Health

Ternyata Sayur Banyak Vitamin B Lho! Yuk Simak Jenis Sayur Kaya Vitamin B dan Apa Saja Khasiatnya!

Berbicara soal Kesehatan, tentunya tubuh membutuhkan banyak asupan dan nutrisi. Diantaranya mulai dari protein, karbohidrat, mineral, dan sumber vitamin. Pemenuhan kebutuhan vitamin merupakan hal yang perlu yah apalagi untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap vit dan berstamina. Nah salah satu vitamin yang sering kita konsumsi adalah vitamin B dan C. 

 

Apa ya Manfaat Vitamin B?

Mengenai vitamin B nih, seringkali mungkin kamu dengar bahwa vitamin B itu banyak loh di sayur-sayuran. Yah memang benar sekali, sayur kaya vitamin B terutama pada sayuran hijau. Ngomong-ngomong soal vitamin B, apakah kamu tahu apa manfaat dari vitamin B itu sendiri?

Nah jadi manfaat vitamin B yang utama adalah untuk mengubah makanan menjadi energi yang bisa digunakan oleh tubuh. Tapi, masih banyak manfaat lainnya yah karena vitamin B itu banyak sekali jenisnya, sehingga umumnya sering disebut sebagai vitamin B complex. Diantaranya vitamin B dapat berupa B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12.

Setiap jenis vitamin B tersebut memiliki khasiat tersendiri untuk tubuh. Contohnya B1 untuk pertumbuhan dan perkembangan sel, B2 untuk menjaga kesehatan mata dan sistem saraf, B3 untuk membantu meningkatkan fungsi enzim, dan lainnya. Wow ternyata kaya manfaat bukan? Walaupun begitu, semua jenis vitamin B tentunya berperan penting dalam mengubah makanan menjadi energi, sehingga metabolisme tubuhmu menjadi lancar.

 

Sumber Vitamin B dari Mana Saja?

Sumber vitamin B sendiri bisa kamu dapatkan dari sayur-sayuran salah satunya. Selain itu juga kamu bisa mendapatkannya dalam bentuk suplemen vitamin. Jadi kalau untuk suplemen vitamin itu sudah lengkap ada vitamin B1 sampai B12. Beberapa makanan yang kaya akan vitamin B adalah salmon, sayuran hijau, hati dan jeroan, telur, susu, daging sapi, kerang, ayam, dan lainnya.

Kebutuhan akan vitamin B harian berbeda-beda setiap variannya, mulai dari kebutuhan vitamin B1: 1,2 mg/hari, B2: 1.3-1.6 mg/hari, B3: 12-15 mg/hari, B5: 5mg/hari, B6: 1.3 mg/hari, B7: 30 mcg/hari, B9: 400mcg/hari dan B12: 2.4 mcg/hari. Kebutuhan akan vitamin B tersebut tentunya berbeda-beda setiap orangnya, tergantung makanan yang kamu konsumsi dan aktivitas harianmu.

 

Apa Saja Sayur Kaya Vitamin B dalam Kehidupan Sehari-hari?

Selain makanan yang telah disebutkan diatas, tentunya sayur sebagai rekomendasi bahan konsumsi yang kaya akan vitamin B. Hal ini karena vitamin B pada sayuran mudah dicerna oleh tubuh dan selain itu harganya lebih murah tentunya dibandingkan daging sapi, ayam, atau telur. Berikut beberapa jenis sayur kaya vitamin B yang bisa menjadi menu favorit makananmu.

 

Sayur Bayam

Jenis sayur yang satu ini tentunya sering kamu konsumsi, apalagi dalam bentuk sayur bening ataupun rebus. Setiap 85-gram bayam mentah mengandung 41% kebutuhan harian akan vitamin B9 dan ketika dimasak kadar vitamin B9-nya turun menjadi 31% kebutuhan harian. Tentunya kalau kamu makan sayur bayam rebus yang cukup banyak, sudah pasti terpenuhi bukan kebutuhan harian vitamin B kamu? Bayam juga memiliki manfaat untuk membantu mengatasi sembelit, melindungi lambung, dan mencegah akumulasi racun di usus besarmu.

 

Sayur Lobak

Tidak disangka, lobak juga memiliki kandungan vitamin B9 yang cukup tinggi lho. Setiap 85 gram-nya, sayur lobak masak mengandung 25% kebutuhan harian vitamin B9. Vitamin B pada lobak bermanfaat untuk pencegahan peradangan dalam tubuh, mencegah penyakit jantung, bahkan mencegah terjadinya kerapuhan tulang. Wow amazing bukan?

 

Sayur Sawi

Sawi merupakan salah satu sayuran yang paling sering kamu temukan. Ternyata kandungan vitamin B9 di sawi cukup besar lho, yaitu mencapai 20% kebutuhan harianmu. Sayur sawi dengan kandungan asam folatnya yang tinggi tersebut, sangat bagus loh untuk ibu hamil. Hal ini karena vitamin B berperan untuk pembentukan sel darah merah dan pertumbuhan sel, sehingga ia berperan penting dalam pencegahan cacat lahir dan keguguran.

Nah itu dia beberapa sumber vitamin B terutama pada sayur-sayuran hijau. Tentunya masih banyak lagi sayuran hijau yang kaya akan vitamin B, seperti kembang kol, mentimun, brokoli, dan asparagus. Akan tetapi, hati-hati yah dalam memasak sayuran hijau, karena vitamin B9 dapat rusak oleh panas. Sehingga kamu cukup merebusnya hingga teksturnya antara empuk dan renyah.