Health

7 Manfaat Echinacea dan Rekomendasi Produk Terbaik

Echinacea adalah obat herbal yang memiliki kandungan ekstrak Echinaceae Radix (akar ekinase) sebagai zat aktifnya. Echinacea juga merupakan tanaman berbunga yang banyak tumbuh di Eropa dan Amerika Utara. Di Amerika, Echinacea merupakan salah satu herbal yang paling populer hingga saat ini. Sehingga echinacea disebut Native American. Ciri tumbuhan ini adalah bunganya yang seperti duri landak marah.

Echinacea biasanya dikonsumsi dalam bentuk teh. Namun, ramuan bunga ini sekarang bisa juga ditemukan dalam bentuk suplemen dan ekstrak cair. Dari berbagai spesies echinacea, terdapat 2 jenis echinacea yang sering digunakan untuk pengobatan, yaitu Echinacea purpurea dan Echinacea angustifolia. Kedua jenis echinacea ini sangat kaya akan senyawa bioaktif yang bersifat sebagai antioksidan dan antiinflamasi.

 

Ragam Manfaat Echinacea untuk Kesehatan

Berkat kandungan tersebut, ada beragam manfaat echinacea yang bisa kita dapatkan, di antaranya:

  1. Melancarkan pencernaan
    Echinacea juga bermanfaat sebagai obat pencahar alami untuk mengatasi sembelit. Anda dapat mencoba mengonsumsi satu cangkir teh herbal echinacea setiap harinya untuk melancarkan pencernaan. Jangan meminum teh herbal echinacea lebih dari dua cangkir per harinya.
  2. Menangkal radikal bebas
    Echinacea memiliki aktivitas antioksidan yang sangat kuat berkat kandungan beragam senyawa bioaktif di dalamnya. Antioksidan ini sangat diperlukan tubuh untuk menangkal peradangan dan efek radikal bebas yang berisiko merusak sel-sel tubuh dan memicu terjadinya berbagai masalah kesehatan, mulai dari sariawan hingga kanker.
  3. Mengobati pilek dan flu
    Echinacea sudah lama dikenal sebagai tanaman yang mampu mencegah serta mempercepat penyembuhan pilek dan flu. Hal ini dikarenakan echinacea mampu memperkuat daya tahan tubuh, sehingga tubuh mampu melawan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus, seperti pilek dan flu.
  4. Mengatasi masalah kulit
    Meski belum dibuktikan pada kulit manusia, para ahli menemukan bahwa echinacea memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang baik dalam menekan pertumbuhan Propionibacterium acnes, yaitu bakteri pemicu jerawat. Tak hanya itu, produk krim perawatan kulit yang mengandung echinacea juga diketahui dapat meningkatkan kelembapan kulit, mengurangi kerutan, serta mengatasi gejala eksim.
  5. Mengurangi kecemasan
    Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa echinacea juga berpotensi dalam mengurangi kecemasan. Hal ini bisa terjadi karena tanaman echinacea, terutama jenis Echinacea angustifolia, mengandung beragam senyawa yang diduga dapat mengurangi perasaan cemas, seperti alkamida, asam rosmarinat, dan asam kafeat.
  6. Mengendalikan kadar gula darah
    Dalam sebuah studi, ekstrak Echinacea purpurea terbukti dapat menekan enzim yang mencerna karbohidrat menjadi gula. Dengan kemampuan ini, echinacea diduga dapat mengurangi penyerapan gula di usus, sehingga gula darah pun berkurang. Tak hanya sampai di situ, dalam penelitian lainnya ditemukan bahwa ekstrak echinacea juga dapat meningkatkan kerja insulin pada sel-sel tubuh, sehingga gula yang ada di dalam darah bisa terkontrol dengan optimal.
  7. Mengurangi peradangan
    Timbulnya peradangan dalam tubuh mengindikasikan bahwa tubuh sedang melawan penyakit tertentu yang menyerang. Namun, peradangan berlebih justru dapat memicu gangguan kronis yang berbahaya bagi tubuh. Ternyata, studi pada tikus menemukan bahwa tanaman echinacea dapat mengurangi peradangan yang dapat memicu hilangnya memori. Bahkan, beberapa orang yang tidak cocok dengan obat antinyeri NSAID merasa lebih baik setelah mengonsumsi suplemen ekstrak echinacea.

Selain yang telah disebutkan di atas, masih ada beberapa manfaat echinacea untuk kesehatan, mulai dari mengobati infeksi telinga (otitis media), radang amandel (tonsilitis), peradangan lapisan tengah mata (uveitis), hingga membantu mencegah penyebaran sel kanker.

Beberapa dari manfaat tersebut masih perlu dibuktikan dengan penelitian dan uji klinis yang terpercaya. Selain itu, beberapa orang mungkin bisa mengalami efek samping echinacea, mulai dari demam, mual, diare, sakit perut, pusing, sakit kepala, hingga ruam dan gatal-gatal pada kulit.

Oleh karena itu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jika Anda ingin menggunakan echinacea sebagai obat. Hal ini sangat penting untuk mengetahui efektivitas dan keamanan echinacea terhadap kondisi yang Anda alami.

 

Rekomendasi Suplemen Ekstrak Echinacea untuk Meningkatkan Kesehatan

ChildLife Echinacea 1 fl.Oz

ChildLife Echinacea mengandung ekstrak Echinacea angustifolia dan Echinacea purpurea merupakan bentuk echinacea yang paling kuat dan dapat diserap tubuh dengan baik. Penggunaan echinacea untuk anak-anak telah diteliti kemampuannya untuk meningkatkan dan mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat. ChildLife Echinacea dalam bentuk cair dengan rasa jeruk yang akan disukai anak-anak.

Produk ini berbentuk cair sehingga mudah dikonsumsi dan diserap tubuh, Non GMO, tidak mengandung gluten, alkohol, perasa, pewarna, dan pemanis buatan, tidak mengandung bahan pengisi, susu, ikan, telur, kedelai, kacang tanah, gandum, jagung, kasein dan ragi.

Manfaat produk ini adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.
  • Penggunaan secara berkala dapat memberikan perlindungan ekstra yang diperlukan bagi anak untuk mencegah penyakit & infeksi
  • Membantu pemulihan saat menghadapi masa sakit
  • Sangat ampuh untuk membantu menyembuhkan di saat flu dan pilek

 

Wellness Echinacea + Vitamin C 30 Capsules

Mengkombinasikan Echinacea dengan vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap bakteri dan virus. Wellness Echinacea + Vitamin C mengandung 250 mg Echinacea Extract dan 150 mg Vitamin C, Selain itu, menggunakan bahan baku alami, tanpa zat kimia, pengawet dan pewarna.

Produk ini memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap bakteri dan virus
  • Sangat baik dikonsumsi untuk mengatasi pilek, flu, sakit tenggorokan, berbagai infeksi dan membantu mempercepat penyembuhan luka
  • Dari riset diketahui echinacea dapat meningkatkan dan menstabilkan jumlah sel darah merah, mencegah berulangnya infeksi akibat jamur Candida albicans & menekan pertumbuhan Trichomonas vaginalitas penyebab keputihan
  • Manfaat lainnya sebagai anti kanker, antibiotik alami dan membantu mengatasi peradangan (termasuk radang di mulut)
  • Vitamin C juga membantu mengurangi hormone stress (biasanya pada saat daya tahan tubuh melemah, tubuh akan mengalami stress), sehingga efektif dalam menunjang kerja Echinacea.

 

Natures Health Echinacea 30 Capsules

Echinacea adalah kelompok tanaman berbunga yang digunakan sebagai obat herbal populer. Dengan memiliki manfaat kesehatan, seperti mengurangi peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Natures Health Echinacea ini mengandung 250 mg Echinacea Extract perkapsulnya. Selain itu Menggunakan sistem Standardized Extract Formula yg menghasilkan konsentrat bahan alami yang tepat dan stabil sehingga dosis dan kualitas produk terjamin dan enggunakan bahan baku 100% alamiah tanpa zat kimia, pewarna maupun pengawet.

Produk ini memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Echinacea sarat dengan senyawa aktif yang berfungsi sebagai antioksidan
  • Membantu memperbaiki daya tahan tubuh
  • Membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap bakteri & virus, sangat baik dikonsumsi untuk mengatasi pilek, flu, sakit tenggorokan, berbagai infeksi dan membantu mempercepat penyembuhan luka
  • Membantu  menekan pertumbuhan jamur  penyebab keputihan
  • Manfaat lainnya sebagai anti kanker, antibiotik alami dan membantu mengatasi peradangan (termasuk radang di mulut)
  • Membantu mengurangi kecemasan