Lifestyle

Apa Stretch Mark dan Cara Menghilangkannya

By Admin |

Apa itu Stretch Mark?

Salah satu hal yang bikin orang nggak percaya diri itu karena ada stretch mark di beberapa bagian tubuhnya. Stretch mark adalah guratan yang sering tampak pada kulit bagian tubuh yang banyak mengandung lemak. Biasanya stretch mark akan muncul di daerah seperti payudara, perut atas, lengan atas, paha, dan bokong. Guratan ini mulanya berwarna merah, merah muda, atau ungu. Hal yang perlu kamu ketahui, stretch mark lama kelamaan akan berubah menjadi warna putih atau kelabu. Kejadian ini yang membuat orang merasa tidak percaya diri karena membuat warna kulit tidak merata alias belang. Lalu apa penyebab dari adanya stretch mark? Bagaimana cara mencegah hingga mengatasi stretch mark? Simak informasi berikut yuk Natural Buddy!

Penyebab Terjadinya Stretch Mark

Stretch mark tidak dialami oleh setiap orang, kondisi ini umumnya dialami oleh orang yang kulitnya mengandung sedikit kolagen. Kolagen adalah adalah salah satu protein yang menyusun tubuh manusia. Keberadaannya kurang lebih mencapai 30% dari seluruh protein yang terdapat dalam tubuh. Hal ini yang membuat kulit menjadi lentur. Faktor utama yang membuat stretch mark muncul yakni karena ukuran tubuh yang bertumbuh lebih pesat dan adanya elastisitas kulit. Ketika kulit merenggang dengan cepat, lapisan tengah kulit (dermis) akan otomatis menipis sehingga lapisan di bawahnya muncul ke permukaan. Kejadian ini yang membuat kulit  akan memunculkan garis atau guratan kemerahan, kadang disertai rasa gatal. Seiring berjalannya waktu garis-garis ini akan berubah menjadi warna putih atau kelabu, kondisi inilah yang disebut stretch mark. 

Umumnya stretch mark akan muncul pada orang yang massa tubuhnya berubah. Selain itu, stretch mark juga akan muncul pada wanita hamil. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa stretch mark juga dapat dirasakan oleh orang yang berada pada kondisi sebagai berikut:

  • Kehamilan.
  • Peningkatan berat badan yang drastis.
  • Masa pubertas.
  • Warna kulit terang.
  • Adanya riwayat keluarga dengan stretch mark.
  • Gangguan kesehatan tertentu, seperti sindrom Marfan atau sindrom Cushing.
  • Konsumsi obat-obatan kortikosteroid yang tidak tepat.

Cara Mencegah Terjadinya Stretch Mark 

Stretch mark merupakan suatu kondisi yang tidak dapat selalu dicegah. Namun terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegahnya. Berikut cara-cara yang telah Natural farm himpun untuk dapat diterapkan oleh semua Natural Buddy: 

  • Jaga Berat Badan Tetap Sehat 

Seperti yang telah dijelaskan diatas, stretch mark umumnya terjadi karena pertambahan massa tubuh dengan cepat. Oleh karena itu dianjurkan untuk tetap menjaga berat badan agar stabil. Jika ingin menurunkan berat badan, kamu bisa melakukannya secara bertahap. Ingat! Jangan langsung secara drastis. Usahakan agar berat badan tidak berkurang lebih dari ½  kilogram per minggu. 

Bagi wanita hamil, penambahan berat badan juga sebaiknya dijaga, sehingga risiko mengalami stretch mark bisa menurun. Kenaikan berat badan pada wanita hamil sebenarnya bervariasi, tetapi umumnya berkisar antara 10–12,5 kilogram. Wanita hamil tidak dianjurkan untuk diet. Ibu hamil hanya perlu untuk mengkonsumsi makan makanan yang sehat dan bergizi agar berat badan tidak melonjak secara drastis. 

  • Terapkan Pola Makan Sehat

Pola makan juga bisa mempengaruhi adanya pertumbuhan stretch mark. Dianjurkan untuk rajin mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C, vitamin E, protein, dan zinc sehingga kolagen kulit dapat bertambah. 

  • Jaga Asupan Cairan

Dengan menjaga asupan cairan kamu telah melakukan satu tindakan untuk membuat kulit tetap lembab dan lembut. Perbanyak minum air mineral dan mengurangi minuman yang mengandung kafein seperti kopi. 

Cara Mengatasi Stretch Mark

Stretch mark bukan kondisi yang berbahaya, namun bagian sebagian orang kondisi ini dapat mengganggu penampilan. Terdapat beberapa cara yang telah Natural Farm rangkum untuk kamu terapkan. Berikut cara mengatasi stretch mark:

  1. Menutupinya dengan krim atau kosmetik khusus, menggunakan krim penghilang stretch mark. 
  2. Melakukan tindakan medis seperti chemical peeling, terapi laser, dan operasi kecantikan.
  3. Melakukan terapi kulit dengan menggunakan Bio Oil. 

Apa itu Bio Oil? 

Bio Oil merupakan pelopor penggunaan minyak untuk membantu menghilangkan bekas luka dan stretch mark. Bagi kamu yang belum tahu, Bio Oil adalah skincare oil yang telah diuji secara klinis dan membuktikan bahwa produk ini dapat memperbaiki tampilan bekas luka dan stretch mark. Keberhasilan uji klinis ini mendorong banyak dokter dan apotek di seluruh dunia untuk mulai merekomendasikan produk ini. Bio Oil juga telah menerima lebih dari 400 penghargaan loh.

Cara Penggunaan Bio Oil: 

  1. Oleskan dua kali sehari selama minimum tiga bulan. 
  2. Jika sedang hamil, oleskan dua kali sehari mulai dari trimester pertama sampai setelah melahirkan. 
  3. Hasil untuk setiap individu bervariasi. 

Oke Natural Buddy, itu tadi penjelasan terkait stretch mark beserta cara mencegah dan mengatasinya. Jika saat ini kamu sedang mengalami stretch mark dan ingin menghilangkannya, kamu bisa mulai mencoba menggunakan Bio Oil ya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Natural Buddy semua. Jangan lupa Happy Healthy Habits. Oh iya jangan lupa pantau terus media sosial Natural Farm di @naturalfarm.id dan website Natural Farm untuk tahu info dan promo menarik lainnya.

Share

Trending Article

Ini 10 Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Article Category