Ragam Manfaat Vitamin D, Sumber, Hingga Dampak Kekurangan Vitamin D

Ragam Manfaat Vitamin D, Sumber, Hingga Dampak Kekurangan Vitamin D

Vitamin D merupakan salah satu mikronutrien yang bersifat larut dalam lemak yang berperan dalam metabolisme kalsium dan fosfat, homeostasis kalsium, kesehatan vaskuler, diferensiasi dan proliferasi sel. Kebanyakan orang masih menganggap enteng khasiat vitamin D sehingga membuat vitamin ini seringkali lupa untuk dikonsumsi. Padahal sebenarnya vitamin D juga mempunyai peran penting bagi tubuh lho. Terutama di kondisi pandemi seperti sekarang, manfaat vitamin D sangat banyak, salah satunya bisa membantu kamu untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jadi bukan hanya vitamin C saja ya yang bisa memperkuat imun. Maka dari itu kamu juga harus rutin mengkonsumsi vitamin D untuk memenuhi nutrisi dari setiap harinya.
 

Apa saja manfaat vitamin D Bagi Tubuh?

Manfaat utama dari vitamin D adalah untuk meningkatkan meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor untuk mendukung kekuatan tulang dan gigi. Oleh karena itu, vitamin D sering disebut vitamin yang bisa mencegah kelainan tulang seperti osteoporosis dan gangguan seputar persendian. Tapi bukan hanya itu saja, vitamin D juga mempunyai berbagai manfaat lainnya yang tak kalah penting untuk tubuh kamu, di antaranya:

  1. Mencegah kelainan yang tidak berhubungan dengan tulang
    Vitamin D ini bukan hanya untuk menghindari risiko penyakit tulang atau persendian saja. Salah satu fungsi lainnya adalah untuk menekan risiko terjadinya multiple sclerosis. Penyakit sklerosis ganda atau multiple sclerosis adalah gangguan saraf pada otak, mata, dan tulang belakang. Multiple sclerosis akan menimbulkan gangguan pada penglihatan dan gerakan tubuh. Selain itu mendapatkan asupan vitamin D yang cukup setiap hari juga bisa menurunkan risiko kamu terkena penyakit jantung. Satu manfaatnya lagi yang terpenting adalah vitamin D mampu membantu kamu menghindari penyakit flu. Jadi tak perlu kaget ketika asupan bila zat ini dianggap sebagai vitamin daya tahan tubuh anak, sebab anak-anak yang sering bermain di luar ruangan dan terpapar matahari langsung relatif jarang mengalami flu.
     
  2. Mencegah terjadinya depresi
    Manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan dari vitamin D adalah mampu mencegah terjadinya depresi. Dilansir dari Healthline, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa vitamin D mempunyai peran penting untuk membangun suasana hati sehingga bisa menekan risiko depresi yang bisa dialami seseorang. Bahkan ada penelitian lain yang menyebutkan bahwa orang-orang yang depresi terdeteksi kekurangan asupan vitamin D.
     
  3.  Membantu menurunkan berat badan
    Terakhir manfaat D juga bisa berpengaruh bagi kamu yang sedang menjalankan program diet. Kamu bisa menambahkan asupan ini ke program kamu. Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa vitamin D bisa menjadi alternatif untuk program diet dikarenakan ekstra kalsiumnya dapat memiliki efek untuk menekan nafsu makan.
     

Apa yang terjadi jika kekurangan vitamin D?

Setelah kita berbicara manfaat dari vitamin D, ada baiknya kamu juga harus mengetahui apa dampak yang dirasakan oleh seseorang jika kekurangan asupan vitamin D. Kondisi kekurangan vitamin D ini bisa dimiliki oleh anak-anak dan orang dewasa. Lalu apa saja dampaknya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Dampak kekurangan vitamin D terhadap anak-anak 

Pertama kita bahas dampak yang terjadi pada anak-anak. Biasanya bagi anak-anak yang kekurangan vitamin D dalam kondisi yang sudah parah, bisa menyebabkan otot kaku, kejang-kejang, hingga kesulitan dalam bernapas. Selain itu si Kecil juga bisa saja merasakan berbagai gangguan seperti:

  • Rakitis. Kondisi ini akan menyebabkan anak mengalami nyeri pada tulang kaki, nyeri otot, dan kelemahan otot. Rakitis juga bisa membuat bentuk kaki anak bermasalah, misalnya kaki O atau kaki X.
  • Gangguan pertumbuhan.  Kekurangan vitamin D pada anak akan berdampak pada gangguan pertumbuhan tinggi badannya.
  • Keterlambatan pertumbuhan gigi.
  • Mood dan emosi mudah berubah.
  • Rentan terhadap infeksi, termasuk infeksi pada sistem pernapasan.
  • Kelemahan pada otot jantung atau kardiomiopati.

Dampak kekurangan vitamin D terhadap orang dewasa

Bagi orang dewasa yang mengalami defisiensi atau kekurangan vitamin D ringan, biasanya memiliki berbagai gejala yang dirasakan. Mulai dari seperti rasa lelah, nyeri samar atau pegal, dan perasaan tidak enak badan. Sementara bagi orang dewasa yang kekurangan vitamin D parah, bisa saja mengalami osteomalasia. Kondisi di mana tulang tidak dapat mengeras, sehingga rentan untuk bengkok atau bahkan patah.

Selain itu, ada beberapa gangguan yang bisa dialami. Di antaranya;

  • Demensia
    Sebuah penelitian menemukan bahwa orang dewasa yang mengalami kekurangan vitamin D memiliki risiko dua kali lebih besar untuk mengalami demensia dan penyakit Alzheimer, dibandingkan orang yang kebutuhan vitamin D-nya tercukupi.
  • Skizofrenia
    Sebuah penelitian pada tahun 2014 menunjukkan bahwa seseorang yang mengalami kekurangan vitamin D berisiko lebih tinggi untuk menderita skizofrenia. Skizofrenia merupakan gangguan kejiwaan yang ditandai dengan gejala berupa halusinasi, kecenderungan untuk menarik diri dari masyarakat, dan bicara ngawur.
  • Penyakit jantung
    Sebuah penelitian mengatakan bahwa kekurangan vitamin D berhubungan dengan sejumlah penyakit jantung. Hal ini karena ditemukannya kekurangan vitamin D pada 70% pasien yang menjalani angiografi koroner.

 

Sumber-sumber Vitamin D

Terdapat dua sumber vitamin D yaitu sumber endogen dan eksogen. Sumber endogen merupakan sumber dominan yaitu vitamin D yang disintesis ketika sinar ultraviolet B (UV) dari sinar matahari mengenai lapisan epidermis dan dermis kulit. Sumber eksogen yaitu berasal dari makanan yang dikonsumsi.

Matahari

Paparan sinar matahari langsung bisa dibilang menjadi sumber vitamin D terbaik karena hampir 80% vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh berasal dari sinar matahari. Vitamin D yang kamu dapatkan ketika proses terpapar sinar matahari bisa terjadi karena tubuh kamu secara otomatis memproduksi vitamin D dengan mengubah kolesterol pada kulit menjadi menjadi zat yang disebut calcitriol. Calcitriol ini nanti akan disalurkan ke hati dan ginjal untuk menghasilkan vitamin D yang dibutuhkan tubuh. Dilansir dari penelitian yang dilakukan The National Institutes of Health, vitamin D yang diturunkan langsung dari sinar matahari memiliki sirkulasi dua kali lebih lama daripada vitamin D yang bersumber dari makanan.

Walaupun banyak penelitian yang menyebutkan kebaikan dari paparan sinar matahari, perlu menjadi catatan kamu bahwa terlalu lama terpapar sinar matahari juga bisa memiliki efek buruk bagi tubuh. Paparan radiasi UV berlebihan dapat meningkatkan risiko kulit terbakar matahari, kanker melanoma, hingga heat stroke yang berakibat fatal. World Health Organization (WHO) menyebutkan bahwa durasi terbaik mendapatkan paparan sinar matahari adalah 5-10 menit untuk 2 sampai 2 kali seminggu. Sementara beberapa pakar juga menyebutkan bahwa sinar matahari yang direkomendasikan adalah pukul 10 pagi hingga 2 sore demi menghindari bahaya sinar ultraviolet.
 

Makanan

Meskipun matahari menjadi sumber terbaik, kamu juga tidak bisa mengesampingkan berbagai makanan yang mengandung kandungan vitamin D. Kamu juga harus mengimbanginya dengan mengonsumsi berbagai makanan ini jika pada kenyataannya aktivitas membuatmu tidak mendapatkan sinar matahari yang optimal. Makanan yang mengandung vitamin D di antaranya:

  • Ikan salmon
  • Ikan haring dan sarden
  • Minyak hati ikan kod
  • Ikan tuna
  • Kuning telur
  • Susu sapi
  • Susu kedelai

Suplemen

Selain paparan sinar matahari langsung dan beberapa makanan yang sudah disebutkan di atas, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin D dengan suplemen. Tapi sebelum mengonsumsi suplemennya ada baiknya kamu mengetahui dosis yang tepat untuk kebutuhan sehari-hari. Dilansir dari Harvard Health Publishing, kebutuhan vitamin D3 per hari berada di kisaran dosis 600 IU sampai 800 IU.

Untuk menunjang kebutuhan vitamin D kamu, Natural Farm memiliki beberapa rekomendasi vitamin D yang bisa kamu pilih sebagai asupan setiap hari. Kamu bisa cek selengkapnya di sini!

  • NutriWell Vitamin D3 1000 IU 90 Softgels
    Nutriwell Vitamin D 1000 IU mengandung vitamin D aktif yang mudah dan langsung diserap oleh tubuh. Suplemen ini dapat memenuhi kebutuhan vitamin D sehingga bisa membantu untuk kesehatan tulang karena membantu penyerapan kalsium, serta membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 
    Harga Rp 175.000 Rp 140.000
     
  • Natures Plus Vitamin D3 1000 IU 90 Softgels
    Mengandung Vitamin D3 yg dapat langsung bekerja pada tubuh (D3 Active Form). Natures Plus Vitamin D3 1000 IU dapat membantu penyerapan Kalsium & Fosfor sekaligus mengatur keseimbangan kedua mineral ini dalam darah sehingga mencegah terjadinya osteoporosis. Selain itu vitamin D ini mempunyai PURITY GUARANTEED, yaitu proses pembuatannya yang menjalankan standarisasi keselamatan dari pemerintah Amerika Serikat dengan ketat untuk logam berat dan racun serta gluten free.
    Harga Rp 285.000 Rp 256.500
     
  • Wellness Vit D3 1000 IU 60 Softgels
    Wellness Vit D3 1000 IU membantu Meningkatkan imunitas, sebagai anti inflamasi dan antimikroba seperti bakteri, viru, dan jamur. Selain itu suplemen ini juga bisa menjaga kesehatan jantung, mencegah terjadinya serangan jantung dan stroke.
    Harga Rp 180.000 Rp 162.000

Harga promo ini hanya berlaku sesuai tanggal yang tertera di website Natural Farm ya. Jadi jangan sampai ketinggalan promonya dan mulai cukup asupan vitamin D kamu setiap harinya ya!


 

Source:

https://www.healthline.com/health/food-nutrition/benefits-vitamin-d#food-sources 

https://www.alodokter.com/kenali-penyebab-dan-gejala-kekurangan-vitamin-d 

https://www.naturalfarm.id/product/