Jenis Makanan Sehat yang Baik untuk Pengembangan Otot

Jenis Makanan Sehat yang Baik untuk Pengembangan Otot

Mau punya otot yang sehat dan kuat? Apa saja asupan yang dibutuhkan oleh otot?

 

 

Sama seperti bagian tubuh lainnya, otot juga butuh asupan yang bergizi untuk menjaga agar otot tetap sehat dan kuat. 

 

Berikut ini adalah asupan yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan otot:

 

1. Vitamin C.

Makanan yang mengandung vitamin C baik untuk sirkulasi darah. Sehingga otot menerima cukup oksigen dan mampu mengembangkan kuat. Vitamin C juga merupakan pembuat kolagen, materi yang membentuk tulang dan fungsi otot.

 

2. Minyak ikan.

Aktivitas fisik akan membuat tubuh, terutama otot-otot merasa lelah. Agar cepat pulih, minyak ikan dianjukan untuk dikonsumsi. Minyak ikan memiliki khasiat yang cukup ampuh dalam mengurangi peradangan. Selain itu, minyak ikan kaya asam lemak omega-3 yang juga meningkatkan sensitivitas insulin sehingga dapat mencegah diabetes.

 

3. Kalsium.

Kalsium tidak hanya baik untuk tulang, tetapi juga untuk otot. Beberapa makanan yang mengandung kalsium bukan hanya produk susu saja, tetapi juga sayuran hijau dan suplemen. Jika Anda lebih suka mengonsumsi suplemen untuk asupan kalsium, pilihlah yang mengandung vitamin D juga.

 

4. Magnesium.

Banyak wanita tidak menyadari mereka kekurangan magnesium. Meskipun kekurangan mineral ini sebenarnya cukup buruk bagi kesehatan fisik, salah satunya otot-otot. Kurang magnesium menyebabkan nyeri otot dan sakit perut ketika wanita mengalami siklus menstruasi.

 

5. Vitamin B.

Berbagai vitamin B, yaitu B1, B2, B6, B7, dan B12, sangat penting untuk kesehatan otot. Terutama jika Anda ingin membangun otot yang kuat dan sehat pada saat yang sama. Seluruh vitamin B berperan dalam proses metabolisme pembakaran makanan menjadi energi untuk mengontrol kadar lemak dalam tubuh.

 

6. Vitamin D.

Matahari merupakan sumber vitamin D yang paling murah dan mudah diperoleh. Fungsinya tidak kecil, seperti meningkatkan mood, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membuat otot-otot sehat. Vitamin D diperlukan untuk kontraksi, mempertahankan fungsi, dan perubahan otot yang sehat.

 

7. Vitamin E.

Vitamin E juga berperan dalam menjaga otot sehat. Salah satu makanan yang kaya vitamin E adalah almon. Almon mengandung protein, lemak sehat, serat, dan tentu saja sehat. Khasiat vitamin E untuk otot adalah mengembalikan stamina dengan cepat setelah aktivitas fisik.

 

Sumber: intisari