Health

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

By Erwin |

Pisang merupakan buah yang populer di kalangan banyak orang. Pasalnya, buah berwarna kuning ini terkenal dengan rasanya yang enak, kemudahan ketersediaannya, dan nilai gizinya yang tinggi. Mengonsumsi pisang dapat mendatangkan berbagai manfaat kesehatan, tergantung nilai gizinya.

Selain itu, pisang sering kali menjadi salah satu makanan bergizi dalam menu diet bagi individu yang mencoba menurunkan berat badan. Karena pisang mengandung sedikit kalori. Namun, menurut Anda, pisang berapa kalori? Berikut Penjelasannya!

Kalori yang Terkandung di Dalam Pisang

Tidak ada patokan terkait berapa jumlah kalori dalam pisang. Karena pisang sangat beragam dalam variasi, ukuran, dan kesegarannya. Ketiga faktor ini dapat mempengaruhi kandungan kalori, serta jumlah nutrisi penting yang terdapat dalam pisang.

Padahal, satu buah pisang berukuran sedang rata-rata memiliki 105 kalori. Selanjutnya, proyeksi jumlah kalori untuk beragam ukuran pisang adalah sebagai berikut:

Ukuran

Berat

Total Kalori

Sangat kecil (<6 inci)

81 gram

± 72 kalori

Kecil (6–7 inci)

101 gram

± 90 kalori

Sedang (7-8 inci)

118 gram

± 105 kalori

Besar (8–9 inci)

136 gram

± 121 kalori

Ekstra besar (9 inci atau lebih)

152 gram

± 135 kalori

Irisan (1 cangkir)

150 gram

± 134 kalori

Tumbuk (1 cangkir)

225 gram

± 200 kalori

Jika Anda tidak yakin terkait ukuran pisang yang tepat untuk dikonsumsi, Anda bisa saja memperkirakan bahwa pisang pada umumnya memiliki sekitar 100 kalori. Perlu Anda ketahui bahwa sekitar 93% kalori pada pisang berasal dari karbohidrat, 4% dari protein, dan 3% dari lemak.

Manfaat Mengonsumsi Pisang

Selain rendah kalori, mengonsumsi pisang memberikan sejumlah manfaat diet lainnya, antara lain:

  • Meningkatkan Gula Darah

Pisang kaya akan serat larut. Selama pencernaan, serat jenis ini larut dalam cairan dan membentuk gel. Selain itu, pisang mentah mengandung pati resisten yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Kedua bentuk serat tersebut dapat membantu mengatur kadar gula darah setelah makan. Selain itu, keduanya dapat membantu mengatur nafsu makan dan mengurangi pengosongan lambung.

  • Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Pisang, makanan pokok dalam berbagai pola makan, dapat meningkatkan kesehatan pencernaan karena adanya serat pati resisten, sejenis serat prebiotik. Prebiotik ini, yang lolos dari pencernaan, masuk ke usus besar kemudian akan dimakan bakteri baik yang penting untuk menyehatkan pencernaan.

  • Membantu Pemulihan post-workout

Pisang ideal untuk atlet karena karbohidratnya yang mudah dicerna dan mineral yang mengandung elektrolit seperti potasium dan magnesium. Peningkatan asupan elektrolit setelah berkeringat dapat mengurangi nyeri dan kram otot. Pisang mengandung banyak kalori, sehingga sangat penting untuk memantau kondisi kesehatan dan menjaga asupan kalori untuk mencegah gangguan medis sejak dini.

Share

Trending Article

Ini 10 Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Article Category