Si Kecil Kaya Manfaat, Kenali Berbagai Manfaat Buah Cranberry

Si Kecil Kaya Manfaat, Kenali Berbagai Manfaat Buah Cranberry

Cranberry adalah buah dari golongan berry yang kaya nutrisi dan rendah kalori. Buah ini berasal dari bagian utara Amerika Serikat. Manfaat buah cranberry ini sangat banyak, salah satunya sering digunakan untuk mencegah infeksi saluran kencing. Sari buah cranberry juga dapat mencegah infeksi saluran kemih, tapi kurang efektif untuk mengobatinya. Cranberry juga digunakan untuk kandung kemih neurogenik (penyakit kandung kemih di mana fungsi kerja kandung kemih hilang) dan menghilangkan bau kencing bagi orang yang memiliki masalah dalam mengendalikan buang air kecil.

Beberapa orang juga menggunakan cranberry untuk meningkatkan sirkulasi buang air kecil, membunuh kuman, mempercepat penyembuhan kulit, dan mengatasi demam. Ada juga menggunakan buah cranberry untuk diabetes tipe 2, sindrom kelelahan kronis, kekurangan vitamin C, radang selaput paru‐paru (pleuritis), serta kanker.

 

Kandungan Buah Cranberry Yang Tinggi Nutrisi

Buah cranberry memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas. Selain tinggi antioksidan, buah cranberry juga mengandung nutrisi dan mineral penting lainnya, seperti vitamin A, vitamin C, zat besi, zinc dan sodium. Namun, meski manfaat buah cranberry sangat banyak dan kaya akan gizi, mengonsumsi buah cranberry tidak boleh berlebihan. Pasalnya, terlalu banyak makan cranberry bisa memicu sakit perut atau penyakit diare, karena rasanya yang cukup asam.

 

Manfaat Buah Cranberry Untuk Kesehatan

1. Melancarkan sirkulasi darah

Manfaat buah cranberry di antaranya adalah membantu meningkatkan kesehatan pembuluh darah. Buah cranberry terbukti membantu meningkatkan fleksibilitas pembuluh darah, yang dapat memperlancar sirkulasi dan aliran darah. Sirkulasi darah yang berjalan dengan lancar juga berkontribusi dalam meningkatkan energi dan fungsi kognitif. Selain itu, buah cranberry juga dapat menurunkan tekanan darah kamu.

2. Mencegah resistensi antibiotik

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Universitas McGill, Kanada, para ilmuwan menemukan bahwa ekstrak buah cranberry dapat mencegah terjadinya resistensi bakteri berkembang. Para peneliti memilih beberapa bakteri penyebab penyakit infeksi saluran kemih, pneumonia, dan gastroenteritis, yang biasanya menjadi resisten terhadap pengobatan antibiotik.

Buah cranberry membuat dinding sel bakteri tersebut lebih mudah ditembus oleh antibiotik sehingga bakteri kesulitan memompa antibiotik untuk keluar. Meski demikian, studi ini masih tergolong sebagai penelitian awal sehingga membutuhkan beberapa studi lanjutan untuk benar-benar membuktikan temuan ini.

3. Mengurangi risiko infeksi saluran kemih

Salah satu manfaat buah cranberry yang cukup populer adalah mencegah infeksi saluran kemih (ISK), baik pada anak-anak maupun wanita. Buah cranberry juga dapat membantu menurunkan kemampuan bakteri untuk menempel pada dinding saluran kemih dan mencegah terjadinya infeksi. Akan tetapi, dibutuhkan konsentrasi cranberry yang besar untuk mencegah bakteri menempel di dinding saluran kemih sehingga pengobatan dari dokter tidak boleh diabaikan.

4. Meningkatkan kemampuan otak

Manfaat cranberry lainnya adalah meningkatkan fungsi otak. Senyawa antioksidan dan anti peradangan yang ada dalam buah cranberry dapat meningkatkan daya ingat dan koordinasi. Jadi, jika kamu ingin tetap memiliki daya ingat yang kuat hingga tua nanti, konsumsilah buah cranberry secara rutin.

5. Mencegah kanker

Manfaat buah cranberry yang lain adalah dapat berkontribusi pada pencegahan kanker. Buah cranberry mengandung polifenol (sejenis antioksidan) dan isoprenoid yang membantu memelihara tubuh dan mencegah kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah cranberry dapat bermanfaat dalam memperlambat perkembangan tumor dan menunjukkan efek positif terhadap kanker prostat, payudara, hati, usus besar, dan kanker ovarium.

6. Membantu menurunkan berat badan

Buah cranberry memiliki efek pengemulsi pada lemak yang tersimpan dalam tubuh sehingga membantu menurunkan berat badan. Buah cranberry juga kaya akan serat yang dibutuhkan oleh tubuh dalam menjaga sistem pencernaan, menjadikan kamu tetap kenyang lebih lama, dan mencegah perubahan besar dalam gula darah kamu. Dengan begitu, secara tak langsung pola makan kamu dapat terkontrol. Selain itu, mengonsumsi serat yang cukup juga membantu kamu terhindar dari kembung dan sembelit. Perlu diingat bahwa buah cranberry akan lebih baik dikonsumsi secara langsung saat masih segar, bukan diolah menjadi jus atau semacamnya supaya kandungan serat dapat dimanfaatkan dengan optimal.

7. Mencegah kerusakan pada gigi

Manfaat kesehatan dari buah cranberry bahkan meluas ke mulut kamu karena buah ini dapat membantu mencegah penyakit gusi. Manfaat buah cranberry ini bersumber dari kandungan proanthocyanidins, yaitu senyawa pemberi warna merah dan biru pada buah yang berkhasiat untuk menangkal infeksi. Senyawa inilah yang mampu mencegah bakteri menempel pada permukaan mulut, seperti gigi dan gusi, sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi.

8. Mengontrol gula darah

Buah cranberry adalah salah satu buah dengan kadar gula yang rendah. Selain itu, cranberry sebenarnya dapat membantu mengendalikan gula darah kamu karena mengandung mineral mangan. Sebuah penelitian dalam Journal of Research in Medical Science menemukan bahwa makan buah cranberry setiap hari membantu mengatur gula darah pada pasien pria yang memiliki diabetes tipe 2. Namun dengan syarat, pastikan ketika mengonsumsi buah cranberry tidak dibarengi dengan pemanis apa pun.

9. Menjaga kesehatan jantung

Salah satu manfaat buah cranberry yang terkenal adalah menjaga kesehatan jantung. Buah cranberry mengandung senyawa polifenol, quercetin, dan antosianin yang diketahui baik untuk kesehatan jantung. Ketiga senyawa tersebut dapat meningkatkan fungsi endotel,  atau sel yang melapisis peredaran darah jantung hingga kapiler.

Dikutip dari penelitian dalam The American Journal of Clincial Nutrition, mengonsumsi jus cranberry selama 4 minggu secara rutin, dapat menurunkan gelombang nadi serta ukuran kekakuan aorta. Kecepatan gelombang nadi yang baik mengindikasikan seberapa sehat fungsi organ jantung kamu. Sementara berkurangnya kekakuan aorta diartikan sebagai penurunan tekanan darah.

 

Rekomendasi Minuman Berbahan Cranberry

Dynamic Health Pure Cranberry Concentrate 8 Oz

Mengandung 100% konsentrat sari buah Cranberry tanpa pemanis, pengawet, dan bahan tambahan lainnya. Seluruh manfaat buah cranberry yang kaya akan Antioksidan, mengandung Vitamin C, Polifenol, Flavonoid, dan Quercetin terdapat dalam minuman ini. Kandungan antioksidan yang disebut proanthocyanidins dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi saluran kemih. Kandungan quercetin membantu perkembangan bakteri baik di dalam usus. Cranberry memiliki kalori dan kandungan gula yang rendah.

Natural Buddy, bagaimana artikel ini? Semoga dapat bermanfaat ya! Nah, agar kamu mendapat banyak info bermanfaat lain, yuk cek terus di website dan media sosial Natural Farm. Stay happy healthy habits ya, Natural Buddy!

 

Sumber:

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4970411/mengenal-buah-cranberry-si-kecil-yang-kaya-manfaat-untuk-kesehatan