Mom & Kids

Cara Ampuh Melindungi Kesehatan Anak dari Efek Cuaca yang Ekstrem

By Natural Farm |

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan bahwa cuaca ekstrem di Indonesia masih akan terjadi hingga Februari 2023. Kesehatan menjadi salah satu dampak yang sangat dominan dari efek cuaca yang ekstrem ini, terutama pada anak-anak yang belum memiliki sistem kekebalan tubuh optimal. Sistem kekebalan tubuh anak dapat dijaga dengan berbagai macam hal, mulai dari mencukupi kebutuhan nutrisi lengkap hingga tetap rutin untuk berolahraga. Lantas, nutrisi seperti apa saja yang dibutuhkan agar anak tetap kuat walau diterpa cuaca yang ekstrem? Berikut Natural Farm telah merangkum penjelasannya untuk Natural Buddy semua. 

Hubungan Perubahan Cuaca Ekstrem Terhadap Daya Tahan Tubuh Anak

Salah satu masalah yang harus diwaspadai saat perubahan cuaca yang ekstrem adalah anak jadi mudah terkena flu. Perubahan cuaca umumnya terjadi ketika perubahan suhu dan kelembaban secara tiba-tiba. Anak-anak yang belum memiliki daya tahan tubuh sekuat orang dewasa, cenderung akan lebih rentan terserang penyakit akibat cuaca yang tidak menentu seperti saat ini. Cuaca yang berganti begitu cepat, memaksa tubuh untuk harus menyesuaikan diri dengan suhu sekitar dalam waktu yang cepat pula. Meningkatkan sistem imunitas penting untuk dilakukan karena perubahan cuaca juga mempengaruhi kondisi lingkungan dan kualitas air. Debu dan kotoran saat udara kering juga dapat menjadi pembawa penyakit. Hal ini yang mengakibatkan penyakit lebih mudah berkembang dibandingkan kondisi cuaca yang stabil. Adanya perubahan-perubahan seperti ini bisa mempengaruhi kondisi fisik anak, bahkan bisa menyebabkan daya tahan tubuhnya menurun drastis dan mudah untuk sakit.

nutrisi bagi anak

Langkah untuk Menjaga Anak dari Ancaman Penyakit Cuaca Ekstrem 

1. Penuhi kebutuhan nutrisi dengan makanan yang bergizi 

Salah satu cara yang dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh anak tetap optimal saat perubahan cuaca begitu ekstrem adalah memenuhi kebutuhan nutrisi agar tetap optimal. Komponen makanan yang harus dipenuhi yakni dengan memperbanyak konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Mengapa harus sayur dan buah? Alasannya karena sayur dan buah mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang mampu menunjang pembentukan imun tubuh dalam menangkal berbagai penyakit. 

Guna memenuhi kebutuhan vitamin E anak, Natural Buddy bisa memberikannya makanan yang kaya akan vitamin E, seperti bayam, brokoli, dan kacang-kacangan. Bagaimana dengan vitamin A? Bisa didapatkan dari makanan seperti wortel hati sapi, susu, paprika merah, hingga melon. Vitamin C bisa dipenuhi dari  jeruk, jambu, mangga, bayam, kangkung, brokoli, tomat, stroberi, delima, dan pepaya. Kebutuhan vitamin A, C, E, serta zinc pada anak dapat dipenuhi dengan rutin konsumsi ChildLife Multi Vitamin & Mineral yang mengandung 16 vitamin esensial. Kandungan lengkap dalam ChildLife Multi Vitamin & Mineral tentu bisa menjadi solusi untuk jaga kesehatan lebih optimal.  

Natural Buddy juga bisa memberikan omega 3 untuk  mengontrol peradangan di dalam tubuh. Omega 3 tidak dapat diproduksi secara mandiri dalam tubuh, oleh sebab itu Natural Buddy bisa memberikan Natures Health Omega Junior yang dikhususkan untuk anak-anak dengan rasa jeruk dan bentuk chewable. Mengandung asam lemak tak jenuh ganda yang baik dan penting untuk berbagai proses biologis dalam tubuh, menjaga kesehatan fisik dan mental yang optimal, serta jaga imunitas anak.

2. Ajak anak untuk olahraga secara rutin di rumah 

Langkah lainnya yang bisa dilakukan agar jaga daya tahan tubuh anak lebih optimal yakni dengan mengajak untuk rutin berolahraga setidaknya 30-45 menit setiap harinya. Olahraga mampu menguatkan daya tahan tubuh anak serta menguatkan otot dan tulangnya. Pilih olahraga yang menyenangkan untuk dilakukan bersama seperti bermain bola, bermain basket, renang atau sekadar kejar-kejaran, setidaknya dapat memicu anak untuk lebih aktif bergerak.

3. Mencukupi kebutuhan beristirahat 

Hal penting lainnya yang bisa Natural Buddy terapkan adalah mencukupi kebutuhan beristirahat anak. Bila kebutuhan nutrisi anak sudah terpenuhi dengan baik dan berolahraga secara rutin sudah dilakukan, waktu tidur anak juga tidak boleh luput dari perhatian orang tua. Waktu tidur ideal anak usia 3 – 5 tahun yaitu 10 – 13 jam setiap harinya, lalu untuk anak usia 6 – 13 tahun yaitu 9 – 11 jam setiap harinya. Hindari anak begadang, karena waktu tidur anak yang tidak tercukupi bisa menurunkan produksi sitokin yang bermanfaat menangkal infeksi dan radang.

4. Berikan Natures Plus Animal Parade Kids ImBooster sebagai double protection

Natures Plus Animal Parade Kids ImBooster dapat memberikan dukungan untuk sistem imunitas, yang dirancang khusus untuk kebutuhan nutrisi anak. Sistem imun penting untuk membantu tubuh melawan penyakit dan infeksi. Anak memiliki resiko lebih tinggi untuk terserang gangguan kesehatan dibandingkan dengan orang dewasa. Memiliki berbagai manfaat sebagai antioksidan untuk membantu melawan radikal bebas, membantu meningkatkan daya tahan tubuh, membantu mempercepat proses penyembuhan atau pemulihan, membantu meningkatkan stamina & tenaga, serta membantu menjaga kesehatan pencernaan. 

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Natural Buddy semua. Jangan lupa Happy Healthy Habits. Pantau terus media sosial Natural Farm di @naturalfarm.id dan website Natural Farm untuk tahu info dan promo menarik lainnya.

Share

Latest Articles

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Kenali 10 Penyebab Sering Lupa yang Sering Dialami Generasi Muda

Kenali Ciri Ciri Depresi dari Aspek Psikologi dan Fisik

Begini Cara Cepat Hamil Setelah Menikah Bersama Pasangan

10 Rekomendasi Body Lotion untuk Bayi yang Aman dan Bebas Bahan Berbahaya untuk Bayi

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

Article Category