbayang bukan bagaimana madu ini bisa dibilang menjadi salah satu madu berkualitas tinggi? Nah bukan hanya berkualitas dan bermanfaat, madu Manuka ini juga mempunyai berbagai keunikan yang istimewa lho. Semua keunikannya sudah dirangkum di ulasan berikut ini.

  1. Madu Manuka mempunyai kandungan yang tidak dimiliki oleh madu lain.
    Pada dasarnya semua madu mempunya peroksida alami di dalamnya. Namun, perlu kamu tahu bahwa madu Manuka adalah satu-satunya madu yang mengandung senyawa antibakteri peroksida dan non peroksida atau methylglyoxal (MGO). MGO ini merupakan senyawa kunci yang dihubungkan dengan keefektifan madu yang bisa memberikan manfaat untuk berbagai penyembuhan luka, termasuk luka fisik hingga luka bakar.  

    Selain kandungan MGO, madu manuka juga mempunyai Unique Manuka Factor (UMF) sebagai salah satu indikator kemurnian dari madu Manuka. UMF ini sendiri adalah standarisasi internasional yang diberikan pada madu manuka yang menjamin kemurnian dan kualitasnya. Madu manuka yang tidak memiliki label UMF berarti belum dapat dibuktikan kemurnian dan kualitasnya. UMF ini juga memiliki angka seperti UMF5+, UMF10+ , hingga UMF20+. Untuk UMF dengan nilai 10+ ke atas, biasanya dikhususkan sebagai terapeutik pengobatan. 
     
  2. Madu khusus untuk mengobati pencernaan
    Dilansir dari Chinese Pharmacopoeia, madu itu memiliki sejarang panjang di dunia pengobatan tradisional yang berfungsi untuk mendukung kenyamanan pencernaan, terutama pada bagian usus. Sementara beberapa penelitian pun juga sudah dilakukan sampai saat ini, hasilnya juga menunjukkan bahwa madu Manuka dapat mengurangi peradangan usus. Ini semua terjadi karena madu Manuka mengandung oligosakarida dengan tingkat 5-10%, lebih tinggi jika dibandingkan dengan madu lain. Oligosakarida ini sendiri merupakan karbohidrat yang tidak dapat dicerna dan dimaksudkan bisa sebagai fungsi prebiotik, sehingga prebiotik ini nanti bisa mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus yang menjaga sistem pencernaan tetap sehat.

    Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa madu Manuka dapat menghambat spesies bakteri yang dapat bertahan terhadap antibiotik seperti  Methicillin-resistant Staphylococcus Aureus (MRSA) and Multidrug-resistant Pseudomonas Aeruginosa. Dengan begini, madu Manuka bisa bantu melawan infeksi tertentu melalui proses antimikroba di madu Manuka yang multifaktorial sehingga bakteri sulit berkembang.

    Terakhir ada uji klinis yang melibatkan 300 anak yang berusia antara 1 sampai 5 tahun. Terbukti bahwa madu Manuka dapat mengurangi risiko parahnya batuk di malam hari, sehingga berimbas baik pada kualitas tidur si Kecil. Tak heran jika melihat Madu Manuka dijadikan sebagai obat alternatif rumahan yang biasanya digunakan untuk meredakan batuk dan sakit tenggorokan. Selain itu, madu Manuka juga memberikan efek menenangkan dan meredakan tenggorokan yang tidak nyaman melalui hasil dari penghambatan pada enzim inflamasi Myeloperoxidase (MPO). The Center for Disease Control and Prevention (CDC) di Amerika Serikat dan the National Institute for Clinical Excellence (NICE) di Inggris merekomendasikan madu sebagai pengobatan prioritas untuk batuk dan sakit tenggorokan akut pada orang dewasa atau anak-anak.
     
  3. Lebah hanya memiliki waktu yang sebentar untuk mengumpulkan nektar dari bunga Manuka
    Perlu kamu tahu, lebah hanya membutuhkan rentan waktu 2 sampai 6 minggu setiap tahunnya untuk mengumpulkan nektar dari bunga Manuka yang kemudian diubah menjadi madu. Bunga Manuka biasanya mekar dalam waktu yang singkat sekitar bulan November setiap tahun. Sementara sarang juga harus ditempatkan di daerah yang berlimpah dengan bunga Manuka asli di beberapa bagian Selandia Baru yang terpencil serta tak terjamah manusia umum. Bahkan lokasinya hanya bisa diakses hanya dengan menggunakan helikopter. Kemudian lokasi tersebut juga harus didukung dengan cuaca yang optimal untuk memungkinkan lebah dalam mengumpulkan nektar. 
     
  4. Madu yang paling banyak diteliti di dunia
    Madu Manuka bisa dibilang menjadi salah satu madu yang paling sering dijadikan objek oleh para peneliti. Sejauh ini madu Manuka sudah memiliki 9.000 makalah ilmiah yang sudah diterbitkan di seluruh dunia. Tak hanya sebagai objek penelitian, bahkan ada banyak rumah sakit dan klinik yang menggunakan madu Manuka ini sebagai perawatan luka dan juga untuk pengaplikasian topikal, obat yang biasanya hanya dipakai untuk pemakaian luar atau dioleskan.
     
  5. Rasa, tekstur, dan warna yang beda dari madu lainnya.
    Walaupun dikenal menjadi obat yang berkhasiat, madu Manuka ini tetap memiliki rasa manis madu yang sangat lezat. Kemudian yang perlu kamu tahu, setiap jumlah UMF yang berbeda-beda, madu Manuka juga memiliki lebih banyak warna serta intensitas rasa yang juga berbeda-beda. Dari segi warna juga madu Manuka ini hampir sama seperti anggur, madu ini bisa tumbuh dalam rasa dan bisa menjadi gelap seiring berjalannya waktu. Kemudian dari teksturnya, madu satu ini memiliki tekstur yang creamy atau bisa dibilang lebih kental dari madu lain. Inilah yang menjadi alasan banyak orang yang suka mengonsumsi madu Manuka selalu dengan sendok dan dijadikan seperti ritual sehari-hari.

Nah baru saja kita menjelaskan betapa uniknya madu Manuka. Apakah kamu mulai tertarik untuk mencoba madu satu ini? Tenang! Kamu tak perlu jauh-jauh ke Selandia Baru untuk mendapatkannya, karena kamu bisa membeli madu Manuka berkualitas di Natural Farm.