Rekomendasi 6 Minuman dan Makanan yang Baik Setelah Olahraga!

Rekomendasi 6 Minuman dan Makanan yang Baik Setelah Olahraga!

Berolahraga merupakan aktivitas yang sehat dan baik untuk semua orang. Saat berolahraga, otot akan menggunakan simpanan glikogennya sebagai bahan bakar. Hal ini menyebabkan otot-otot kehabisan glikogen sehingga Moms butuh makanan setelah olahraga. Usai olahraga, tubuh kamu akan mencoba membangun kembali simpanan glikogennya dan memperbaiki serta menumbuhkan kembali protein otot tersebut. Jadi, kamu sebaiknya mengonsumsi makanan yang baik setelah olahraga untuk menggantikan nutrisi yang hilang.

Berdasarkan Journal of the International Society of Sports Nutrition, periode setelah olahraga sering dianggap sebagai bagian paling penting dari penentuan waktu gizi. Mengonsumsi makanan setelah olahraga dengan kandungan nutrisi yang tepat dapat membantu tubuh mendapatkan kembali apa yang dibutuhkannya lebih cepat. Sangat penting untuk mengonsumsi karbohidrat dan protein setelah berolahraga.
 

Rekomendasi Makanan yang Baik Setelah Olahraga

Sehabis berolahraga, otot menggunakan glikogen untuk bahan bakar dan sel-selnya mengalami kerusakan. Untuk mengembalikan glikogen yang telah digunakan, menumbuhkan kembali protein otot, dan merangsang pertumbuhan otot baru, mengonsumsi makanan bernutrisi membantu tubuh untuk menyelesaikan proses tersebut lebih cepat.

Selain itu, untuk memaksimalkan performa saat berolahraga, kamu perlu memilih makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak, serta mengonsumsinya pada waktu yang tepat. Makanan bernutrisi ini berperan sebagai bahan bakar sekaligus membantu mencegah kerusakan pada otot.

1. Makanan kaya karbohidrat dan protein

Karbohidrat dan protein merupakan dua hal yang penting yang dibutuhkan oleh tubuh setelah berolahraga, yaitu saat darah beredar dengan baik. Karbohidrat membantu tubuh memaksimalkan sintesis protein dan glikogen yang telah digunakan selama berolahraga. Sementara protein yang mengandung asam amino membantu mempercepat pertumbuhan otot baru dan memperbaiki sel-sel otot yang mengalami kerusakan selama berolahraga. Agar produksi insulin yang mendorong sintesis glikogen lebih maksimal, lebih baik mengonsumsi makanan dengan kandungan protein dan karbohidrat secara bersamaan. Namun, tetap perhatikan perbandingan porsi keduanya, yaitu sekitar tiga banding satu. Misalnya, makanan dengan kandungan 120 gram karbohidrat dengan 40 gram protein.

Beberapa makanan yang baik setelah olahraga yang mengandung karbohidrat seperti ubi, kentang, nasi, buah (nanas, beri, pisang, dan kiwi), oatmeal, atau sayuran hijau. Sedangkan makanan yang mengandung protein seperti telur, susu, keju, yogurt, daging ayam, ikan tuna, atau salmon. Makanan alternatif lainnya yang mengandung banyak protein dan karbohidrat adalah:

  • ON Serious Mass Vanilla 12lb
    Formula weight gain unggulan dirancang khusus bagi atlet yang ingin mendapatkan penampilan fisik yang lebih serius. Dalam setiap servingnya terkandung 1250 kalori yang berasal dari karbohidrat komplex, Whey Protein, Casein, Egg albumen, Creatine Monohydrate, dan Glutamine.
     
  • ON 100% WHEY Gold Standard (10lb) Double Rich Chocolate
    ON Gold Standard 100% Whey menggunakan Whey Protein Isolate yang dikombinasi dengan Whey Protein Concentrate untuk menghasilkan 24 g Protein/serving. Tiap servingnya juga diperkaya dengan BCAA dan Glutamine, untuk membantu pembentukan massa otot dan juga di saat pemulihan sesudah latihan.
     
  • East BC Granola Bites - Chocolate Vanilla
    Kombinasi lezat dari gandum, kacang mete, beras merah, dengan tambahan coklat dan vanilla bisa menjadi pilihan makanan yang baik setelah olahraga. Kacang mete bermanfaat membantu menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi kadar kolesterol jahat, dan meningkatkan fungsi otak.

2. Makanan yang mengandung lemak baik

Dilansir dari Healthline, lemak baik membantu meningkatkan pertumbuhan otot setelah berolahraga. Kemudian, 45 persen energi pada tubuh juga berasal dari lemak. Beberapa makanan dan minuman yang mengandung lemak sehat yaitu alpukat, kacang-kacangan, dan susu sapi. Makanan alternatif lain yang mengandung lemak baik adalah:

Nutify merupakan camilan makanan yang baik setelah olahraga. Makanan sehat yang terbuat dari buah kering dan kacang-kacangan yang dipanggang. Nutify memadukan camilan sehat yang alami dengan rasa yang enak, cocok untuk kamu yang sedang diet, dapat dikonsumsi kapan saja, dimana saja tanpa membuat kamu merasa bersalah.

Granola adalah makanan kesehatan yang terbuat dari campuran sereal (gandum, barley), kacang-kacangan, madu atau gula & buah-buahan kering yang dipanggang selama beberapa jam sehingga menjadikannya lezat & renyah. Tersedia dalam beberapa pilihan rasa.

Dipanen di Sumba, kacang mete panggang kering kami 100% alami. Rasa kacang mete yang manis dan lembut adalah camilan favorit semua orang dengan sumber vitamin dan mineral yang sangat baik.

Nah, gimana nih Natural Buddy jadi tahu info bermanfaat ini bukan? Yuk, mulai coba beberapa rekomendasi makanan yang baik setelah olahraga! Selain itu, kalian juga dapat pesan rekomendasi-rekomendasi makanan tersebut di di Store Natural Farm terdekat dan website Natural Farm. Happy healthy habits semua! ☺ 


 

Sumber:

https://www.alodokter.com/yuk-kenali-makanan-yang-baik-dikonsumsi-sebelum-dan-sesudah-olahraga 

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3630180/camilan-terbaik-untuk-pemulihan-tubuh-setelah-olahraga