Health

Rekomendasi 4 Olahraga Menurunkan Berat Badan yang Sehat dan Efektif

By Erwin |

Tak perlu diragukan lagi bahwa olahraga menurunkan berat badan merupakan cara yang sangat efektif untuk Anda coba. Ditambah lagi, ada berbagai pilihan olahraga yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan Anda hingga ke angka yang ideal. Kalau begitu, apa saja ya olahraga yang direkomendasikan untuk Anda coba?

Jogging

Kalau Anda lebih memilih olahraga yang simpel, jogging bisa jadi pilihan yang pas. Cukup kenakan pakaian yang nyaman untuk berolahraga dan sepatu jogging, pada dasarnya Anda bisa berolahraga kapan dan di mana saja. Apalagi, jogging bisa bantu bakar sebanyak 300-370 kalori hanya dalam waktu 30 menit, lho!

Untuk memulai, Anda bisa jogging dulu dengan durasi 20-30 menit setiap hari. Begitu Anda sudah bisa mulai rutin dan konsisten, Anda bisa tambah durasinya sesuai kesibukan dan kesanggupan Anda.

Lompat Tali

Meskipun terlihat sangat simpel, nyatanya manfaat lompat tali bisa dibilang luar biasa. Soalnya, lompat tali bisa memberikan hasil yang kurang-lebih sama efektifnya dengan jogging dalam membakar kalori, lho!

Dengan intensitas rendah, Anda bisa bakar kira-kira 281 kalori dalam waktu 30 menit. Akan tetapi, Anda bisa bakar hingga 421 kalori dalam durasi yang sama apabila Anda melakukan lompat tali dalam intensitas tinggi.

Berenang

Tak hanya menyenangkan, berenang juga merupakan pilihan olahraga yang terbukti efektif membakar kalori dan membantu menurunkan berat badan. Sebuah artikel dalam Harvard Health menyatakan bahwa dalam 30 menit, Anda bisa membakar 298 kalori untuk renang gaya punggung, 409 kalori untuk renang gaya kupu-kupu, dan 372 kalori untuk renang gaya dada.

Menariknya, manfaat olahraga bahkan bisa Anda rasakan juga meskipun Anda sedang mengalami cedera atau masalah di persendian. Pasalnya, berenang termasuk ke dalam kategori olahraga low-impact sehingga dampaknya pada tubuh tidak berlebihan.

Bersepeda

Rupanya, bersepeda juga bisa jadi pilihan olahraga menurunkan berat badan yang efektif untuk Anda coba. Bahkan, Anda bisa dengan mudah menyisipkan jadwal bersepeda ke dalam aktivitas Anda sehari-hari dengan cara bersepeda ke kantor setiap harinya. Di samping itu, Anda juga bisa gunakan sepeda statis sebagai alternatif dari bersepeda di luar ruangan.

Hanya saja, perhatikan bahwa jumlah kalori yang dibakar saat bersepeda di luar ruangan dengan bersepeda statis berbeda, ya! Dalam durasi 30 menit, Anda bisa bakar 280-360 kalori dengan bersepeda di luar atau 250-280 kalori jika Anda menggunakan sepeda statis.

Memang benar bahwa upaya menurunkan berat badan bisa terasa seperti tugas yang berat. Soalnya, Anda butuh komitmen dan konsistensi mulai dari perubahan pola makan hingga rutin melakukan olahraga menurunkan berat badan. Apalagi, banyaknya opsi olahraga yang ada berarti Anda juga bisa pilih olahraga yang paling pas dan cocok untuk Anda, kan?

Share

Trending Article

Ini 10 Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Article Category