Health

Yuk Kenali Berbagai Manfaat Vitamin B untuk Kesehatan Tubuh

By Erwin |

Untuk menjaga kesehatan dan imun tubuh, tentu kita membutuhkan berbagai nutrisi seperti protein, karbohidrat, lemak, hingga vitamin. Masing-masing vitamin tersebut memiliki perannya sendiri, misalnya saja vitamin A berfungsi menjaga kesehatan mata, lalu vitamin C menjaga daya tahan tubuh, dan vitamin E untuk menjaga kecantikan kulit. Selain itu, ada juga manfaat vitamin B yang tidak kalah penting bagi kesehatan tubuh.

Tapi sayangnya, vitamin B ini tidak bisa diproduksi secara mandiri oleh tubuh. Sehingga tubuh perlu asupan vitamin B dari konsumsi makanan ataupun suplemen yang mengandung vitamin B. Jenis vitamin ini sebenarnya cukup beragam dan mempunyai fungsinya masing-masing. Oleh karena itu, di bawah ini kita akan membahas tentang manfaat vitamin B yang penting bagi tubuh.

Manfaat Vitamin B untuk Tubuh

Pada dasarnya, manfaat vitamin B adalah untuk mendorong reaksi kimia yang berperan penting dalam menjalankan fungsi tubuh. Selain itu, vitamin B juga tergolong jenis vitamin yang larut di dalam air. Jadi jenis vitamin ini mempunyai keunggulan bagi tubuh yakni bisa dikeluarkan bersama urine.

Berikut ini kita akan bahas satu per satu manfaat vitamin B untuk kesehatan tubuh, mulai dari vitamin B1, B2, dan seterusnya.

1. Manfaat Vitamin B1

Jenis vitamin B1 ini memiliki manfaat yakni untuk menjaga kesehatan sistem saraf. Selain itu, vitamin B1 juga memiliki peran yang cukup penting dalam mengubah makanan menjadi energi yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Beberapa asupan makanan yang mengandung vitamin B1 antara lain seperti daging sapi, susu, roti, telur, dan lain sebagainya.

2. Manfaat Vitamin B2

Manfaat vitamin B berikutnya yaitu untuk menjaga kesehatan mata dan juga kulit. Vitamin B2 ini sering kali disebut sebagai riboflavin yang bisa membantu mencerna protein, karbohidrat, dan juga lemak yang masuk ke dalam tubuh. Kemudian untuk sumber makanan yang mengandung banyak vitamin B2 antara lain seperti nasi, sayur, telur, dan juga susu.

3. Manfaat Vitamin B3

Vitamin B3 ini memiliki peran dalam menjaga kesehatan sistem saraf dan juga sebagai pengubah makanan yang masuk ke tubuh menjadi sebuah energi. Asupan makanan yang mengandung banyak vitamin B3 antara lain seperti ikan, kacang-kacangan, daging sapi, dan juga telur.

4. Vitamin B5

Vitamin B5 adalah salah satu nutrisi penting yang dapat membantu proses pertumbuhan dan juga produksi hormon dalam tubuh. Makanan yang mengandung banyak vitamin B5 diantaranya seperti nasi merah, brokoli, daging, tomat, kentang, dan juga telur.

Itulah manfaat vitamin B untuk kesehatan tubuh yang harus dipahami. Hal ini bertujuan agar Anda bisa memenuhi kebutuhan asupan vitamin B setiap harinya. Semoga bermanfaat.

Share

Trending Article

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Mengenal Diet Defisit Kalori: Kunci Sukses Menurunkan Berat Badan

Article Category