Lifestyle

9 Langkah Sederhana untuk Memulai Hidup Sehat

By Angel |

Hai Natural Buddy! Menerapkan pola hidup yang sehat ternyata penting untuk melindungi diri dari beragam penyakit hingga jaga kesehatan mental. Pola hidup sehat bukan hanya berkaitan dengan makan makanan yang bernutrisi, namun juga berhubungan erat dengan kebiasaan berolahraga hingga kebiasaan tidur. Penasaran untuk pembahasan lebih lanjut terkait langkah sederhana apa saja yang dapat dilakukan untuk memulai hidup sehat? Yuk kita bahas lebih dalam secara bersama. Berikut Natural Farm telah merangkum penjelasannya untuk Natural Buddy semua. 

Mengapa Harus Memulai Hidup Sehat?

Rutinitas yang padat bisa saja berpengaruh terhadap pola makan, waktu tidur, hingga bisa menyebabkan stres. Oleh sebab itu, Natural Buddy disarankan untuk mulai menerapkan pola hidup yang sehat untuk menjaga kesehatan fisik dan mental secara bersama. Terdapat 8 langkah optimal yang bisa Natural Buddy lakukan. 

  1. Harus Tahu Bagaimana Kondisi Tubuh Saat Ini 
    Salah satu langkah yang harus Natural Buddy lakukan yakni memastikan bahwa kondisi tubuh baik dan terbebas dari penyakit berbahaya, alergi, hingga kelainan genetik. Melakukan medical check-up penting untuk dilakukan. Apakah Natural Buddy sudah pernah melakukan medical check-up?
     
  2. Jangan Lupa untuk Melakukan Aktivitas Fisik 
    Para ahli merekomendasikan setiap orang untuk berolahraga dengan durasi total minimal 150 menit setiap minggu untuk mengencangkan otot. Oleh karena itu, Natural Buddy wajib banget untuk mulai meluangkan waktu untuk berolahraga. Natural Buddy bisa memilih aktivitas yang menyenangkan dan tentunya menyehatkan. Tidak harus yang bersifat berat, olahraga ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, atau naik-turun tangga juga dapat dilakukan di sela kesibukan ya.
     
  3. Catat Makanan yang Dikonsumsi 
    Langkah selanjutnya yang harus dilakukan yakni mencatat makan apa saja yang dikonsumsi. Hal ini baik untuk dilakukan jika memiliki masalah berat badan atau kebiasaan pola makan tidak sehat. Natural Buddy bisa mencatat makanan yang dikonsumsi setiap harinya sehingga bermanfaat untuk mengontrol asupan makanan dan sebagai pengingat. Manfaat lainnya yang bisa didapatkan adalah mengurangi konsumsinya untuk menjaga tubuh lebih sehat.
    Natural Buddy juga disarankan untuk mengonsumsi beragam buah dan sayuran, setidaknya 4 porsi buah-buahan dan 5 porsi sayuran dalam sehari sebagai bagian dari pola hidup sehat. 
     
  4. Perhatikan Kehidupan Sosial dan Lingkungan Sekitar
    Hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah memperhatikan kehidupan bersosialisasi dan lingkungan sekitar. Lingkungan sosial bisa menjadi tempat Natural Buddy bertukar pikiran, berkeluh kesah, menemukan solusi, hingga menyampaikan opini. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk sekedar bercengkrama dengan orang terdekat.
     
  5. Hentikan Kebiasaan Buruk yang Tidak Bermanfaat 
    Kebiasaan buruk yang masih sering dilakukan adalah menerapkan gaya hidup tidak sehat, seperti merokok, bisa berdampak buruk terhadap kesehatan. Ada beragam penyakit yang dapat muncul akibat kebiasaan buruk ini, seperti penyakit jantung dan paru-paru, PPOK (penyakit paru obstruktif kronis), hingga kanker.

    cemilan tidak mengandung gluten
     
  6. Konsumsi Makanan yang Sehat dan Cukupi Kebutuhan Mineral 
    Hal penting lainnya yang harus Natural Buddy lakukan adalah mengonsumsi makanan sehat, seperti sayur dan buah secara teratur, guna mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Natural Buddy bisa mulai mengolah makanan sendiri sebagai salah satu upaya untuk menjaga kebersihan dan kesehatan makanan yang dikonsumsi. Selain itu, Natural Buddy juga disarankan untuk memenuhi kebutuhan cairan harian, dengan minum air putih setidaknya 6–8 gelas setiap harinya. Terpenuhinya cairan tubuh dapat menjaga fungsi seluruh organ dan mencegah berbagai penyakit, seperti dehidrasi dan konstipasi. Rekomendasi makanan sehat yang bisa Natural Buddy jadikan snack/makanan ringan yakni Chia Yo Healthy Cookies Gluten Free. Makanan sehat yang tidak mengandung gluten, baik dikonsumsi untuk penderita alergi gluten. Chia Yo Healthy Cookies Gluten Free mengandung tepung singkong modifikasi (tepung bebas gluten), kelapa parut kering, gula semut organik,  minyak kanola, pisang,  almond,  dan garam himalaya. Kabar baiknya makanan sehat ini bebas gluten. Tidak mengandung telur, rendah lemak, bebas kolesterol, dan rendah gula. Selain itu, juga tidak menggunakan bahan pengawet atau pewarna buatan. Terakhir ya, menggunakan bahan alami yang sehat dan segar. 
     
  7. Jangan Lupa Kelola Stres
    Stres merupakan hal yang sulit untuk dihindari. Namun, Natural Buddy bisa belajar mengelolanya dengan meluangkan waktu untuk rileks, baik dengan melakukan hobi atau melakukan meditasi. Mensyukuri hal-hal yang sudah dicapai dan miliki juga bisa membuat jiwa lebih tenang loh! Kesehatan mental juga bisa dijaga dengan rutin konsumsi vitamin E dari Nutriwell. Nutriwell Vitamin E 400 IU Water Soluble memiliki penyerapan yang lebih baik dibandingkan dengan vitamin E biasa. Memiliki manfaat untuk antioksidan (menangkal radikal bebas), memelihara kesehatan kulit dan anti aging (moisturizing skin), mengurangi gejala PMS, mencegah penyakit alzheimer, dan meningkatkan energi.
     
  8. Cukupi Waktu Istirahat 
    Terakhir, kunci untuk mewujudkan tubuh dan pikiran yang sehat adalah mengusahakan untuk tidur setidaknya 7–8 jam setiap malamnya dan bangun di jam yang sama. Terdengar mudah namun banyak sekali orang yang masih belum bisa konsisten dalam menjalaninya. Oleh karena itu, diperlukan disiplin dan komitmen yang kuat untuk menjalaninya. Dukungan orang terdekat juga untuk bisa membantu Natural Buddy menjalani pola hidup sehat ini.
    Semoga informasi ini bermanfaat untuk Natural Buddy semua. Jangan lupa Happy Healthy Habits. Pantau terus media sosial Natural Farm di @naturalfarm.id dan website Natural Farm untuk tahu info dan promo menarik lainnya.

Share

Latest Articles

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Kenali 10 Penyebab Sering Lupa yang Sering Dialami Generasi Muda

Kenali Ciri Ciri Depresi dari Aspek Psikologi dan Fisik

Begini Cara Cepat Hamil Setelah Menikah Bersama Pasangan

10 Rekomendasi Body Lotion untuk Bayi yang Aman dan Bebas Bahan Berbahaya untuk Bayi

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

Article Category