Health

Mengenal Penyakit Apendisitis dan Penyebabnya

Apendisitis adalah salah satu kondisi medis karena terjadinya peradangan pada apendiks atau usus buntu. Biasanya penyakit tersebut dapat terjadi pada kelompok usia 10 hingga 30 tahun. Peradangan tersebut biasanya dikarenakan tersumbatnya usus buntu oleh tinja, pembengkakan akibat adanya infeksi, benda asing hingga karena adanya tumor

Penyakit satu ini sebenarnya tidak bisa dicegah tetapi penelitian menyebutkan bahwa dengan rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung serat sekaligus pola hidup yang sehat ternyata risiko terkena penyakit inipun juga semakin rendah.

Mengenal Apendisitis 

Penyakit satu ini memang dianggap sepele begitu saja oleh sebagian besar orang. Apabila tidak diatasi dengan segera maka akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi para penderitanya. Penyakit usus buntu atau biasa dikenal dengan sebutan apendisitis merupakan peradangan yang ditemukan pada usus buntu yang terbentuk semacang kantong.

Dimana bentuknya seperti jari yang menonjol di ujung usus besar di bagian kanan dari perut. Pada kasus yang terjadi pada anak-anak, ternyata menjadi bagian dari sistem imun yakni membantu buat melawan infeksi.

Terdapat beberapa gejala yang timbul akibat dari peradangan tersebut seperti nyeri perut yang berada di bagian 1/3 kanan bawah. Di fase inilah menjadi awal peradangan pada usus buntu. Pasien biasanya juga akan mengeluhkan nyeri di pusar seperti ketika sedang maag.

Seiring dengan berjalannya waktu maka rasa nyeri tersebut akan langsung pindah ke perut kanan bawah. Terdapat gejala lainnya yang akan dirasakan oleh pasien seperti kesulitan saat akan buang air kecil, muntah, perut kembung hingga kesulitan BAB.

Penyebab Penyakit Apendisitis

Penyakit apendisitis inipun ternyata juga disebabkan oleh beberapa faktor loh. Bahkan tidak jarang beberapa kebiasaan sepele justru bisa menyebabkan anda terkena risiko penyakit apendisitis tersebut. Nah, agar anda bisa menghindarinya maka simak beberapa penyebabnya berikut:

1.   Sering Menahan Kentut

Kebiasaan satu ini memang terdengar cukup sepele bukan? tetapi ternyata keberadaannya dapat memicu radang usus buntu loh. Hal ini karena ketika gas berada didalam saluran pencernaan akan tertahan. Akibatnya itulah membuat dinding usus akan semakin menipis sehingga resiko peradangan akan semakin tinggi.

2.   Mengkonsumsi Makanan yang Dibakar

Makanan yang dibakar terkadang memang sangat menggugah selera sehingga seseorang tidak dapat menolaknya. Tetapi siapa sangka ternyata makanan tersebut juga menjadi penyebab usus buntu lainnya loh. Itu karena kandungan zat karsinogen dapat memicu timbulnya kanker sekaligus usus buntu.

3.   Daging Kalengan

Daging instans seperti di dalam kaleng yang dijual di supermarket memang jauh lebih praktis bagi sebagian besar orang. Tetapi daging tersebut ternyata diduga mempunyai kandungan berupa zat karsinogen yang memicu adanya radang usus buntu.

Anda tentunya tidak ingin bukan apabila terkena  penyakit satu ini? oleh karena itulah anda perlu melakukan pencegahan atau pengobatannya lebih dini agar tidak semakin parah. Salah satunya adalah menggunakan produk dari naturalfarm.id yakni Herbana Relief Sari Kunyit seperti sudah diketahui kandungan pada kunyit ternyata cukup bagus untuk mengatasi penyakit usus buntu. Apendisitis adalah penyakit peradangan usus besar yang tidak boleh disepelekan begitu saja.