Health

Pahami Ciri-Ciri Hamil yang Sering Dialami Wanita

By Natural Farm |

Banyak orang yang mengatakan, salah satu ciri-ciri hamil yaitu mengalami keterlambatan dalam menstruasi. Namun hal ini masih dianggap rancu karena pasalnya memang banyak wanita yang mengalami menstruasi tidak teratur. Sebenarnya masih banyak sekali ciri kehamilan pada wanita yang sering kali terjadi, namun tidak disadari. Untuk mencegah terjadinya pendarahan, maka sebaiknya Anda memahami berbagai tanda kehamilan. 

Menurut American Pregnancy Association, tidak semua wanita akan mengalami tanda-tanda kehamilan yang sama. Disisi lain ada tanda kehamilan berupa mual, muntah, kram perut, mens telat, dan lain-lain. Tubuh setiap wanita pastinya berbeda-beda, sehingga tergantung bagaimana reaksinya terhadap perubahan tubuh yang terjadi. Berikut ini tanda-tanda kehamilan pada wanita lengkap dengan penjelasannya. 

Mengalami Perubahan Payudara dan Puting

Perubahan payudara merupakan salah satu tanda terjadinya kehamilan saat memasuki trimester pertama. Payudara mengalami perubahan karena telah terjadi peningkatan jumlah hormon estrogen dan progesteron. Payudara ibu hamil biasanya akan lebih kencang, payudara terasa nyeri, tidak nyaman, dan mudah sensitif terhadap berbagai macam hal.

Mengalami Terlambat Menstruasi

Ciri-ciri hamil yaitu keterlambatan menstruasi selama 4-5 hari dari tanggal seharusnya. Hal ini pasti terjadi karena apabila sel telur menempel ke dinding rahim, maka janin akan terus berkembang sampai dalam waktu 9 bulan. Tubuh nantinya akan melepaskan hormon HCG yang tugasnya untuk menjaga kehamilan. Hormon akan memerintah indung telur untuk berhenti reproduksi sehingga sel telur tidak akan mengalami peluruhan. 

Sering Mual dan Muntah

Mengalami mual dan muntah biasa dikenal dengan istilah morning sickness. Hal ini sering kali terjadi pada wanita hamil muda sehingga sepanjang hari akan merasa lemas bahkan tidak mau makan. Hal ini sejalan dengan pernyataan American Pregnancy Association (APA), dimana sekitar 50% wanita hamil akan mengalami morning sickness. Mual atau muntah akan dirasakan hingga trimester kedua bahkan sampai persiapan kelahiran. 

Sering Buang Air Kecil

Sering mengalami buang air kecil akan terjadi selama 6-8 minggu setelah mengalami proses pembuahan. Hal ini diakibatkan tingginya hormon hCG (Human Chorionic Gonadotropin) yang menyebabkan peningkatan aliran darah menuju ginjal sehingga produksi urine akan mengalami peningkatan. Perubahan hormon akan membuat kandung kemih lebih sensitif dan sulit untuk menahan pipis, oleh sebab itu sebaiknya dikeluarkan secara rutin. 

Merasa Mudah Lelah dan Lemas Beraktivitas

Tubuh wanita yang sering kali mudah lemas saat menjalankan aktivitas atau tidak bisa menjadi indikasi kehamilan. Ibu hamil terkadang akan mengalami kelelahan sangan luar biasa ketika usia kandungan 1 minggu. 

Hormon progesteron yang ada dalam tubuh ibu hamil menjadi penyebab badan mudah lelah dan mengantuk. Tubuh tentu akan melemahkan sistem imunnya sebelum terjadi implantasi embrio. Jika memang ciri-ciri hamil di atas Anda rasakan, maka sebaiknya segera ke dokter atau membeli test pack kehamilan untuk memastikannya. 

Share

Latest Articles

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Kenali 10 Penyebab Sering Lupa yang Sering Dialami Generasi Muda

Kenali Ciri Ciri Depresi dari Aspek Psikologi dan Fisik

Begini Cara Cepat Hamil Setelah Menikah Bersama Pasangan

10 Rekomendasi Body Lotion untuk Bayi yang Aman dan Bebas Bahan Berbahaya untuk Bayi

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

Article Category