10 Manfaat Buah Delima Yang Wajib Kamu Ketahui

10 Manfaat Buah Delima Yang Wajib Kamu Ketahui

Buah delima, atau dikenal juga dengan nama pomegranate, sudah digunakan selama ribuan tahun lamanya berkat manfaatnya bagi kesehatan. Ilmu pengetahuan modern menemukan bahwa salah satu buah delima ialah dapat membantu menjaga kesehatan jantung, bahkan mencegah risiko kanker. Manfaat buah delima ini, tidak lain dan tidak bukan, berasal dari senyawa antioksidannya. Buah delima yang memiliki nama latin Punica granatum, merupakan jenis buah yang masuk ke dalam kelompok berry. Buah yang memiliki diameter sekitar 5-12 cm ini, mengandung berbagai nutrisi, seperti protein, karbohidrat, serat, dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, termasuk vitamin C, vitamin B kompleks, folat, vitamin E, serta vitamin K. Tak hanya itu, buah delima juga rendah kalori dan lemak, sehingga memungkinkan untuk dikonsumsi setiap hari. Berkat kandungan nutrisinya yang tinggi, buah delima disebut "superfood, karena memiliki segudang kebaikan, dan baik dikonsumsi oleh siapa pun, baik anak-anak, orang dewasa, serta ibu hamil dan menyusui.

Manfaat Buah Delima Yang Belum Kamu Tahu

Delima atau pomegranate dinobatkan sebagai salah satu makanan super. Banyak penelitian yang telah menunjukkan bahwa buah merah delima ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh kamu, termasuk menurunkan risiko segala macam penyakit. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah delima yang bisa membuat kamu semakin tertarik untuk mengonsumsinya:

1. Membantu menjaga berat badan

Satu manfaat buah delima yang cukup populer ialah menurunkan berat badan. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Rutin mengonsumsi delima tidak serta-merta membuat kamu kurus dalam sekejap. Lagi pula, belum banyak penelitian yang menunjukkan efektivitas delima terhadap penurunan berat badan.

Namun, pomegranate bisa kamu jadikan menu makanan sehari-hari kamu. Karena mengandung serat yang mengenyangkan, delima mungkin membantu menjaga berat badan. Dengan begitu, kamu jadi makan lebih sedikit dan, pada gilirannya, berat badan pun turun. Makan buah delima juga dapat menurunkan keinginan ngemil makanan dan minuman tidak sehat lainnya, seperti kue, permen, atau junk food.

2. Memelihara kesehatan jantung

Pomegranate diyakini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, yang selanjutnya akan mengurangi risiko penyakit jantung. Jika kamu memiliki risiko menderita penyakit jantung koroner, cobalah untuk mengonsumsi jus buah delima. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi setidaknya 200 ml jus buah delima setiap hari selama 3 bulan, dapat menurunkan gejala iskemia akibat penyempitan pembuluh darah jantung.

Khasiat delima lain bagi kesehatan jantung adalah melancarkan peredaran darah sehingga membantu mengontrol tekanan darah. Manfaat buah delima tersebut sangat membantu untuk ibu hamil. Plus, delima bisa membantu mencegah pembentukan sumbatan pada pembuluh darah.

3. Melawan radikal bebas

Antioksidan adalah senyawa yang mampu melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Molekul radikal bebas dapat terbentuk dari polusi udara di lingkungan maupun proses metabolisme alami dalam tubuh. Dari manapun asalnya, radikal bebas akan merusak bahkan menghancurkan sel sehat di sekitarnya. Molekul tersebut pun dapat memicu penyakit kronis mulai dari obesitas, diabetes melitus, jantung, hingga kanker.

Mengonsumsi delima, secara tidak langsung, akan membantu mengurangi risiko penyakit-penyakit tersebut karena kandungan antioksidannya yang merusak rantai radikal bebas.

Tidak heran jika buah delima dipercaya dapat mencegah kemungkinan penyakit jantung, menghambat pertumbuhan sel kanker (kanker prostat, kulit, payudara, dan paru).  Antioksidan pada delima diyakini juga bisa memperbaiki dan mencegah kerusakan DNA yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker.

4. Mengurangi risiko penyakit radang sendi

Antioksidan flavonoid yang terkandung pada buah delima dapat membantu menghambat peradangan penyebab osteoarthritis dan kerusakan tulang rawan. Meski begitu, dugaan tersebut masih sebatas penelitian terhadap hewan dan memerlukan studi lebih lanjut.

5. Menjaga kekebalan tubuh

Vitamin C yang terdapat pada delima cukup tinggi. Memiliki nama lain asam askorbat, vitamin C merupakan nutrisi penting untuk mendukung fungsi sistem imun. Manfaat buah delima ini juga sangat membantu untuk ibu hamil.

Satu buah delima setidaknya dapat memenuhi sekitar 40% kebutuhan vitamin C harian kamu. Untuk mendapatkan manfaatnya, konsumsilah delima segar, bukan jus kemasan ataupun sirup. Pasalnya, vitamin C bisa pecah dalam proses pasteurisasi. Selain itu, antioksidan kuat buah delima bekerja melawan peradangan di seluruh tubuh dan mencegah stres oksidatif serta kerusakan akibat radikal bebas.

6. Melawan infeksi virus dan bakteri

Buah delima dapat mencegah penyakit dan melawan infeksi. Delima telah terbukti memiliki sifat antibakteri dan antivirus dalam tes laboratorium. Efek antibakteri dan antijamur dari delima disebut-sebut dapat membantu melindungi tubuh kamu terhadap infeksi dan peradangan di mulut. Manfaat buah delima juga telah ditunjukkan nyata terhadap beberapa jenis bakteri.

7. Melembabkan kulit

Bila dibandingkan dengan teh hijau, antioksidan dan vitamin C sari buah delima sebenarnya lebih baik untuk mengatasi kulit kering serta kusam. Minyak buah delima mampu menembus ke dalam kulit, sehingga cukup efektif untuk merawat kulit kering. Buah delima pun dikatakan bisa menenangkan kulit kering, pecah-pecah, dan iritasi berkat asam punicic-nya yang merupakan pelembab alami. 

8. Meregenerasi kulit

Pomegranate banyak digunakan sebagai bahan produk perawatan kulit. Minyak biji buah delima dapat membantu melindungi lapisan terluar kulit, yaitu epidermis, sekaligus lapisan di bawahnya, yakni dermis.

Delima pun ternyata bisa membantu meningkatkan penggantian sel-sel kulit (regenerasi) epidermis. Ditambah lagi, buah delima juga membantu meningkatkan sirkulasi dan penyembuhan kulit, membantu perbaikan jaringan serta penyembuhan luka. 

9. Mengurangi tanda-tanda penuaan

Manfaat buah delima dalam melindungi sel kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet ini banyak dicari. Terlalu sering terpapar sinar matahari bisa membahayakan kulit dan menyebabkan kerusakan oksidatif pada sel-sel kulit. Hal tersebut juga meningkatkan risiko kamu mengalami tanda-tanda penuaan dini seperti keriput, garis-garis halus, kulit terbakar, hingga kanker. Zat polifenol pada buah delima membantu mencegah hiperpigmentasi dan flek hitam.

10. Merangsang produksi kolagen

Kulit manusia secara alami mulai mengendur saat usia bertambah tua. Buah delima mengandung asam ellagic dan antioksidan yang terbuki mampu mengurangi pemecahan kolagen. Terlebih lagi, vitamin C di dalamnya dapat membantu memproduksi kolagen. Buah delima bisa merangsang sel-sel fibroblas yang memproduksi kolagen. Hasilnya, kulit kamu menjadi kenyal, aliran darah ke kulit lebih lancar, dan wajah tampak lebih kencang.

 

Rekomendasi Minuman Pomegranate Berbahan Alami

Dynamic Health Pure Pomegranate Concentrate

Mengandung 100% konsentrat jus Pomegranate  tanpa pemanis, pengawet, dan bahan tambahan lainnya. Delima adalah salah satu buah dengan kandungan antioksidan yang kuat yaitu punicalagin alami, mengandung polifenol, asam ellagic dan galat. Kandungan buah delima bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung danmenurunkan kadar kolesterol.

Jangan lupa untuk terus pantengin website Natural Farm dan Instagram Natural Farm untuk dapat mengetahui info bermanfaat dan promo menarik lainnya. Stay happy healthy habits!

 

Sumber:

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-buah-delima/