Health

Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah

By Erwin |

Lidah buaya merupakan tanaman yang memiliki beberapa manfaat. Karena tanaman ini juga dikenal dapat meningkatkan kesehatan kulit wajah, maka tanaman ini sering dimanfaatkan sebagai salah satu bahan produk kecantikan. Salah satu manfaat lidah buaya untuk wajah adalah membantu menghaluskan dan mencerahkan kulit. Yuk simak manfaat lidah buaya untuk wajah secara detail pada ulasan berikut ini.

Kandungan pada Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tumbuhan berwarna hijau tanpa tulang dan berdaging tebal yang berbentuk gel. Kandungan bahan aktif dalam bahan ini memberikan segudang manfaat. Karena mengandung asam folat, kolin, vitamin A, C, B12, dan E, mineral, potassium, kalsium, magnesium, dan garam, lidah buaya sering digunakan sebagai komponen dasar dalam produk kosmetik.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah

Lidah buaya disebut-sebut memberikan dampak baik bagi wajah karena kaya akan nutrisi, mulai dari antioksidan hingga mineral. Berikut beberapa manfaat lidah buaya yang perlu Anda pelajari.

1. Mempercepat Penyembuhan Kulit

Karena kandungan kalsium dan antioksidannya, lidah buaya mampu membantu penyembuhan luka kulit dengan mempercepat pembelahan sel keratinosit dan memperkuat jaringan kulit. Oleskan gel lidah buaya pada area luka, biarkan hingga kering, lalu bilas wajah hingga bersih.

2. Meredakan Peradangan Kulit

Perlu disebutkan bahwa lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat digunakan untuk mengobati kondisi kulit yang disebabkan oleh peradangan, seperti jerawat, eksim, psoriasis, dan sengatan matahari. Selain itu, konsentrasi polifenol lidah buaya dan zat lainnya dapat menghambat perkembangan bakteri penyebab jerawat.

3. Menghaluskan Kulit pada Wajah

Salah satu manfaat lidah buaya adalah membuat kulit wajah terasa lebih halus. Alasan dibalik hal ini adalah kemampuan lidah buaya untuk mendorong pembelahan sel keratinosit juga dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit yang telah mati dan menggantinya dengan sel-sel kulit yang lebih baru dan lebih sehat.

4. Menjaga Kulit Tetap Lembab

Menjaga kelembaban kulit merupakan salah satu aspek terpenting untuk memiliki kulit yang baik. Dalam hal ini, lidah buaya mengandung polisakarida dan sterol yang membantu menjaga kelembaban kulit wajah. Menjaga hidrasi kulit mengurangi kemungkinan terjadinya kerusakan pada kulit.

5. Menangkal Efek Samping Radikal Bebas

Vitamin A, C, dan E pada lidah buaya tampaknya berfungsi sebagai antioksidan, menangkal efek radikal bebas akibat paparan sinar matahari, polusi, atau asap pada wajah.

6. Memperlambat Penuaan

Khasiat lain dari lidah buaya adalah dapat membantu mengurangi proses penuaan seperti kulit keriput. Alasan dibalik ini adalah karena lidah buaya mempunyai kapasitas untuk meningkatkan sintesis kolagen. Ketika kebutuhan kolagen terpenuhi, kekenyalan kulit tetap terjaga, dan wajah tampak lebih sehat dan awet muda.

7. Mencerahkan Kulit Wajah

Khasiat lidah buaya untuk wajah antara lain kemampuannya menyembuhkan kulit kering dan mencerahkan kulit. Dalam kasus ini, lidah buaya membantu menjaga kulit tetap terhidrasi. Hasilnya, kulit kering dan kusam akan menjadi lembab dan cerah.

Share

Latest Articles

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Kenali 10 Penyebab Sering Lupa yang Sering Dialami Generasi Muda

Kenali Ciri Ciri Depresi dari Aspek Psikologi dan Fisik

Begini Cara Cepat Hamil Setelah Menikah Bersama Pasangan

10 Rekomendasi Body Lotion untuk Bayi yang Aman dan Bebas Bahan Berbahaya untuk Bayi

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

Article Category