Health

Penyebab dan Tips Cara Menghilangkan Komedo di Pipi

By Admin |

Komedo menjadi salah satu permasalahan yang paling umum dialami oleh sebagian besar wanita selain jerawat. Dalam hal ini, komedo biasanya sering kali muncul di area hidung, sekitar bibir, telinga dan bahkan pipi. Yang menjadi pertanyaan banyak orang adalah, apakah yang menjadi faktor penyebab masalah komedo tersebut dan bagaimanakah cara menghilangkan komedo dengan mudah dan cepat? Bagi Anda di rumah yang mungkin juga membutuhkan jawaban dari pertanyaan ini, maka bisa simak informasi selengkapnya di artikel berikut.

Penyebab masalah komedo di pipi

Umumnya komedo merupakan salah satu kondisi kulit yang muncul ketika pori – pori di wajah tersumbat. Dalam hal ini, komedo terbagi menjadi dua macam yakni komedo hitam / blackhead dan komedo putih / whitehead. Untuk jenis komedo yang sering muncul di pipi yakni whitehead. Munculnya masalah komedo di pipi biasanya terjadi karena seseorang memiliki kulit wajah yang berminyak.

Bisa dikatakan bahwa komedo menjadi salah satu permasalahan kulit yang cukup meresahkan lantaran jika dibiarkan secara terus menerus tanpa dilakukan tindakan yang tepat, hal ini bisa berkembang menjadi jerawat yang membandel. Jika sudah menjadi jerawat, maka risiko muncul bekas jerawat dan noda hitam di wajah bisa menjadi masalah berikutnya. Perlu Anda ketahui, bahwa munculnya komedo biasanya terjadi karena beberapa faktor di antaranya sebagai berikut :

  • Faktor genetik / keturunan
  • Banyak mengonsumsi makanan yang berlemak dan bergula
  • Adanya kotoran yang tersumbat
  • Sering kali memegang wajah
  • Kesalahan penggunaan produk make up

Bagaimana cara menghilangkan komedo di pipi?

Dalam menghilangkan komedo, Anda bisa melakukan beberapa langkah mudah yang mana dapat dipraktikkan sendiri di rumah. Adapun cara mudah dalam menghilangkan masalah komedo di pipi di antaranya sebagai berikut :

  • Lakukan eksfoliasi wajah

Cara mudah yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi masalah komedo di pipi yakni dengan melakukan eksfoliasi wajah menggunakan scrub, baik itu physical ataupun chemical scrub. Dalam hal ini, pastikan Anda menggunakan produk scrub wajah yang bebas dari kandungan fragrance / pewangi, khususnya bagi Anda yang mungkin memiliki kulit sensitif. Selain itu, pilih produk yang memiliki kandungan seperti bentonit, kaolin dan centella asiatica untuk hasil yang maksimal.

  • Menggunakan produk skincare berbahan retinol

Selain melakukan eksfoliasi wajah, Anda juga perlu menggunakan produk skincare yang berbahan retionol dalam membantu pengelupasan kulit dan sebagai cara mudah dalam mengatasi komedo di pipi. Umumnya, kandungan bahan retinol ini dipercaya dapat memperlambat penuaan kulit, memperbaiki tekstur warna yang tidak teratur dan juga dapat membersihkan jerawat di kulit wajah. Di samping itu, Anda juga bisa menggunakan retinol ini bersamaan dengan pelembap wajah agar menjadikan kulit tidak terlalu kering.

Demikianlah pembahasan menarik yang bisa Anda ketahui lebih lengkap mengenai beberapa faktor penyebab dan tips cara menghilangkan komedo di pipi.

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category