Health

Metode Mencegah Cerebral Palsy

Anda tahu apa itu Cerebral Palsy? Tentu bukan hal yang asing lagi ditelinga Anda perihal penyakit ini, penyakit ini sering terjadi pada anak kecil yang baru lahir, karena penyakit ini berhubungan dengan otak yang mengalami gangguan karena suatu kerusakan yang terjadi pada bagian dalam otak, lalu apa yang dimaksud dengan penyakit ini? Bagaimana cara untuk menyembuhkan nya? Simak artinya ya

Cerebral Palsy

Penyakit jenis ini adalah suatu jenis penyakit yang menyerang otak dimana dapat berakibat terjadi kelumpuhan pada otak, jadi Cerebral Palsy itu adalah suatu keadaan yang terjadi pada anak yang masih dibawah umur,  dimana hal ini terjadi pada saat proses kehamilan. Lalu faktor apa yang ditonjolkan dari penyakit ini? 

Berikut adalah faktornya yang harus Anda waspadai antara lain:

1. Bisa terjadi jika kelahiran pada bayi kembar yang berjumlah dua atau lebih

Hal ini bisa terjadi jika misalnya pada bayi kembar yang satu meninggal dan yang satu selamat akan beresiko terjadinya kelumpuhan pada otak. 

2. Memiliki bobot yang rendah

Berat badan menjadi faktor utama dalam mendukung untuk terjadinya kelumpuhan tersebut, terutama jika pada bayi itu memiliki bobot yang kurang dari 2,5 kg berat badan tersebut sangat berpengaruh terkena penyakit tersebut. Jadi Anda harus waspada jika Anda lagi mengandung berikan nutrisi dan protein pada janin Anda agar bayi akan lahir dengan sehat. 

3. Risiko kelahiran yang prematur

Biasanya kelahiran prematur ini terjadi sebelum waktunya, biasanya bayi lahir pada usia 9 bulan tetapi jika bayi prematur itu usia kehamilannya kurang dari 37 minggu bayi sudah keluar, hal ini akan memberikan risiko terkena kelumpuhan pada otak bayi Anda. 

4. Melakukan kebiasaan buruk saat kehamilan

Kelumpuhan atau kelainan yang terjadi pada bayi itu juga karena kelalaian dari calon ibu, sebaiknya Anda menghindari dalam mengkonsumsi rokok atau bahkan minuman beralkohol. Anda harus menghindari hal ini agar bayi Anda tidak berisiko terkena kelainan pada otak. 

Selain faktor penyebab kelumpuhan pada otak ada berbagai hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya kelainan ini, antara lain:

a. Dapat melakukan vaksinasi jenis MMR

Jika Anda merencanakan kehamilan lebih baik Anda melakukan vaksinasi yang telah disarankan dokter untuk kepentingan janin Anda, biasakan untuk menerapkan hidup sehat karena hal ini akan mempengaruhi perkembangan pada janin Anda. 

b. Anda dapat menjadwalkan mengenai pemeriksaan pada kehamilan Anda

Melakukan pemeriksaan secara rutin itu akan lebih baik, karena hal ini dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kelumpuhan otak pada calon bayi Anda. 

c. Hindari untuk mengkonsumsi minuman yang beralkohol

Minuman yang beralkohol memiliki kandungan zat yang berbahaya pada tubuh jika Anda mengkonsumsinya dalam keadaan hamil, selain membawakan Anda juga dapat membahayakan keselamatan dan kesehatan calon bayi Anda, bahkan bisa berakibat terjadinya kelumpuhan pada calon bayi. 

Hal diatas adalah berbagai faktor dan pencegahan agar tidak terjadi Cerebral Palsy, jadi Anda harus tetap waspada ya.