Madu Manuka, Sejuta Manfaat untuk Hidup Lebih Sehat

Madu Manuka, Sejuta Manfaat untuk Hidup Lebih Sehat

Madu manuka merupakan salah satu bahan pemanis alami yang sekaligus bisa menjadi pengganti gula. Selain sebagai alternatif demi menjaga kesehatan, madu ini bisa dibilang mudah didapatkan. Itulah alasan mengapa madu disukai oleh banyak orang. Proses madu ini sendiri pun terbilang unik karena membutuhkan tanaman dan juga  lebah. Madu berasal dari nektar tumbuhan yang diproduksi oleh lebah madu.

Nektar berasal dari bunga mekar, cairan tumbuhan yang mengalir di daun dan kulit pohon.Setelah nektarnya dihisap, lebah akan memfermentasikan dalam perutnya dengan mengubah sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa oleh enzim invertase yang berasal dari tenggorokan. Setelah nektar dihisap, lebah akan memfermentasikan dalam perutnya dengan mengubah sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa oleh enzim invertase yang berasal dari tenggorokan.

Madu disimpan di dalam sel-sel sarang kemudian madu manuka akan mengalami ekstraksi air, pembentukan monosakarida, dan pengayaan dengan campuran aromatik. Setelah tiga sampai tujuh hari, lebah menutup sel dengan malam yang mematangkan madu. Madu merupakan produk yang unik dari serangga, mengandung persentase karbohidrat yang tinggi sehingga praktis tidak ada protein maupun lemak. Nilai gizi dari madu manuka sangat tergantung dari kandungan gula-gula sederhana yakni fruktosa dan glukosa.

 

Manfaat Madu Manuka Bagi Kesehatan

Di seluruh dunia ada lebih dari 300 jenis madu yang berbeda. Perbedaannya bisa dilihat dari warna, aroma dan rasanya. Salah satu jenis madu yang cukup terkenal akan kaya manfaatnya adalah madu Manuka. Madu yang diimpor langsung dari New Zealand ini berbeda dari madu lainnya.

Jika dilihat dari tekstur dan warnanya, madu Manuka berbeda dengan madu yang lain. Madu Manuka bertekstur lebih kental dan berwarna lebih coklat hal ini dikarenakan madu Manuka hanya memanfaatkan sari bunga semak manuka yang tidak bisa hidup di sembarang tempat. Madu ini dikenal memiliki kandungan 3 senyawa berbeda yaitu DHA, leptisperin, dan methylglyoxal (MGO) yang semuanya bersifat anti bakteri. Sehingga madu manuka dianggap sebagai madu yang efektif untuk menyembuhkan berbagai luka, baik luka bakar, luka karena tergores, atau luka dalam.

Dilansir dari Healthline.com, madu Manuka ini mempunyai berbagai manfaat. Mulai dari kesehatan bahkan untuk kecantikan. Untuk mengetahui informasi mengenai manfaatnya, kamu bisa membaca informasinya yang lebih lengkap di bawah ini.

  • Membantu penyembuhan luka

Sejak zaman dulu, madu sudah dikenal menjadi salah satu alternatif untuk mengobati luka bakar, kulit hingga bisul. Ini semua bisa terjadi karena madu pada dasarnya menawarkan sifat antibakteri dan antioksidan. Jadi madu bisa mempertahankan lingkungan luka yang lembab dan bisa menjadi pelindung untuk melindungi bakteri dari luar. Madu manuka merupakan salah satu madu yang dimaksud. Beberapa penelitian pun juga sudah dilakukan, hasilnya madu Manuka secara efektif dapat menyembuhkan luka bakar dan juga bisul. 

  • Menyehatkan mulut

Salah satu cara menghindari kerusakan pada gigi dan menjaga kesehatan gusi adalah dengan meminimalisir bakteri mulut jahat yang dapat menyebabkan plak. Madu Manuka ini dipercaya dapat menghambat pertumbuhan bakteri mulut berbahaya yang dapat menyebabkan radang gusi dan kerusakan gigi. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa madu Manuka mempunyai antibakteri yang tinggi dan efektif untuk menghalangi pertumbuhan bakteri mulut yang berbahaya seperti P. gingivalis dan A. actinomycetemcomitans.

  • Meredakan sakit tenggorokan

Sifat antivirus dan antibakteri pada madu Manuka dapat mengurangi peradangan dan menyerang bakteri penyebab rasa sakit. Selain itu, madu Manuka juga bisa melapisi lapisan tenggorokan sehingga memberikan efek menenangkan. Sebuah studi juga telah dilakukan, hasilnya madu Manuka menunjukkan dapat menyerang bakteri yang menyebabkan rasa sakit terutama pada daerah tenggorokan.

  • Mengatasi Masalah Pencernaan

Karena diketahui madu Manuka mengandung antibiotik yang baik untuk tubuh, madu Manuka memiliki manfaat sebagai obat untuk penyakit akibat bakteri dan menyeimbangkan sistem pencernaan. Selain itu madu Manuka dapat mengurangi peradangan yang mengidap Irritable bowel syndrome (IBS) atau gejala akibat iritasi pada saluran pencernaan.

  • Menjaga Daya Tahan Tubuh

Mengonsumsi madu Manuka dapat merangsang sel-sel imun tubuh berkerja lebih baik sehingga dapat meningkatkan imunitas tubuh dari virus dan bakteri. Sifat antibakteri yang dimiliki oleh madu Manuka bisa menghentikan pertumbuhan bakteri seperti pada penyakit radang tenggorokan, flu, dan batuk

  • Memperbaiki Kualitas Tidur

Untuk kamu yang memiliki masalah sulit tidur atau insomnia, madu Manuka dapat membantu memperbaiki kualitas tidur kamu.Mengonsumsi madu Manuka 2 jam sebelum tidur, dapat mengeluarkan melatonin yang yang dapat membantu otak agar tidur nyenyak.Karena dapat membantu meningkatkan kualitas tidur kamu, berarti secara tidak langsung madu Manuka juga membantu mengurangi risiko penyakit-penyakit masalah kesehatan akibat kurang tidur seperti penyakit jantung dan stroke.

  • Mengobati jerawat

Madu Manuka dapat mengobati menjaga kulit terbebas dari bakteri yang dapat mempercepat proses penyembuhan jerawat. Mengingat sifat anti-inflamasinya, madu Manuka dikatakan dapat mengurangi peradangan pada jerawat.

 

Apakah Madu Manuka Aman?

Madu Manuka sudah teruji aman untuk dikonsumsi. Namun, beberapa orang harus berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya, di antaranya:

  • Penderita diabetes

Madu mengandung gula alami yang tinggi. Oleh karena itu, mengonsumsi madu manuka dapat memengaruhi kadar gula darah. 

  • Mereka yang alergi terhadap madu atau lebah. 

Mereka yang alergi terhadap jenis madu atau lebah lain mungkin mengalami reaksi alergi setelah menelan atau mengoleskan madu manuka.

  • Bayi

Dilansir dari Academy of Pediatrics, madu Manuka tidak merekomendasikan untuk bayi di bawah satu tahun karena risiko botulisme pada bayi, sejenis penyakit bawaan makanan .

 

Rekomendasi Produk Madu Manuka Terbaik

Dapat disimpulkan bahwa ternyata berbagai manfaat yang dimiliki oleh madu Manuka sepadan dengan harganya. Akan tetapi, kamu juga harus cermat sebelum membeli. Jangan sampai kamu tertipu dengan madu Manuka palsu yang diedarkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Supaya terhindar dari madu Manuka palsu, madu Manuka yang asli memiliki label UMF di kemasannya dan hanya diedarkan oleh Natural Farm. Di Natural Farm, kamu juga bisa memilih madu Manuka terbaik sesuai dengan kebutuhan kamu. Untuk informasi lengkapnya bisa kamu cari tahu di bawah ini.

Manuka Health MGO 115+ 250 gr

Dengan kandungan methylglyoxal (MGO) yang rendah, Manuka Health MGO 115+ ini sangat direkomendasikan sebagai suplemen nutrisi harian. 

Manfaatnya: 

  • Meningkatkan sistem pertahanan tubuh.
  • Sumber energi yang baik.
  • Membantu memperbaiki fungsi hormon dan memelihara kesehatan organ tubuh.
  • Berperan sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas dalam tubuh.

Harga: Rp 550.000 495.000

 

Manuka Health MGO 400+ 250 gr

Satu-satunya produk alami di dunia yang mengandung senyawa Methylglyoxal, yang terbukti sangat efektif sebagai antibakteri alami. Produk madu manuka ini dihasilkan dari nektar tanaman Leptospermum scoparium asli yang berada di Selandia Baru. Semakin tinggi angka MGO nya semakin tinggi pula aktivitas antibakterinya.

Manfaatnya:

  • Meningkatkan sistem imun dalam tubuh dengan melawan bakteri jahat dan menjaga bakteri baik.
  • Memiliki kandungan fruktosa yang diserap secara perlahan oleh tubuh, sehingga mampu menyediakan energi yang berkelanjutan.
  • Membantu memperbaiki fungsi hormon dan memelihara kesehatan organ tubuh.
  • Sebagai antioksidan yang baik dalam melawan zat radikal bebas yang menempel dalam tubuh.
  • Dapat dioleskan pada luka yang terbuka untuk mencegah infeksi.

Harga: Rp 825.000 701.250

 

Source:

https://www.healthline.com/nutrition/manuka-honey-uses-benefits#TOC_TITLE_HDR_3