9 Cara Mengencangkan Kulit Secara Alami

9 Cara Mengencangkan Kulit Secara Alami

Kulit wajah kendur bisa membuat wajah terlihat lebih tua. Tak ayal bila banyak orang, terutama perempuan, melakukan berbagai cara mengencangkan kulit wajah agar tampak lebih awet muda. Bahkan, tak sedikit yang rela merogoh kocek dalam untuk melakukan perawatan. Kulit wajah kendur sebenarnya merupakan proses alamiah yang terjadi seiring bertambahnya usia. Pada wajah, terdapat kantong-kantong lemak yang tersebar di berbagai area wajah, seperti dahi, pelipis, pipi, bibir, serta area wajah lainnya. 

Lemak alami dalam lapisan kulit bisa berkurang seiring  bertambahnya usia dan dengan penurunan kadar kolagen dalam kulit.  Hal inilah yang memicu terciptanya ruang kosong di bawah lapisan kulit yang menjadi penyebab kulit kendur.  Meski disebabkan oleh usia, salah satu tanda penuaan dini ini juga dapat terjadi akibat paparan sinar matahari, polutan, atau bahan kimia dalam produk perawatan kulit secara berlebihan, hingga pola hidup yang tidak sehat.

Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami

Cara membuat wajah awet muda dan kencang secara alami sebenarnya sederhana. Bahkan, Anda dapat melakukannya di rumah. Adapun beberapa cara mengencangkan kulit wajah yang dapat Anda lakukan di rumah, yaitu:

Rajin melakukan pijatan kulit wajah

Cara mengencangkan kulit wajah secara alami agar awet muda yang paling mudah untuk kamu lakukan ialah dengan rutin memijat kulit wajah yang berfungsi untuk membuat kulit wajah menjadi naik dan kencang. Lakukan gerakan demi gerakan secara perlahan pada saat sedang mencuci wajah, melakukan scrubbing, atau menggunakan masker secara rutin.

Minum air putih dengan cukup

Minum air putih yang cukup jadi cara mengencangkan kulit wajah agar awet muda. Cara alami mengencangkan kulit wajah agar awet muda juga perlu didukung dengan minum air putih yang cukup. Minum air putih yang cukup dapat membuat kulit terhidrasi dengan baik sehingga tanda-tanda penuaan bisa tersamarkan.  Jangan lupa untuk menyertainya dengan mengonsumsi asupan makanan kaya antioksidan, seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan.

Menggunakan masker wajah

Gunakan masker wajah sebagai cara mengencangkan kulit wajah secara alami. Cara mengencangkan. kulit wajah secara alami bisa menggunakan masker wajah. Masker wajah diyakini dapat menghidrasi kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Bahkan, beberapa jenis masker wajah alami ada yang bertindak sebagai antipenuaan.  Adapun beberapa jenis masker untuk mengencangkan kulit wajah, yakni: 

  • Minyak zaitun. Manfaat minyak zaitun untuk wajah ternyata dapat memberikan ekstra kelembapan. Minyak zaitun juga kaya vitamin E yang mampu mengencangkan kulit. Anda bisa mengoleskan minyak zaitun pada wajah setelah cuci muka. 
  • Masker putih telur. Banyak yang menyebut manfaat masker putih telur serupa melakukan prosedur face lift. Pasalnya, setelah masker dari putih telur dibilas dari wajah pun, efek kencang ini biasanya masih akan terasa hingga satu jam setelahnya
  • Madu. Anda bisa mengoleskan madu pada permukaan wajah yang sudah bersih, secara merata. Diamkan 5-10 menit, lalu bilas wajah dengan air. 
  • Masker pisang. Manfaat masker pisang berasal dari kandungan vitamin A dan E di dalamnya yang dapat mencegah kerusakan kulit akibat paparan radikal bebas sekaligus menjaga kulit tetap kencang. Caranya mudah, haluskan 1 buah pisang dan campurkan dengan madu. Oleskan pada wajah secara rutin untuk mendapat hasil maksimal.
  • Masker lidah buaya. Anda dapat mengoleskan lidah buaya langsung dari tanamannya atau menggunakan gel lidah buaya yang dijual di pasaran, pada area wajah secara merata. 
  • Masker teh hijau. Khasiat vitamin B2 dalam teh hijau dapat membantu menjaga kadar kolagen pada kulit. Dengan adanya vitamin B2, kulit kencang dapat terjaga sehingga membuatnya lebih awet muda.
  • Masker timun. Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam Archives of Dermatological Research, masker timun yang berasal dari kandungan antioksidan di dalamnya dipercaya mampu melawan tanda-tanda penuaan, seperti keriput. Manfaat masker timun juga mengandung vitamin C yang dapat membantu merangsang pertumbuhan sel baru. 
  • Kulit jeruk. Gunakan kulit jeruk sebagai masker untuk mengencangkan wajah secara alami. Caranya mudah, jemur kulit jeruk hingga benar-benar kering. Lalu, tumbuk kulit jeruk sampai halus. Campurkan dengan air hingga berbentuk pasta. Oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya.

Hidrasi kulit dengan menggunakan moisturizer

Tak dapat dipungkiri, kulit wajah yang terhidrasi dengan baik tentunya akan terlihat kencang setiap saat. Untuk itu, sebagai cara mengencangkan kulit wajah  secara alami agar awet muda, kamu juga dapat memperhatikan kelembapan kulit wajah dengan menggunakan moisturizer yang dapat menutrisi kulit serta mengunci kelembapan kulit wajah.

Jangan lupa untuk menggunakan sunscreen saat hendak keluar rumah

Jarang diketahui banyak orang, paparan sinar matahari tak hanya dapat membuat kulit menjadi gelap tetapi juga dapat mengangkat kelembapan alami kulit sehingga kulit dapat menjadi kering tanpa perlindungan. Untuk itu, penting sekali lho untuk tidak melewatkan produk sunscreen dengan tingkat SPF yang cukup tinggi agar dapat melindungi kulit dengan maksimal.

Baurkan air garam pada kulit wajah

Tahu nggak sih, racun dan kotoran yang menempel pada kulit wajah ternyata juga dapat menjadi penghalang kulit beregenerasi lho! Untuk itu, kamu pun membutuhkan air garam yang berperan dalam membuang kotoran dan racun secara ampuh tanpa efek samping. Cara mengencangkan kulit wajah secara alami agar awet muda yang satu ini tentunya sudah dibuktikan oleh beberapa orang dan terbukti ampuh.

Melakukan diet sehat

Memiliki kulit kencang yang sehat juga dipengaruhi dari dalam tubuh yaitu makanan dan minuman yang dikonsumsi. Biasakan cara mengencangkan kulit wajah dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Kandungan vitamin yang terdapat pada makanan dan minuman yang sehat dapat memberikan nutrisi untuk kulitmu dari dalam.

Menghindari kebiasaan buruk

Agar cara mengencangkan kulit wajah yang kamu lakukan sangat maksimal, tentu kamu juga harus menghindari beberapa kebiasaan buruk yang menjadi penghambat kesehatan kulitmu. Kebiasaan buruk yang tak sadar kamu lakukan ialah seperti terlalu sering mengonsumsi makanan tak sehat, memiliki kualitas tidur yang tak baik, dan kurangnya merawat kulit dengan skincare yang tepat.

Mengonsumsi suplemen tambahan alami

Mengonsumsi suplemen tambahan berbahan alami juga dapat membantu mengencangkan kulit. Tetapi, pemilihan suplemen juga harus diperhatikan. Berikut adalah rekomendasi suplemen tambahan alami untuk mengencangkan kulit:

Kinohimitsu Collagen Diamond Drink

Mengandung Kolagen peptide (ikan) 5300 mg disetiap botolnya untuk mengembalikan keelastisitasan kulit dan mempertahankan kelembaban dalam jaringan kulit. Selain itu juga membantu merangsang produksi kolagen dan mencegah pembentukan pigman gelap dan tanda penuaan pada kulit, Untuk usia di atas 30 tahun,100% bahan alami ( tanpa pemanis, pengawet, pewarna, perasa buatan atau bahan kimia), Efektif , praktis dan nikmat.

Nah, sangat membantu bukan Natural Buddy? Jangan lupa ikuti tipsnya agar kamu selalu terlihat awet muda. Selain itu, tetap pantengin media sosial dan website Natural Farm supaya kamu tidak ketinggalan info dan promo menarik lainnya. Happy healthy habits semua! ☺