Health

Mari Coba Beberapa Cara Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari

By Erwin |

Anda mungkin pernah merasa lelah dan ngantuk di pagi hari, padahal malamnya sudah tidur cukup.

Banyak yang percaya cara agar tidak ngantuk di pagi hari adalah dengan minum kopi. Padahal, kafein bisa sebabkan cemas, gelisah, serta buang air kecil berlebihan. 

Lalu, bagaimana cara hilangkan ngantuk saat pagi hari? 

Penyebab-Penyebab Ngantuk di Pagi Hari

  • Paparan blue light dari gadget yang ganggu siklus tidur-bangun ataupun irama sirkadian sehingga sulit untuk tidur nyenyak. 
  • Kasur tidak tepat dapat sebabkan badan terasa kaku dan pegal-pegal ketika bangun. 
  • Gaya hidup yang jarang bergerak aktif.
  • Konsumsi kafein
  • Konsumsi alkohol
  • Dehidrasi
  • Efek samping obat
  • Penyakit tertentu, seperti gangguan tidur. 

Cara Hilangkan Ngantuk Saat Pagi Hari

Ada banyak cara agar tidak ngantuk di pagi hari yang dapat Anda lakukan selain meminum kopi. Beberapa cara berikut dianggap lebih menyenangkan serta baik bagi kesehatan. Mari simak!

  • Cobalah 90-Minute Sleep Cycle

Salah satu cara hilangkan ngantuk yang cukup sehat adalah dengan penerapan siklus tidur 90 menit dengan menyalakan dua alarm. Satu alarm untuk 90 menit sebelum Anda ingin benar-benar bangun. Lalu, pasang satu alarm lagi pada waktu Anda siap untuk bangun. Tidur 90 menit antara penundaan akan jadi siklus tidur yang baik sekali serta memungkinkan Anda untuk bangun setelah Rapid Eye Movement (REM). 

  • Meminum Segelas Air Ketika Bangun Tidur

Kelelahan adalah gejala klasik dehidrasi, bahkan kasus yang ringan juga bisa memicu perasaan kantuk, gangguan mood, dan perubahan kemampuan kognitif. Minum satu gelas air bisa segarkan seluruh tubuh Anda sebelum mulai aktivitas.

Jika Anda merasa masih tak dapat hilangkan kelesuan pada pagi hari, coba menambah asupan air serta minuman non-kafein lain sepanjang hari. 

  • Lakukan Peregangan Ketika Bangun Pagi

Melakukan peregangan adalah salah satu cara agar tidak ngantuk di pagi hari. Berbagai gerakan peregangan yang dilakukan setelah bangun tidur di pagi hari bisa mengaktifkan lagi otot-otot kaku ketika tidur di malam hari. Peregangan saat pagi hari bisa lepaskan endorfin yang rangsang energi. 

Tak hanya itu, Anda pun dapat meluangkan waktu kurang lebih 25 menit untuk lakukan yoga saat pagi hari. Kegiatan ini terbukti dapat tingkatkan energi serta fungsi otak. 

  • Mandi dengan Air Dingin

Mandi air dingin adalah cara hilangkan ngantuk di pagi hari lainnya. Cara ini bisa bantu perubahan suhu tubuh, sehingga lebih segar rasanya sepanjang hari. 

Jika Anda punya alergi air dingin, cobalah mulai dengan cuci muka. Cara ini bisa buat mata lebih terbuka pada pagi hari serta pelan-pelan membantu energi terisi. 

Begitulah beberapa cara agar tidak ngantuk saat pagi hari. Semoga membantu dan bermanfaat! 

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category