6 Manfaat Whey Protein Untuk Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Whey Protein Untuk Kesehatan Tubuh

Mempunyai tubuh yang ideal tentunya merupakan impian semua orang. Untuk mencapainya, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan rutin berolahraga. Namun masalahnya tubuh ideal itu tidak mudah didapatkan jika hanya melalui aktivitas olahraga saja. Kamu juga harus membutuhkan asupan nutrisi yang tepat. Salah satu nutrisi yang harus terpenuhi adalah protein. Secara garis besar, protein ini merupakan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan tubuh karena mempunyai berbagai macam manfaat. Protein berperan penting untuk memperbaiki sel, memproduksi sel baru, dan membuat organ tubuh bekerja dengan baik. 

Khusus untuk kamu yang ingin membentuk tubuh ideal, kamu bisa mempertimbangkan whey protein sebagai asupan nutrisi yang harus dipenuhi. Di kalangan pencinta dunia olahraga, terutama mereka yang menyukai olahraga nge-gym, pastinya tidak asing dengan protein satu ini. Whey protein dipercaya bisa mendorong pembentukan massa otot dan membantu pemulihan ketika selesai latihan atau workout. Selain itu, whey protein juga mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan.

Apa itu Whey Protein?

Sebelum kita jelaskan manfaat whey protein untuk kesehatan, ada baiknya jika kamu mengetahui lebih lanjut tentang protein yang satu ini. Whey merupakan bagian cairan dari susu. Sementara susu biasanya terbentuk dari dua jenis protein, kasein dan whey. Pada umumnya whey berasal dari proses pembuatan keju. Ketika pemrosesannya, ada bagian susu yang akan mengental dan meninggalkan whey sebagai sisa olahan. Bisa disimpulkan whey protein merupakan sisa olahan dari produksi keju.

Sebagai informasi tambahan, whey protein yang masih berbentuk dari sisa olahan tadi dibersihkan lalu dikeringkan. Kemudian selanjutnya akan diproses menjadi ke bentuk bubuk sebagai susu suplemen yang biasa kamu konsumsi.

Jenis-jenis Whey Protein

Perlu menjadi catatan bahwa whey protein ini ada beberapa jenis yang populer untuk pencinta olahraga, di antaranya adalah concentrate, hydrolyzed dan isolate. Kamu bisa mencari tahu perbedaan dari ketiga jenis tersebut lewat penjelasan di bawah ini.

  • Concentrate Powder

Whey jenis ini yang biasanya banyak beredar di pasaran dan lebih dikenal kalangan umum karena pada dasarnya whey jenis ini sering kali digunakan oleh industri makanan. Contohnya ada roti, daging dan juga makanan-makanan ringan. Awalnya concentrate powder hanya mengandung 30-40% protein dengan kandungan laktosa dan lemak yang cukup tinggi. Namun seiring berkembangnya teknologi, mulailah ditemukan teknologi bernama ultrafiltration yang kini membuat concentrate powder mengandung 70-80% protein serta dengan kandungan laktosa dan lemak yang lebih rendah.

Salah satu alasan kenapa whey ini sangat populer di kalangan umum adalah karena harga dari whey ini masih terbilang murah dan juga bisa memberikan protein yang tinggi serta kandungan lemaknya yang rendah. Namun perlu menjadi catatan lagi bahwa whey ini masih mengandung laktosa, sehingga bagi kamu yang mempunyai intoleran laktosa mungkin akan kurang cocok dengan concentrate whey ini.

  • Whey Protein Isolate

Whey jenis ini bisa dibilang mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi, yaitu sekitar lebih dari 90%. Ditambah lagi kadar laktosanya sangat rendah dan juga hampir bebas lemak. Tak heran jika whey satu ini menjadi salah satu pilihan bagi orang yang suka dengan olahraga untuk memenuhi nutrisi proteinnya. Selain itu, whey ini juga sangat cocok untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang mempunyai intoleran laktosa. 

Beberapa studi pernah mengkaji secara biologis dan menyebutkan bahwa whey protein isolate bisa bermanfaat secara maksimal apabila tidak mengalami perubahan sifat alaminya atau undenatured. Maka dari itu, untuk menghasilkan whey protein isolate terbaik, whey satu ini harus diproses dengan temperatur yang rendah dan tingkat keasaman yang rendah juga.

  • Hydrolyzed Protein

Whey protein hidrolisat atau Hydrolyzed Protein dalam jenis ini biasanya sudah dipecah menjadi bagian-bagian kecil. Kondisi inilah yang membuat whey satu ini lebih mudah dicerna atau diserap langsung oleh tubuh. Selain itu, kelebihan dari bentuk Hydrolyzed Protein yang kecil ini bisa menjadi solusi bagi orang-orang yang mungkin mempunyai alergi terhadap protein atau orang-orang yang mengalami gangguan pencernaan serta akan lebih aman ketika dikonsumsi untuk anak-anak.

Bagi kamu pencinta dunia olahraga, Hydrolyzed Protein mempunyai manfaat karena keunggulannya dalam penyerapannya. Jadi bisa dibilang proses ini sangat penting terlebih lagi jika dikonsumsi ketika selesai latihan. Beberapa studi juga menyebutkan bahwa orang yang diberikan diet berbahan peptide atau Hydrolyzed protein memiliki retensi nitrogen lebih tinggi dibandingkan orang yang diberikan diet berbahan protein kompleks. Retensi nitrogen yang lebih tinggi inilah yang nantinya akan membantu pemulihan dan peningkatan massa otot.
 

Manfaat Whey Protein untuk Kesehatan

Walaupun whey protein ini dikenal menjadi salah satu suplemen terbaik untuk pembentukan massa otot, tapi perlu kamu tahu whey juga mempunyai nilai gizi yang tinggi sehingga mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan. Bahkan manfaat-manfaat yang diberikan whey  protein ini juga sudah dilakukan oleh berbagai penelitian di seluruh penjuru dunia. Berikut adalah manfaat whey protein yang baik untuk kesehatan.

  1. Sumber protein berkualitas
    Whey protein merupakan salah satu sumber makanan terbaik karena kandungan protein yang berkualitas tinggi. Selain itu protein satu ini mempunyai kelebihan yaitu mudah diserap dan juga dicerna oleh tubuh dibandingkan dengan protein lainnya.
     
  2. Meningkatkan pertumbuhan otot
    Seiring bertambahnya usia, biasanya massa otot secara alami akan menurun. Untuk meminimalisir perubahan kondisi ini, tubuh membutuhkan latihan kekuatan serta diet yang memadai. Whey protein bisa menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan dan membantu pemeliharaan otot jika digabungkan dengan latihan kekuatan secara rutin.
     
  3.  Menurunkan tekanan darah
    Tekanan darah yang tidak normal merupakan salah satu faktor utama yang menyebabkan penyakit jantung. Sejumlah penelitian mengenai hubungan konsumsi susu dengan tekanan darah pun pernah dilakukan. Hasilnya menyebutkan bahwa kandungan peptida bioaktif atau yang lebih dikenal dengan sebutan laktokinin pada whey protein dapat menurunkan tekanan darah jika dikonsumsi oleh orang dengan tekanan darah tinggi. 
     
  4. Mengobati diabetes
    Whey protein mempunyai kefektifan dalam memoderasi kadar gula darah terutama ketika dikonsumsi sebelum makan atau di waktu kamu mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi. Kondisi ini akan berguna bagi kamu yang mempunyai penyakit diabetes terutama untuk orang dengan diabetes tipe-2.
     
  5. Membantu mengurangi peradangan
    Sebuah studi telah meninjau penelitian dan menemukan bahwa whey protein dengan dosisi yang tinggi secara signifikan mengurangi protein C-reaktif (CRP). CRP inilah yang menjadi penanda utama peradangan dalam tubuh. Jadi bisa disimpulkan bahwa whey protein bisa membantu kurangi risiko peradangan.
     
  6. Meningkatkan pertahanan antioksidan tubuh
    Di dalam tubuh, produksi glutathione bergantung pada suplai asam amino, sistein yang terkadang terbatas. Suplementasi whey dapat memperkuat pertahanan antioksidan tubuh melalui pembentukan glutathione, salah satu antioksidan yang ada dalam tubuh.
     

Rekomendasi untuk Pilihan Whey Protein Terbaik

Setelah mengetahui apa itu whey protein, jenis-jenisnya dan juga berbagai manfaatnya untuk kesehatan, sekarang adalah waktunya kami memberikan rekomendasi produk whey protein terbaik untuk memenuhi asupan nutrisi protein setiap hari. 

ON Whey Gold Standard (5.5lb) Double Rich Chocolate menggunakan Whey Protein Isolate yang dikombinasi dengan Whey Protein Concentrate untuk menghasilkan 24 g Protein di setiap penyajiannya. Setiap penyajiannya juga diperkaya dengan Branched-Chain Amino Acids (BCAA) dan Glutamine, untuk membantu pembentukan massa otot dan juga di saat pemulihan sesudah latihan.

Manfaat:

  • Menambah otot dan meningkatkan kekuatan
  • Mempertahankan massa tubuh bebas lemak (Lean Body Mass)
  • Membantu pemulihan otot pasca latihan
  • Fast-acting protein
  • Protein terbaik yang dapat dikonsumsi oleh atlet dari cabang olahraga apapun.

Tentunya untuk ON Whey Gold Standard (5.5lb) Double Rich Chocolate bisa kamu dapatkan di www.naturalfarm.id dan juga offline store Natural Farm yang sudah tersebar di beberapa kota.


 

Source:

https://www.healthline.com/nutrition/10-health-benefits-of-whey-protein#TOC_TITLE_HDR_5