Health

Vitamin B6 untuk Apa? Ini 5 Manfaatnya!

By Erwin |

Siapa yang tak mengenal vitamin B6? Vitamin yang populer karena manfaatnya, yaitu menjaga kesehatan sistem saraf, kesehatan otak, dan masih banyak lagi. Bumil pun pasti tahu kalau vitamin ini juga dipercaya meredakan mual dan muntah. Nah, ada berbagai manfaat dari vitamin B6 yang sudah terkandung di berbagai makanan, sehingga tak sulit bagi Anda untuk mendapatkannya. Yuk, kepoin vitamin B6 untuk apa saja!

Vitamin B6 sendiri merupakan jenis vitamin V yang juga disebut sebagai pyridoxine. Vitamin ini mempunyai sifat larut air serta tidak diproduksi oleh tubuh. Maka dari itu, kita membutuhkan asupan vitamin B6 dan setiap orang memerlukannya secara berbeda-beda tergantung usia. Kira-kira vitamin B6 untuk apa saja, ya? Berikut jawabannya!

1. Menjaga kesehatan otak

Di urutan pertama, vitamin B6 membantu memecahkan homosistein dan menurunkan kadarnya. Homosistein sendiri adalah asam amino dalam darah yang bisa meningkatkan risiko pembekuan darah serta kerusakan sek dan jaringan jika kadarnya tinggi. Lebih berbahayanya, bisa menyebabkan demensia dan penyakit alzheimer yang berhubungan dengan sistem saraf. Dengan vitamin B6 pun akan meningkatkan produksi neurotransmitter yang berfungsi membawa serta mengirimkan pesan antar otot, kelenjar, serta sel saraf. Dengan terpenuhinya kebutuhan B6 maka kesehatan akan meningkat dan mencegah terjadinya penyakit yang berhubungan dengan sistem saraf.

2. Menjaga suasana hati

Masalah yang umum terjadi adalah suasana hati memburuk karena beberapa hal. Eits, tetapi Anda tidak perlu khawatir karena ada vitamin B6 yang berfungsi menurunkan kadar homosistein. Homosistein juga memiliki risiko berkaitan dengan gangguan perasaan, suasana hati, bahkan depresi. Sebuah penelitian pun menyatakan apabila gejala depresi disebabkan oleh tingginya kadar homosistein dan kurangnya vitamin B6 dalam tubuh.

3. Mengatasi mual

Bumil bisa tersenyum ceria kembali, nih, ternyata vitamjnB6 juga bisa meredakan mual dan muntah. Ya, penyakit yang juga biasa disebut morning sickness ini sering dikeluhkan bumil di trimester pertama kehamilan. Mual dan muntah ini pun juga berimbas pada kurangnya nafsu makan, sehingga asupan nutrisi harian bumil pun akan terdampak. Maka dari itu, untuk mengatasi morning sickness bumil akan diresepkan suplemen vitamin B6 sesuai kondisi.

4. Mencegah anemia

Anemia masih sering dikeluhkan belakangan ini, kondisi tubuh kekurangan hemoglobin ini sering dialami oleh anak-anak, bumil, dan lansia. Dalam hal ini, vitamin B6 dan zat besi menjadi solusi untuk memproduksi sel darah merah. Tidak heran apabila suplemen ini dipercaya membantu mengobati anemia.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Tak hanya bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan otak, vitamin B6 juga membantu menjaga kesehatan jantung. Dengan mengurangi homosistein yang meningkatkan pembekuan darah. Pembekuan darah inilah yang bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan mengakibatkan serangan jantung serta stroke. Dengan turunnya homosistein saat memenuhi vitamin B6 tentu penyakit jantung serta pembuluh darah bisa tercegah.

Tak perlu ditanya lagi vitamin B6 untuk apa? Ternyata vitamin ini mempunyai berbagai manfaat dalam kesehatan, terlebih untuk wanita dari bumil sampai yang mengalami PMS. Jadi, penting bagi kita untuk mengonsumsi vitamin B6 sesuai kebutuhan tubuh.

Share

Trending Article

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Mengenal Diet Defisit Kalori: Kunci Sukses Menurunkan Berat Badan

Article Category