Mengenal Essential Oil dan Manfaatnya di dalam Puressentiel Purifying Air Spray

Mengenal Essential Oil dan Manfaatnya di dalam Puressentiel Purifying Air Spray

Essential oil adalah senyawa yang diekstrak dari tumbuhan. Setiap aroma yang dimiliki oleh essential oil atau minyak esensial memberikan karakteristik pada setiap jenisnya.

Essential oil didapat dari hasil penyulingan tanaman, bunga, akar, kayu, atau biji buah. Selain bermanfaat untuk relaksasi dan menenangkan pikiran, minyak esensial juga bisa jadi obat penawar penyakit.

Cara paling umum untuk menggunakan essential oil ini adalah dengan menghirupnya, baik langsung dari botol atau menggunakan diffuser. Essential oil tak hanya dapat digunakan dengan cara dihirup saja, kamu juga dapat mengoleskannya langsung ke kulit, atau kamu juga dapat berkreasi dengan menambahkan campuran essential oil ke dalam sabun atau shampoo.

Ada lebih dari 90 jenis essential oil, masing-masing jenisnya memiliki aroma yang unik dan memiliki manfaatnya tersendiri. Meskipun demikian, terdapat beberapa jenis essential oil yang paling banyak digunakan.

Dilansir gooddoctor.co.id, berikut jenis essential oil yang paling populer beserta dengan manfaat yang dimilikinya.

  • Lavender

Lavender merupakan essential oil yang paling populer. Aroma bunga yang lembut dapat membantumu untuk rileks. Menghirup aroma lavender juga dapat membantu meringankan sakit kepala. Penggunaan essential oil lavender dengan cara dioleskan dapat membantu mengurangi rasa gatal dan bengkak akibat gigitan serangga.

  • Roman chamomile

Memiliki kombinasi aroma bunga dan herbal, minyak ini dapat membantu menenangkan pikiran ketika digunakan dengan cara dihirup melalui uap. Essential oil jenis ini juga memiliki manfaat untuk kulit lho, yakni dapat membantu mengobati kondisi peradangan dan eksim.

  • Rose (mawar)

Ketika dihirup, essential oil bunga mawar memiliki aroma yang manis, ini dapat membantu untuk mengurangi kecemasan. Sifat antioksidan yang dimiliki oleh bunga mawar juga dapat membantu mengobati jerawat dan memperbaiki warna kulit. Tak ketinggalan, essential oil bunga mawar juga dapat meningkatkan mood lho!

  • Vetiver (akar wangi)

Aroma akar wangi yang harum dan manis seringkali digunakan dalam aromaterapi. Ini memiliki manfaat untuk meningkatkan mood secara keseluruhan dan menenangkan saraf. Manfaat antioksidannya juga dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit serta menyembuhkan bekas luka.

  • Cedarwood (kayu cedar)

Essential oil kayu cedar memiliki aroma kayu alami. Kayu cedar sendiri juga digunakan untuk sejumlah perawatan kecantikan topikal. Manfaat dari essential oil jenis ini di antaranya adalah dapat melawan jerawat, mengobati eksim, serta mengurangi ketombe. Tak hanya itu, manfaat kesehatan lain dari minyak kayu cedar yakni dapat membantu mengurangi gejala radang sendi dan meredakan batuk.

  • Peppermint

Ketika kamu menghirup aroma herbal mint dari minyak ini, beberapa bukti telah menunjukkan bahwa minyak peppermint dapat membantu meredakan gejala IBS (gangguan usus besar). Selain itu, minyak jenis ini juga dapat membantu meningkatkan energi dan membantu pencernaan.

Ketika dioleskan pada kulit, minyak esensial peppermint memberikan sensasi dingin. Hal ini dapat membantu mengatasi beberapa kondisi seperti nyeri otot, meredakan luka bakar akibat sinar matahari, serta kulit gatal akibat gigitan serangga.

Produk perawatan alami untuk kondisi pernapasan seringkali mengandung minyak peppermint. Maka tak heran, jika minyak ini juga dapat membantu meredakan pernapasan pada penderita batuk.

  • Tea tree (pohon teh)

Selain memiliki aroma yang menyegarkan, minyak tea tree juga memiliki manfaat untuk kesehatan lho, yakni dapat digunakan untuk melawan infeksi dan meningkatkan imunitas tubuh. Di samping itu, minyak jenis ini juga dapat membantu untuk melawan jerawat. Hmm, maka tak heran ya, jika banyak sekali produk perawatan kulit yang mengandung tea tree oil.

  • Jeruk

Minyak esensial jeruk dikemas penuh dengan vitamin C. Minyak ini seringkali ditemukan dalam berbagai produk kecantikan. Jika kamu menggunakan produk ini dengan mengoleskannya ke kulit, kamu akan mendapatkan beberapa manfaat, seperti membuat kulit tampak lebih cerah, halus, serta lebih bersih.

 

Bagaimana cara kerja essential oil hingga dapat bermanfaat ke tubuh kita?

  • Melalui proses distilasi dan tekanan dingin

Istilah lain dari proses ini adalah penyulingan atau metode pemisahan bahan kimia. Pemisahan ini dilakukan dengan cara menguapkan tumbuhan tersebut dan mengambil kembali hasil uap yang menjadi air tersebut dan telah menjadi ekstrak. Essential oil bisa juga didapatkan lewat metode tekanan dingin.

  • Dicampurkan dengan minyak

Setelah didapat, ekstraknya tersebut dicampurkan dengan minyak bawaan untuk menghasilkan produk yang dinamakan essential oil tersebut. Cara pembuatan minyak sangat penting untuk diperhatikan karena itu menentukan kualitas essential oil. Minyak yang melalui proses kimia sering dinilai bukan essential oil yang sesungguhnya.

  • Menghirupnya secara langsung

Saat essential oil dihirup hidung, saraf-saraf kecil yang ada di dalam organ tersebut mengirim sinyal ke otak, lalu memberikan respon. Respon tersebut berbentuk sinyal yang menyebar ke seluruh tubuh dan menciptakan sensasi menenangkan. Cara kerja ini adalah cara kerja paling ampuh untuk memunculkan manfaat essential oil.

  • Dioleskan ke tubuh

Essential oil memiliki senyawa kimiawi yang mampu menyembuhkan. Saat dioleskan, kulit akan menyerap komponen-komponen tersebut dan meneruskannya ke aliran darah lewat pori-pori kulit. Di sana, senyawa tersebut disebarkan ke beberapa organ dan sistem saraf. Mulai dari sana, efek essential oil mulai bekerja. Titik nadi menjadi tempat paling baik untuk mengoleskan esssential oil agar cepat bekerja.

 

Rekomendasi Essential Oil yang Tepat

Puressentiel Purifying Air Spray

Memiliki keunggulan sebagai berikut:

  • Formula yang dipatenkan dengan kandungan unik dari perpaduan 41 minyak esensial alami.
  • 100% Bahan alami
  • Teruji khasiatnya secara alami ( 11 test efikasi dan 4 test toleransi )
  • 0% Propalen gas
  • Anti virus, Anti bakteri dan Anti Jamur
  • EOBBD essential oils ( Essential Oils Botanically and Biochemically Defined )
  • Bioalcohol tidak didenaturasi oleh Phthalates
  • Dapat digunakan pada penderita alergi / asma dengan tingkat ringan sampai sedang
  • Memurnikan / mebersihkan udara
  • Anti virus, Anti bakteri dan Anti jamur
  • Menghilangkan bau tak sedap

 

Cara menggunakan Puressentiel Purifying Air Spray

Dapat digunakan setiap hari dengan cara melakukan semprotan sebanyak 1-2x perhari, lalu diarahkan ke atas ruangan sekitar 12 m₂. Kemudian, diamkan selama 30 menit kemudian angin anginkan dengan membuka jendela.