Health

Mengenal Efek Samping KB Suntik 3 Bulan untuk Dapat Meminimalkan

By Erwin |

Apa saja efek samping KB suntik 3 bulan yang perlu diketahui informasinya? Apakah Anda sudah mengetahuinya? Terutama Anda para wanita yang ingin mengikuti program Keluarga Berencana (KB) memang seharusnya mengetahuinya lebih detail.

Dengan mengetahuinya, Anda bisa mempertimbangkan dan memikirkan lagi untuk memilih metode KB tertentu. Hal itu dikarenakan tiap metode KB tentu ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Salah satunya KB suntik untuk 3 bulan.

Mengenal Efek Samping KB Suntik

KB suntik merupakan salah satu metode yang dapat diaplikasikan untuk pasangan subur. Tujuan utamanya adalah merencanakan program kehamilan, kelahiran, dan memiliki seorang anak. Seperti halnya slogan KB itu sendiri, yaitu dua anak cukup.

Oleh karenanya, banyak pasangan pengantin muda ingin berKB dengan tujuan tersebut. Salah satu metode KB khususnya dipakai oleh pihak wanita atau istri, yaitu suntik. Sementara itu, KB suntik juga mempunyai periode tertentu, seperti 3 bulan, 6 bulan, dan 1 tahun.

Anda yang ingin berKB suntik 3 bulan juga perlu mengetahui bahwa ada beberapa efek samping yang akan dirasakan atau dialami nantinya. Efek samping tersebut lebih bersifat negatif dan bisa jadi mengganggu aktifitas Anda keseharian.

Lalu, apa saja efek samping KB suntik 3 bulan yang dimaksud? Berikut informasinya yang semoga bermanfaat.

1. Perubahan Siklus Menstruasi

Salah satu efek negatif yang akan dialami oleh wanita saat mengikuti KB suntik 3 bulan. Siklus menstruasi yang biasanya rutin dan bisa diprediksi tanggalnya. Setelah berKB suntik, siklusnya menjadi tidak teratur dan sulit diprediksi tanggal kedatangannya.

2. Gairah Seksual Menurun

Setelah suntik KB 3 bulan, Anda akan merasakan gairah seksual menurun. Dalam artian, keinginan atau nafsu untuk berhubungan intim dengan pasangan tidak menggebu-gebu lagi. Dengan begitu, hubungan seksual bisa diminimalisir sehingga dapat berdampak pada proses biologisnya.

3. Berat Badan Naik

Anda juga perlu mengetahui bahwa efek samping KB suntik, yaitu menaikkan berat badan. Hal itu dikarenakan hormon yang disuntikkan ke dalam tubuh akan mempengaruhi sistem pencernaan tubuh, sehingga keinginan untuk makan semakin banyak serta meningkat.

4. Sering Sakit Perut Mendadak

Sakit perut tersebut disebabkan oleh hormon di dalam tubuhnya yang sedikit demi sedikit berubah, setelah melakukan suntik KB. Jika merasakan hampir setiap hari, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter.

Memilih KB Suntik yang Lebih Aman dan Nyaman

Sekali lagi, beragam metode KB pasti ada efek samping negatif yang akan dirasakan dan dialami oleh penggunanya. Mereka yang merasakan tentu saja pengguna metode KB tersebut, yaitu pria/suami atau wanita istri.

Begitu juga dengan metode KB suntik 3 bulan yang ternyata ada efek negatif yang pastinya dirasakan oleh pihak wanita. Jika seperti itu, Anda sebagai wanita dan ingin berKB sebaiknya mengkonsultasikan dulu dengan dokter, bidan, atau tenaga kesehatan terpercaya. Tujuannya adalah meminimalkan efek samping KB suntik 3 bulan agar lebih aman dan nyaman.

Share

Trending Article

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

5 Cara Menghilangkan Mata Panda yang Aman dan Efektif

Rekomendasi Body Lotion untuk Kulit Kering, Bersisik & Sensitif

5 Rekomendasi Vitamin Daya Tahan Tubuh Dewasa untuk Lengkapi Asupan Nutrisi

Khasiat Virgin Coconut Oil & Rekomendasi Produk Terbaik untuk Kesehatan

Mengenal Manfaat Beras Porang Bagi Kesehatan dan Cara Membuatnya

Article Category