Health

Manfaat Tersembunyi Echinacea yang Jarang Diketahui

By Glausul Fiqriah |

Echinacea (Echinacea purpurea) tak hanya dikenal sebagai tanaman yang cantik. Tumbuhan dengan bunga berwarna ungu muda ini juga digadang-gadang memiliki khasiat bagi kesehatan. Untuk membuktikannya, simak berbagai manfaat echinacea berikut ini.

Apa itu echinacea?

Echinacea adalah sejenis tanaman herbal yang berasal dari Amerika Utara. Tanaman ini dikenal juga dengan nama bunga coneflower karena bentuk bunganya yang menyerupai kerucut. Echinacea telah lama digunakan oleh suku asli Amerika sebagai obat tradisional untuk berbagai tujuan kesehatan.

Echinacea dikenal terutama karena kemampuannya dalam merangsang sistem kekebalan tubuh, membuatnya menjadi populer sebagai obat pendukung untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi dan penyakit. Selain itu, echinacea juga dianggap memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan.

Oleh karena itu, bagian-bagian tertentu dari tanaman echinacea, seperti akar, daun, dan bunga, telah digunakan untuk tujuan pengobatan dan dianggap memiliki sifat-sifat yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Echinacea sering dikonsumsi dalam bentuk suplemen herbal, teh, kapsul, ekstrak cair, dan salep.

Manfaat echinacea bagi kesehatan

Berbagai penelitian telah dilakukan untuk mengungkap potensi manfaat kesehatan dari echinacea. Berikut adalah beberapa manfaat potensial echinacea bagi kesehatan:

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh: Echinacea telah lama digunakan sebagai pendukung sistem kekebalan tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa echinacea dapat merangsang aktivitas sel-sel kekebalan, seperti sel-sel T dan makrofag, yang membantu melawan infeksi.
  2. Mengatasi Infeksi Saluran Pernapasan: Echinacea dapat membantu mengurangi gejala infeksi saluran pernapasan atas, seperti pilek, flu, dan batuk. Beberapa studi menunjukkan bahwa penggunaan echinacea dapat mengurangi durasi dan keparahan gejala infeksi pernapasan.
  3. Mengurangi Gejala PMS: Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa ekstrak echinacea dapat membantu mengurangi gejala sindrom pramenstruasi (PMS), seperti nyeri perut dan perubahan suasana hati pada wanita.
  4. Antiinflamasi: Senyawa-senyawa dalam echinacea memiliki sifat antiinflamasi, yang dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh. Ini dapat berguna dalam mengurangi risiko penyakit kronis terkait peradangan, seperti arthritis.
  5. Pengobatan Luka dan Luka Bakar: Echinacea digunakan dalam bentuk krim atau salep untuk membantu penyembuhan luka dan luka bakar, dengan potensi meredakan peradangan dan merangsang pertumbuhan jaringan baru.
  6. Mengurangi Risiko Stres Oksidatif: Senyawa antioksidan dalam echinacea dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh stres oksidatif dan radikal bebas.
  7. Mengelola Diabetes: Studi awal menunjukkan bahwa echinacea mungkin memiliki potensi dalam mengatur kadar gula darah pada penderita diabetes. Namun, perlu penelitian lebih lanjut untuk memahami efek ini secara lebih mendalam.
  8. Mengurangi Gejala Alergi: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi echinacea dapat membantu meredakan gejala alergi, seperti hidung berair dan mata gatal.
  9. Mendukung Kesehatan Jantung: Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa echinacea dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit kardiovaskular, seperti peradangan dan stres oksidatif.

Dengan banyaknya manfaat dari echinacea, maka tidak heran jika banyak suplemen yang berbahan dasar tumbuhan ini. Beberapa suplemen echinacea yang mudah dijumpai dan aman digunakan yaitu:

  • Natures Health Echinacea
    Setiap kapsulnya mengandung 250 mg ekstrak echinacea dan diproduksi menggunakan sistem Standardized Extract Formula yang menghasilkan konsentrat bahan alami yang tepat dan stabil sehingga dosis dan kualitas produk terjamin.
  • Wellness Echinacea + Vitamin C
    Produk ini mengkombinasikan echinacea dengan vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap bakteri dan virus. Setiap 1 kapsul mengandung 250 mg ekstrak echinacea dan 150 mg vitamin C dan diproduksi menggunakan bahan baku alami, tanpa zat kimia, pengawet dan pewarna sehingga aman untuk dikonsumsi.
  • ChildLife Echinacea
    ChildLife echinacea mengandung ekstrak echinacea angustifolia dan echinacea purpurea yang merupakan bentuk echinacea paling kuat dan dapat diserap tubuh dengan baik. Penggunaan produk ini juga dikhususkan untuk anak anak sehingga diproduksi dalam bentuk sediaan cair agar mudah dikonsumsi dan diserap oleh tubuh.

Share

Trending Article

Ini 10 Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Article Category