Ini Dia 5 Alasan Mengapa Anda Harus Mengkonsumsi Cuka Apel!

Ini Dia 5 Alasan Mengapa Anda Harus Mengkonsumsi Cuka Apel!

Sebelum menjadi populer sebagai minuman kesehatan, cuka apel atau yang lebih dikenal dengan apple cider vinegar sebenarnya memiliki sejarah panjang sebagai obat dan juga bumbu dapur.

Menurut artikel yang dirilis oleh Universitas Pittsburgh, apple cider vinegar sudah digunakan sejak tahun 400 sebelum masehi oleh Hippocrates sebagai mengobati luka pasiennya. Kandungan asam yang terkandung dalam apple cider vinegar inilah yang kemudian diketahui mampu membunuh kuman penyebab infeksi yang menempel pada luka pasien.

Lain halnya fungsi apple cider vinegar sebagai bumbu dapur. Selain dapat menambahkan rasa asam yang ringan pada hidangan, apple cider vinegar juga cocok disandingkan dengan berbagai hidangan non-vegetarian, seperti oatmeal dan smoothies, sehingga rasanya lebih kaya dan tidak hambar.

Proses pembuatan apple cider vinegar sebenarnya cukup mudah, hanya saja membutuhkan kisaran waktu yang lama. Hal ini disebabkan karena adanya proses fermentasi gula yang terkandung dalam buah apel. Kandungan gula yang terdapat pada buah apel nantinya akan berubah menjadi alkohol. Saat proses fermentasi berjalan, alkohol akan diubah menjadi asam asetat oleh acetobacter aceti atau bakteri baik yang mampu menghasilkan kandungan asam untuk mengatasi infeksi karena jamur dan bakteri. Asam asetat ini juga merupakan golongan obat antibiotik yang mampu mengurangi rasa sakit sekaligus pembengkakan yang terjadi akibat radang.

Dengan kandungan asam asetat tadi, apple cider vinegar bertransformasi menjadi minuman yang memiliki sejuta manfaat baik untuk kesehatan. Lalu, apa saja sih manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi apple cider vinegar? Mari kita selami manfaat apple cider vinegar lebih dalam lewat poin-poin di bawah ini.

 

Manfaat Apple Cider Vinegar untuk Kesehatan

Setelah mengetahui asal muasal apple cider vinegar, sekarang mari kita bedah satu-persatu manfaat yang ditawarkan dari hasil fermentasi buah apel ini.

Menurut penelitian ilmiah yang dilakukan oleh Universitas Babasaheb Bhimrao Ambedkar di India, apple cider vinegar merupakan minuman yang kaya akan nutrisi dan mengandung asam asetat, pektin atau karbohidrat komplek, potasium dan kalsium yang mampu mengontrol kadar gula darah, membantu menurunkan berat badan, meningkatkan kinerja dan kesehatan jantung, dan sebagai detoksifikasi tubuh. Lantas, bagaimana apple cider vinegar bekerja untuk memberikan manfaat demikian? Yuk, kita simak penjelasan berikut ini:

  • Menurunkan kadar gula darah. Menurut hasil studi yang dilakukan oleh Universitas Arizona, mengkonsumsi apple cider vinegar ternyata bisa membantu meningkatkan sensitivitas insulin pada penderita diabetes. Artinya, efek dari apple cider vinegar ini mampu menjaga kadar gula darah tetap dalam batasan normal. Para penderita diabetes direkomendasikan untuk meminum apple cider vinegar sebelum menyantap makanan agar penyerapan gula ke dalam darah bisa diperlambat. Namun, sebelum mencoba apple cider vinegar, ada baiknya Anda berkonsultasi dulu kepada dokter.
  • Menjaga kesehatan jantung. Menjaga kesehatan jantung. Kandungan senyawa asam linolenat alfa dalam apple cider vinegar dipercaya dapat diandalkan untuk memelihara kesehatan jantung. Mengkonsumsi apple cider vinegar secara rutin juga dapat menurunkan kadar lemak dalam darah yang di kemudian hari bisa saja berpotensi menyebabkan penyakit jantung.
  • Membantu menurunkan berat badan. Meski tidak serta merta terbukti mampu menurunkan berat badan, namun asam asetat yang terkandung dalam apple cider vinegar ternyata dapat membantu membakar lemak, meningkatkan metabolisme tubuh, dan juga menekan nafsu makan. Hal ini didukung dengan penelitian yang dilakukan oleh Biomed Central. Apple cider vinegar terbukti bisa memperlambat waktu penyerapan makanan, sehingga nafsu makan jadi lebih terkontrol. Meski begitu, pastikan Anda menjaga pola makan, sehingga penurunan berat badan bisa lebih optimal.
  • Memelihara kesehatan kulit. Apple cider vinegar mengandung Alpha Hydroxy Acid atau AHA yang baik untuk meremajakan dan mencerahkan kulit, melawat tanda-tanda penuaan, serta mencegah dan mengatasi jerawat. Kandungan AHA juga mampu mendorong pembentukan sel kulit baru dan mengecilkan pori-pori wajah, sehingga kulit wajah akan terlihat sehat terawat. Efek pori-pori yang mengecil juga dapat mengoptimalkan tampilan makeup menjadi semakin flawless. Karena mengandung keasaman yang cukup tinggi, apple cider vinegar ini tidak bisa langsung digunakan di permukaan kulit. Anda harus mencampurkan dengan air dan meneteskannya pada daerah yang berjerawat untuk membantu mengurangi inflamasi, serta membunuh bakteri penyebab jerawat.
  • Mengobati radang tenggorokan. Apple cider vinegar yang difermentasi dalam jangka waktu tertentu menghasilkan asam asetat yang berperan sebagai anti kuman.

Asam inilah yang dipercaya mampu memerangi peradangan yang terjadi di tenggorokan. Meski begitu, apabila radang tenggorokan disebabkan karena bakteri, apple cider vinegar tidak bisa dijadikan pengobatan tunggal karena pada umumnya infeksi bakteri ini harus diobati dengan antibiotik dan obat-obatan lainnya, sesuai dengan rekomendasi dokter.

 

Cara Mengkonsumsinya & Cara Memilih Apple Cider Vinegar yang Baik

Apple cider vinegar menawarkan beragam manfaat yang tentunya baik untuk tubuh. Meski begitu, Anda juga harus memperhatikan tata cara mengkonsumsi apple cider vinegar, agar khasiatnya bisa benar-benar dirasakan oleh tubuh.

Pertama-tama, apple cider vinegar tidak bisa begitu saja diminum. Karena sifatnya yang asam, apple cider vinegar bisa saja melukai tenggorokan Anda, dan menjadi penyebab utama pengeroposan pada gigi. Oleh karenanya, Anda disarankan untuk selalu mencampur apple cider vinegar dengan larutan air. Caranya, larutkan 1 sendok makan apple cider vinegar ke dalam wadah yang sudah diisi 10 sendok makan air putih. Setelah diminum, pastikan untuk berkumur dengan air untuk menghilangkan asam pada rongga mulut.

Mengkonsumsi apple cider vinegar juga ada batasannya. Konsumsi apple cider vinegar hanya dianjurkan sebanyak 1-2 sendok makan (30ml) per harinya. Jika terlalu banyak, dikhawatirkan terdapat beberapa efek samping yang siap mengintai, di antaranya seperti perut kembung, nyeri ulu hati, kerusakan gigi, nyeri tenggorokan, dan juga penurunan kadar mineral dalam tubuh.

Bagi Anda yang memiliki gastroparesis atau kelainan di lambung yang ditandai dengan lambatnya pengosongan makanan dari lambung ke usus halus, Anda mesti lebih berhati-hati untuk mengkonsumsi apple cider vinegar. Penggunaan larutan apple cider vinegar dibatasi hanya satu sendok teh, atau sekitar 5ml saja per harinya.

Karena sudah dikenal luas oleh masyarakat, keberadaan apple cider vinegar tidak sulit ditemui di pasaran. Berbagai merek apple cider vinegar menawarkan keunggulan, serta harganya yang bersaing untuk menarik minat konsumen. Namun, sebelum Anda memilih merek apple cider vinegar mana yang akan dipilih, sebelumnya pastikan apple cider vinegar tersebut memenuhi kriteria berikut: Diproduksi tanpa proses penyaringan. Hal ini ditandai dengan adanya endapan pada dasar botol. Endapan inilah yang mengandung akan enzim dan mineral. Selanjutnya, apple cider vinegar yang baik juga diproduksi tanpa proses pasteurisasi, dan berasal dari buah apel organik yang bebas dari pestisida. Sehingga kemurnian sari apel yang terkandung dalam apple cider vinegar ini bisa terserap dengan baik.

Dynamic Health Apple Cider Vinegar

Untuk menjamin kemurnian dan kualitas apple cider vinegar yang baik. Kami menyarankan Anda untuk mendapatkan produk apple cider vinegar dari Dynamic Health. Telah diproduksi sejak tahun 90-an, Dynamic Health Apple Cider Vinegar satu ini mengadopsi istilah 'Mother' pada sari cuka apel. 'Mother' sendiri merupakan kultur bakteria dan asam yang memberikan manfaat positif bagi kesehatan. “ Mother” tampak sebagai endapan berwarna gelap pada cuka yang belum di proses. Endapan ini kaya akan kandungan mineral dan enzim dibandingkan dengan Apple Cider Vinegar lainnya yang telah mengalami proses pasteurisasi dan penyaringan.

Selain memenuhi tiga kriteria yang telah disebutkan, Dynamic Health Apple Cider Vinegar juga telah melalui sertifikasi organic, kosher dan halal. Sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Di Natural Farm, Dynamic Health Apple Cider Vinegar tersedia dalam ukuran 473ml dan 946ml. Selain menjamin keaslian produk, kami juga menawarkan diskon menarik jika Anda berbelanja produk Dynamic Health Apple Cider Vinegar di website resmi Natural Farm.